Cara Sederhana Menyimpan Sepatu dan Sandal yang Jarang Dipakai

Biasanya sepatu juga sandal yang dimiliki oleh seseorang tak akan dipakai semuanya untuk rutinitas sehari-hari. Agar tetap bersih, awet, dan mudah ketika mencarinya, silakan lakukan cara sederhana ini untuk menyimpannya
Cara Sederhana Menyimpan Sepatu dan Sandal yang Jarang Dipakai

Hampir setiap orang dapat dipastikan memiliki dan menggunakan sepatu maupun sandal, bahkan memilikinya lebih dari satu. Tak semuanya di pakai setiap hari, karena biasanya beda acara bisa beda sepatu atau sandalnya. Terlebih lagi ketika membelinya memang bermaksud untuk dipakai pada acara tertentu saja.

Sepatu dan sandal yang jarang dipakai jika tidak disimpan dan ditempatkan secara baik justru bisa kotor bahkan rusak.

Lantas bagaimana jika tempat penyimpanan pun sudah tak muat lagi karena begitu banyak sepatu dan sandal yang telah dibeli, atau mungkin karena saking banyaknya penghuni rumah sehingga tempat penyimpanan menjadi tak mampu menampung semuanya.

Berikut cara sederhana untuk menyimpannya agar sepatu dan sandal yang jarang dipakai tidak kotor bahkan rusak, sehingga tertata dan terawat dengan baik:

Jangan buang kardusnya

Ketika kita membeli sepatu atau sandal, pastinya ada kardusnya. Nah kardus inilah yang nantinya dijadikan sebagai wadah penyimpanan. Maka simpanlah, jangan buang begitu saja. Jika sudah tidak ada, bisa menggunakan kardus yang lainnya.

Bersihkan sebelum disimpan

Jangan menyimpannya dalam keadaan kotor, bisa dengan cara mengelapnya atau jika harus dicuci maka cucilah terlebih dahulu. Untuk sepatu/sandal kulit, bisa disemir terlebih dahulu. Jadi pastikan benar-benar dalam keadaan bersih sebelum memasukannya ke dalam kardus, agar tidak berjamur atau menjadi bau.

Masukan ke dalam kardus

Setelah dibersihkan selanjutnya masukanlah ke dalam kardus, jika kardus telah rusak atau hilang, silakan ganti dengan yang lain. Bisa saja memakai kardus bekas apa saja, yang penting masih dalam keadaan baik dan tidak terlalu besar. Bahkan kardus bekas ini justru bisa memuat lebih dari satu pasang.

Jika memakai kardus selain sepatu/sandal, sebaiknya masukkan terlebih dahulu sepatu/sandal ke dalam plastik agar tetap terjaga kebersihannya dan tidak bercampur aduk di dalam kardus nantinya.

Bisa menggunakan plastik fotocopy (plastik yang didapatkan ketika memfotocopy), biasanya dapat memuat sepasang sepatu atau sandal sehingga mudah ketika hendak mencari yang dimaksud karena plastik ini bersifat transparan. Jika ingin menutup ujung plastik dengan rapat, lubangilah plastik pada sisi-sisinya untuk sirkulasi udara.

Letakkan kardus pada tempat/ruang yang bersih

Setelah semua dimasukan ke dalam kardus, letakkanlah pada tempat/ruang yang bersih. Bisa juga meletakkannya pada rak sepatu yang paling atas. Pastikan tidak terkena air atau apa saja yang dapat merusaknya. Tatalah dengan rapi, kardus bisa ditumpuk agar hemat tempat.

Itulah cara menyimpan sepatu/sandal secara sederhana, dengan memasukkannya ke dalam kardus akan membuatnya terjaga baik kebersihan maupun keawetannya, sementara tempat/ruang penyimpanan juga akan terlihat rapi.

Semoga bermanfaat...

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.