Atasi Bau Tak Sedap di Kamar Mandi dengan Cara Ini

Jangan biarkan begitu saja jika kamar mandi menimbulkan bau tak sedap, atasi dengan cara seperti berikut ini
Atasi Bau Tak Sedap di Kamar Mandi dengan Cara Ini

Bau tak sedap dari kamar mandi akan membuat ketidaknyamanan penghuni rumah, baik saat menggunakan kamar mandi maupun ketika bau itu telah menyebar ke ruang di sekitarnya. Apalagi jika rumah berukuran kecil, pastinya akan gampang sekali tercium dari ruang yang lain. Sehingga akan menimbulkan kesan kotor pada seluruh bagian rumah.

Seringkali walau telah disiram sehabis digunakan namun tetap saja masih tercium bau yang tak sedap, mungkin tidak sempurna dalam menyiramnya atau karena memang habis memakan sesuatu sehingga urine menjadi bau. Selain itu bau juga dapat berasal dari saluran pembuangan air kamar.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi bau tak sedap pada kamar mandi:

Ventilasi

Keberadaan ventilasi pada kamar mandi itu penting, karena sebagai alat untuk pertukaran udara. Semakin lancar sirkulasi udaranya, makan akan semakin dapat meminimalisir bau tak sedap dan membuat kamar mandi menjadi tidak lembab. Bisa juga menggunakan alat penyedot udara (exhaust fan), untuk memperlancar sirkulasi udara.

Jaga kebersihan kamar mandi

Kamar mandi yang selalu dibersihkan akan meminimalisir munculnya bau, untuk itu sebaiknya jangan menunggu hingga sangat kotor dan bau untuk membersihkannya.

Kamar mandi yang bersih akan lebih nyaman digunakan. Jadi bersihkanlah secara rutin baik lantai, dinding, bak mandi, lubang toilet, serta benda-benda apa saja yang berada kamar mandi, seperti kran, selang shower, tempat sabun, dan lain-lain.

Gunakan pengharum ruangan

Memasang pengharum ruangan merupakan salah satu cara agar suasana di dalam kamar mandi menjadi harum bahkan menyegarkan. Pilihlah sesuai selera Anda, namun jika digunakan untuk seluruh anggota keluarga maka berdiskusilah agar semuanya dapat menikmati keharumannya.

Kadang ada bau wewangian tertentu yang membuat seseorang justru malah menjadi pusing, dan sebaiknya jangan pilih pengharum dengan aroma yang menyengat.

Gunakan kamper kamar mandi

Ini paling mudah yang dapat dilakukan, yaitu menggunakan kamper/kapur barus untuk kamar mandi. Cukup letakkan 2 buah kamper pada lubang saluran drainase. Jika ukuran ruang kamar mandi cukup luas, maka letakkan juga pada lantai pojok dari kamar mandi. Dan jika tersedia wastafel, maka letakkan juga 1 – 2 buah kamper pada mangkok wastafel.

Gunakan baking soda

Bau bisa saja berasal dari area toilet, untuk menghilangkan bau bisa menggunakan baking soda. Cukup siram dengan air, lalu tuang secangkir baking soda pada toliet dan diamkan selama satu jam. Setelah itu siramlah dengan air bersih, dengan begitu toilet menjadi tidak bau lagi.

Itulah cara untuk mengatasi bau tak sedap pada kamar mandi. Akan lebih baik jika beberapa cara di atas dapat dilakukan semuanya, dengan begitu kamar mandi akan tampak bersih dan jauh dari bau tak sedap juga penyakit sehingga menjadi nyaman dan sehat.

Semoga bermanfaat...

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.