Cara Mengusir Tikus dan Mencegahnya Masuk Kembali ke dalam Rumah

Keberadaan tikus di rumah kadang sering membuat jengkel, selain kotor juga dapat merusak barang-barang di rumah. Maka usir sebelum mendatangkan banyak masalah dan cegah agar tak masuk kembali.
Cara Mengusir Tikus dan Mencegahnya Masuk Kembali ke dalam Rumah

Keberadaan tikus sering membuat jengkel. Bagaimana tidak jika sudah masuk ke dalam rumah akan menyebabkan kotor dan bau, yang tentu saja akan mengganggu kenyamanan penghuninya.

Binatang ini juga dapat membuat barang-barang menjadi rusak, seperti pakaian, lemari, dan peralatan elektronik misalnya. Jadi bukan hanya makanan saja yang menjadi sasarannya.

Cara Mengusir Tikus dari Dalam Rumah

Tikus yang sudah terlanjur masuk ke dalam rumah, apalagi jika telah berkembang biak harus secepatnya dienyahkan. Memang banyak cara untuk membasminya, mulai menggunakan perangkap, lem tikus, hingga obat pembasmi tikus. Namun tanpa membasminya, kita dapat mengusirnya dengan menggunakan:

Kucing

Tikus rumahan akan takut mendengar suara kucing, apalagi jika sampai terlihat oleh hewan yang mengemaskan ini. Walaupun mungkin sebagian orang tidak akan membiarkan kucing kesayangannya memakan tikus, namun tetap saja ini dapat membuat tikus merasa terancam sehingga akan pergi. Jadi memelihara kucing agar tikus-tikus tidak bersarang di rumah Anda.

Buah Mengkudu

Aroma menyengat dari buah yang juga biasa dikenal dengan nama pace ini tidak disukai oleh tikus. Cukup potong menjadi beberapa bagian, kemudian letakkan pada tempat-tempat yang sering di lalui tikus. Atau bisa juga dengan menumbuknya, kemudian campurkan dengan air lalu siramkan pada tempat yang menjadi jalan/sarang tikus.

Daun Mint

Ternyata tikus juga tidak menyukai aroma daun mint. Ambilah sari dari daun mint kemudian campurkan dengan air, lalu semprotkan pada tempat-tempat yang sering di lewati/area yang kerap terlihat tikus.

Cara Mencegah Tikus Masuk ke Dalam Rumah

Tikus dapat berasal dari rumah tetangga, apalagi jika bangunan rumah sangat berdekatan/saling menempel. Lubang sekecil apa pun jika kepalanya dapat masuk, maka lubang itu juga cukup untuk badannya.

Jadi untuk mencegahnya jangan biarkan ada lubang yang memungkinkan menjadi jalan untuk masuk ke rumah. Jalan yang biasa dilalui tikus biasanya ditandai dengan warna hitam/kotor.

Tikus juga dapat memasuki rumah melalui ventilasi udara, karena kadang kabel antena televisi sering ditempatkan di sini.

Maka sebaiknya ventilasi udara atau apa pun yang memungkinkan dapat dijadikan jalan masuk oleh tikus, sebaiknya ditutup menggunakan kawat ram/menggunakan material yang sekiranya tahan terhadap gigitan binatang pengerat ini.

Mungkin memang akan sulit menghindari agar tikus tidak memasuki atap. Namun jika plafon rumah dalam kondisi baik/tertutup rapat maka ia tidak akan dapat turun sehingga hanya berada di atap saja.

Jadi jika ada plafon yang rusak, segera perbaikilah agar tidak menjadi jalan bagi tikus-tikus untuk memasuki ruang di rumah Anda.

Itulah beberapa cara untuk membebaskan rumah dari tikus dan mencegahnya masuk kembali, selamat mencoba...

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.