Penitipan Sepeda Motor Usaha Rumahan yang Menguntungkan

Penitipan Sepeda Motor Usaha Rumahan yang Menguntungkan

Penitipan Sepeda Motor Usaha Rumahan yang Menguntungkan

Ada banyak jenis usaha rumahan yang bisa menghasilkan rupiah, salah satunya adalah penitipan sepeda motor. Tak perlu repot memikirkan berbagai strategi bisnis, ataupun peralatan modern sebagai pendukungnya. Usaha ini benar-benar mudah dijalankan, dan yang pasti dapat menghasilkan uang tanpa harus bekerja di luar rumah.


Tak bisa dipungkiri bahwa kepemilikan masyarakat atas sepeda motor semakin pesat saja, hingga dalam sebuah keluarga bisa memiliki lebih dari satu. Bagi mereka yang tinggal jauh dari jalan raya, kendaraan roda dua ini menjadi sarana transportasi yang sangat penting untuk mobilitas mereka.


Sayangnya tidak semua pengendara sepeda motor memiliki dokumen sebagai legalitas untuk mengemudikan kendaraan bermotor, yaitu Surat Izin Mengemudi.


Maka bagi mereka yang belum memiliki SIM, tentu saja tak semua berani mengemudikan kendaraan bermotor di jalan raya sehingga perlu menitipkannya.


Nah kondisi seperti ini dapat menjadi lahan bisnis yaitu tempat penitipan sepeda motor, utamanya bagi mereka yang tinggal di dekat jalan raya yang merupakan wilayah transit/penghubung antara pelosok-pelosok kampung dengan kota.


Baca juga:

Mengenal 5 Jenis Surat Izin Mengemudi Mulai SIM A hingga SIM D

Smart SIM Surat Izin Mengemudi yang Memiliki Beragam Fitur Canggih


Sebenarnya bukan hanya karena belum memiliki SIM saja yang menjadi alasan mereka hingga merasa perlu menitipkan sepeda motornya, tetapi keterbatasan angkutan umum juga menjadi salah satu alasan yang pokok.


Umpamanya ketika bepergian rada jauh, ada yang memilih mengendarai sepeda motor dari rumah kemudian ketika telah sampai di jalan raya mereka menitipkan kendaraan lalu berganti sarana transportasi yaitu menggunakan angkutan umum.


Sehingga ini dapat menjadi sebuah peluang usaha untuk menghasilkan rupiah dengan mudah, yaitu jasa penitipan sepeda motor. Tak perlu repot memikirkan tentang strategi bisnis untuk menjalaninya, sepertinya ini memang benar-benar mudah hanya perlu menyediakan tempat saja.


Bahkan tempat penitipan sepeda motor ini bisa dikombinasikan dengan usaha lainnya, seperti warung makan, toko, jual pulsa, dan lain-lain. Sehingga sambil menunggu sepeda motor yang dititipkan, Anda dapat menjalankan usaha perdagangan di rumah.


Berikut cara menjalankan usaha penitipan sepeda motor:


Sediakan Tempat yang Aman dan Nyaman


Usaha ini membutuhkan tempat untuk memarkir kendaraan yang dititipkan, semakin luas tentu akan semakin muat lebih banyak. Bila menggunakan tempat terbuka, berarti harus dipagari sedemikian rupa agar aman dari tindakan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.


Usahakan area penitipan terlindung dari panas dan hujan, jangan sampai gara-gara dititipkan sepeda motor menjadi kotor bahkan rusak. Usahakan kontruksi lantainya benar-benar kuat agar dapat menopang beban kendaraan yang diparkir sehingga tidak mudah rusak/bergelombang, untuk itu bisa dengan menggunakan cor beton.


Jadi pastikan sepeda motor yang ditipkan aman dari orang yang tidak bertanggung jawab dan juga aman dari cuaca seperti panas dan hujan.


Pasang Banner/Spanduk


Ini sangat penting, karena merupakan suatu bentuk informasi/petunjuk tentang keberadaan tempat usaha penitipan sepeda motor milik Anda.


Pasang juga informasi mengenai aturan-aturan yang harus ditaati oleh konsumen serta tarif penitipan, bisa diletakan di pintu masuk atau di mana saja yang terpenting mudah terlihat dan terbaca dengan jelas.


Cara Penitipan


Tatalah kendaraan dengan rapi, agar mudah ketika memarkir serta mengambilnya. Sebaiknya Anda rajin menata kendaraan yang terparkir, agar konsumen merasa nyaman dan tak perlu berlama-lama ketika hendak menitipkan/mengambil sepeda motor miliknya.


Mintalah kepada konsumen untuk menunjukkan STNK ketika mengambil kendaraan miliknya, kemudian cocokanlah dengan sepeda motorya. Cara seperti ini akan lebih terjamin keamanannya.


Biaya Penitipan


Biaya penitipan dapat dibuat dengan hitungan jam, misalnya 12 jam Rp 2.000 sedangkan untuk 24 jam Rp 5.000 misalnya. Jika mengambil di atas jam 12 malam bisa dikenakan tarif khusus.


Pasang CCTV


Jika perlu pasanglah CCTV untuk menjaga keamanan sehingga apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dapat diketahui dengan mudah. Hal ini juga akan membuat konsumen lebih tenang menitipkan ketika menitipkan kendaraannya.


Dengan memasang CCTV, Anda dapat melakukan pengawasan melalui monitor bahkan samartphone sehingga pengawasan dapat dilakukan dari dalam rumah.


Menyandingkan dengan Usaha yang Lain


Sepertinya penitipan helm juga dapat disandingkan dengan usaha ini, sehingga dapat menambah pendapatan Anda.


Tempat penitipan ini tentu akan sering dikunjungi banyak orang, maka seperti toko kelontong, warung makan, jualan pulsa, bahkan butik pun dapat disandingkan dengan usaha ini.


Itulah cara mudah meraup rupiah dengan usaha penitipan sepeda motor, selalu sambutlah konsumen dengan keramahan agar mereka merasa nyaman.


Semoga bermanfaat...

Load comments