Ayo Kenali Arti Warna Rambu Lalu Lintas

Ayo Kenali Arti Warna Rambu Lalu Lintas

Ayo Kenali Arti Warna Rambu Lalu Lintas

Bagi pengguna jalan pastinya sudah tak asing lagi dengan rambu lalu lintas. Jika diperhatikan sering kita temui warna yang berbeda dari rambu-rambu itu, dan ternyata warna-warna itu memiliki arti sendiri-sendiri sehingga beda warna beda pula artinya.


Ada 5 macam warna pada rambu lalu lintas yang sering kita jumpai di jalan, yaitu kuning, merah, biru, hijau, dan putih garis. Pembahasan berikut ini bukanlah arti secara khusus pada setiap rambu lalu lintas, namun hanyalah arti menurut warnanya saja.


Inilah arti dari masing-masing warna yang terdapat pada rambu lalu lintas:


Warna Kuning

Kuning sebagai warna dasar dan tulisan/simbol berwarna hitam berfungsi sebagai pemberi peringatan, seperti bahaya atau sesuatu hal agar pengguna jalan lebih berhati-hati misalnya.


Warna Merah

Rambu dengan warna dasar putih, garis merah, dan huruf/angka/simbol berwarna hitam ini berfungsi sebagai larangan. Misalnya dilarang berhenti, dilarang masuk, dilarang parkir, dan sebagainya.


Warna Biru

Rambu berwarna dasar biru dan huruf, angka, kata-kata, atau lambang serta garis tepi berwarna putih memberikan informasi yaitu sebagai perintah bagi pengendara/pengguna jalan. Seperti belok kanan, belok kiri, dan lain-lain.


Warna Hijau

Hijau yang menjadi warna dasar dari rambu yang biasanya dengan tulisan/simbol berwarna putih berisi tentang informasi wilayah. Seperti petunjuk/arah jalan, jurusan, nama tempat/lokasi, batas wilayah, dan lain-lain.


Warna Putih Garis

Rambu lalu lintas dengan warna putih garis menandakan akhir sebuah larangan, misalnya batas akhir semua larangan, batas akhir larangan berhenti, batas akhir larangan mendahului kendaraan lain, dan lain-lain.


Itulah arti dari warna dari rambu lalu lintas, semoga dengan mengetahui arti dari masing-masing warnanya dapat menambah wawasan sehingga mengerti informasi apa yang terkandung di dalamnya.


Maka patuhilah ketika telah mengetahui maksud dari rambu-rambu lalu lintas itu, agar ketertiban, keamanan, dan keselamatan dapat terjaga bagi semua pengguna jalan.


Semoga bermanfaat...

Load comments