Cara Mudah Mengatasi Saluran Pembuangan Air Wastafel yang Mampet

Bukan hanya untuk mengatasi saluran wastafel yang mampet, cari ini juga dapat digunakan untuk mengatasi saluran toilet/wc yang mampet.
Cara Mudah Mengatasi Saluran Pembuangan Air Wastafel yang Mampet

Jika tidak menggunakannya secara bijak yaitu sering membiarkan kotoran masuk ke dalam saluran wastafel maka bisa mampet kapan saja. Apalagi jika untuk wastafel cuci piring, bisa saja sisa-sisa makanan terbawa masuk hanyut ke dalam saluran pembuangan sedikit demi sedikit lama-lama dapat menjadi penyumbatnya.

Tersumbatnya saluran wastafel akan sangat merepotkan karena tidak bisa digunakan secara normal. Jika yang tersumbat adalah wastafel cuci piring dapat mendatangkan permasalahan yang tidak sepele, karena keberadaan tempat cuci piring itu penting yang hampir setiap hari akan digunakan.

Nah jika Anda mengalaminya tidak usah panik, karena dapat mencoba untuk mengatasinya sendiri tentu saja dengan cara yang mudah seperti berikut ini:

Menggunakan Plunger

Plunger merupakan alat penyedot manual yang dapat digunakan untuk membersihkan saluran pembuangan wastafel yang mampet, namun ini membuthkan tenaga yang kuat. Cukup letakan pada ujung saluran, tarik beberapa kali untuk membuat kotoran-kotoran yang menempel pada saluran pembuangan terlepas kemudian hidupkan kran air beberapa saat untuk menghanyutkannya.

Menggunakan Garam Kerosok

Masukan garam kerosok ke dalam ember, lalu tuang air panas. Aduk hingga seluruh garam telah larut, kemudian tuang pada lubang pembuangan air wastafel. Tunggu beberapa jam, kemudian guyur dengan air bersih secukupnya.

Menggunakan Baking Soda dan Cuka

Masukan baking soda ke dalam saluran, sesuaikan dengan seberapa parahnya kondisi sumbatan kemudian tuang cuka secukupnya. Selain untuk meratakan hingga pada sumber sumbatan, reaksi asam akan ditimbulkan dengan adanya pencampuran baking soda dan cuka.

Setelah didiamkan beberapa menit, guyurlah dengan menggunakan air panas untuk menghanyutkan kotoran-kotoran yang telah melunak karena adanya reaksi asam yang ditimbulkan oleh pencampuran antara baking soda dan cuka.

Menggunakan Soda Api

Jika belum berhasil dengan menggunakan kedua cara di atas maka gunakanlah soda api, tetapi cara ini tidak disarankan karena dapat merusak pipa.

Tetapi jika ingin tetap mencobanya, Anda bisa membeli soda api di toko bangunan. Berhati-hatilah dalam menggunakannya,aAgar aman pakailah sarung tangan, masker, dan jangan lupa baca petunjuk pemakaiannya.

Jika sudah, buka kemasan lalu masukan soda api secukupnya ke dalam saluran pembuangan wastafel yang mampet. Biarkan sejenak hingga suara gemuruh tak terdengar lagi, kemudian siramlah menggunakan air untuk menghanyutkannya.

Menggunakan Jasa Profesional

Jika menggunakan cara-cara di atas ternyata tidak dapat mengatasi tersumbatanya saluran wastafel, sepertinya Anda harus menggunakan jasa profesional. Artinya memang harus membongkarnya, mungkin saja ada benda-benda selain kotoran yang secara tidak sengaja masuk ke dalam saluran.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan sumbatan pada saluran pembuangan wastafel. Selalu jagalah kebersihan dengan tidak membiarkan kotoran-kotoran masuk ke dalam saluran, agar pembuangan menjadi lancar sehingga dapat berfungsi secara maksimal.

Semoga bermanfaat...

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.