Di YouTube Video Anda Bisa Hasilkan Uang, Begini Caranya

Cara membuat akun dan upload video YouTube, cara daftar google Adsense YouTube
Di YouTube Video Anda Bisa Hasilkan Uang

Sangat banyak cara untuk mendapatkan uang melalu internet, salah satunya adalah dengan cara mengupload video di YouTube kemudian memonetisasinya sebagai penayang iklan google AdSense. Tidak sedikit orang yang telah meraup jutaan rupiah melaluinya, sehingga tak ada salahnya jika Anda mencobanya. Siapa tahu dapat mengikuti jejak mereka, mendapatkan uang jutaan rupiah melalui YouTube.

Menjadi publisher AdSense YouTube itu dapat menjadi usaha sampingan, karena ini dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang di rumah atau disela-sela rutinitas pekerjaan Anda. Bahkan kelak bisa saja penghasilan dari YouTube dapat lebih besar dari pekerjaan yang selama ini yang menjadi penopang utama dalam pemenuhan kebutuhan hidup Anda.

Jika tertarik untuk mencobanya silakan upload video original milik Anda di YouTube kemudian daftarkan google AdSense, setelah disetujui sepenuhnya dan iklan telah tampil pada video Anda, maka dari iklan inilah nantinya pendapatan akan diperoleh.

Untuk dapat mengupload video di YouTube Anda harus mempunyai akun terlebih dahulu. Gunakan akun google (Gmail) untuk membuatnya, dengan cara seperti berikut ini:

  • Buka youtube.com
  • Lihat di pojok kanan atas, klik masuk (isi alamat gmail dan pasword Anda)
  • Klik buat akun

Lalu buatlah channel/saluran YouTube dengan cara:

  • Dihalaman YouTube bagian kanan atas, klik ikon akun Anda
  • Klik Creator Studio > buat channel/saluran

Kemudian verifikasi akun YouTube Anda, dengan cara:

  • Klik Creator Studio
  • Klik Channel > Verifikasi
  • Isi kolom pilih negara Anda: Indonesia
  • Pilih metode  verifikasi: Cheklist pada Kirimi saya SMS berisi pesan verifikasi
  • Isi nomor HP Anda pada kolom Berapa nomor telepon Anda?
  • Klik Kirim

Setelah mendapat SMS, isikan 6 digit kode verifikasi lalu klik Kirim.

Setelah Klik Lanjutkan maka akan muncul halaman baru yang menyatakan Terverifikasi

Setelah channel berhasil dibuat dan telah diverifikasi, kini saatnya upload video dengan cara:

  • Silakan lihat bagian kanan atas, klik tulisan/ikon upload
  • Lihat pada tengah halaman, klik ikon tanda panah besar (tepat dibawahnya ada tulisan Pilih file untuk diupload).

Silakan ikuti petunjuk yang ada pada halaman tersebut dan ketika proses unggah/upload video sedang berlangsung jangan menutup halaman. Isikan judul dan diskripsi dari video Anda, diskripsi video bisa dikosongi namun lebih baik jika diisi. Setelah video berhasil diunggah dan judul telah diisi, silakan klik publikasikan.

Catatan:

Uploadlah video original, hati-hati mengupload video milik orang lain bisa melanggar hak cipta. Jangan memakai background lagu milik orang lain karena bisa melanggar hak cipta. Silakan baca Kebijakan Program Mitra dan Kebijakan Program AdSense, agar video milik Anda tidak melanggar ketentuan dan dapat dimonetisasi.

Jangan kuatir Anda dapat mengeditnya kembali video yang telah diunggah dengan menggunakan fasilitas yang telah disediakan oleh YouTube, Seperti menstabilkan video agar tidak goyang-goyang, memangkas video, mengisi audio (suara) dengan musik, memberi watermark, dan lain-lain.

Itulah langkah-langkah untuk mengupload video di YouTube, untuk mendapatkan penghasilan Anda maka harus mengirimkan permohonan terlebih dahulu sebagai penayang iklan google adsense. Jika sepenuhnya telah disetujui oleh pihak google AdSense, barulah dapat menayangkan iklan dan mendapatkan penghasilan.

Kemudian aktifkan monetisasi dengan cara:

  • Pada bagian kanan atas klik ikon akun youtube Anda
  • Klik creator studio
  • Pada bagian kiri, klik Channel > Status dan fitur
  • Lihat pada bagian Monetisasi, klik Aktifkan
  • Kemudian akan muncul halaman berikutnya tentang persetujuan persyaratan, klik saya setuju

Selanjutnya adalah mendaftar adsense

  • Pada bagian kiri, Klik Channel/Saluran > Monetisasi > Start > Berikutnya

Atau

  • Klik Channel/Saluran > Bagaimana saya akan dibayar > Mengaitkan akun AdSense > Berikutnya
  • Selanjutnya akan terbuka halaman “Selamat Datang di AdSense” atau “Welcome to AdSense”, klik Masuk atau Sign in” (tergantung bahasa yang digunakan)
  • Lalu akan muncul halaman untuk memilih bahasa, pilih bahasa yang akan Anda gunakan lalu klik Simpan dan lanjutkan

Kemudian Anda akan disuruh mengisi formulir, isi dengan lengkap dan sebenar-benarnya.

Catatan:

Negara atau wilayah: Indonesia

Zona waktu: Jakarta

Jenis rekening: Perseorangan

Nama dan Alamat: Isi sesuai dengan KTP

PENTING

mengisi identitas sesuai dengan KTP, karena ini berhubungan dengan pembayaran atas penghasilan Anda nantinya. Kelak jika telah diterima sebagai publisher AdSense dan pendapatan telah mencapai ambang batas untuk verifikasi alamat, pihak google AdSense akan mengirim PIN melalui pos bukan email. Jadi apabila alamat tidak sesuai dengan KTP maka PIN itu juga tidak akan sampai ke tangan Anda, sehingga sangat merugikan diri Anda.

Tips pengisian alamat yang tidak terdapat nama jalan dan nomor rumah, tulislah RT dan RW terlebih dahulu seperti berikut ini:

Zarang Maen

RT/RW 002/003 Kauman Utara

Nama Desa - Nama Kecamatan

Nama Kota/Kabupaten

Nama Propinsi Kode Pos

Setelah formulir diisi, kirim permohonan dengan mengklik Submit my application maka akan muncul halaman persetujuan persyaratan adsense, silakan klik Setuju.

Jika tidak ada tulisan submit maka klik Kirim permohonan saya. Intinya setelah formulir permohonan diisi, kirim permohonan itu dengan mengklik tombol yang ada dibawah formulir.

Setelah permohonan terkirim silakan masuk kembali ke akun youtube Anda untuk menentukan preferensi monetisasi.

Pada bagian monetisasi silakan tentukan format iklan yang ingin ditampilkan pada video Anda, dengan cara mencentang pada bagian format iklan yang diinginkan kemudian klik Simpan.

Itulah cara mengirim permohonan adsense YouTube, tunggu balasan (email) dari pihak google adsense. Biasanya membutuhkan waktu antara 3 – 7 hari, atau bisa kurang atau lebih dari itu, bahkan bisa hanya beberapa jam saja. Maka rajin-rajinlah untuk selalu mengecek email Anda.

Di YouTube Video Anda Bisa Hasilkan Uang, Begini Caranya

UPDATE

Aturan terbaru sebagai persyaratan untuk dapat mengajukan monetisasi agar dapat disetujui, waktu tonton channel dalam 12 bulan terakhir minimal 4.000 jam dan subcriber berjumlah 1.000. Jadi harus memenuhi kedua persyaratan itu, jika tidak maka belum dapat berpartisipasi dalam program adsense untuk youtube.

Perlu digaris bawahi bahwa waktu tonton itu bukan untuk setiap video, namun secara total pada channel Anda. Jadi uploadlah video  original sebanyak-banyaknya agar batas minimum dapat cepat terlampaui.

Setelah disetujui dan iklan tampil pada video Anda janganlah berkecil hati jika pendapatan yang diperoleh masih sedikit. Keberhasilan sebagai penayang AdSense membutuhkan kerja keras, kesabaran, dan iringilah semua itu dengan doa. Upload terus video-video original yang berkualitas, menarik, dan tetap selalu patuhi ketentuan-ketentuannya. Hati-hati jangan sampai melanggarnya agar tidak terkena banned dari google AdSense.

Video-video milik Anda yang diupload di youtube bisa dikatakan sebuah aset berharga, yang senantiasa dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Ketika Anda makan, tidur, mandi, bekerja, atau melakukan aktifitas apapun, video-video itu tetap akan terus menghasilkan uang selama iklan AdSense tampil.

Ingatlah setiap hari ada jutaan orang yang menonton video-video di YouTube. Jadi semakin banyak video yang diupload berarti semakin besar peluang untuk mendapatkan penghasilan sebagai penayang google AdSense YouTube.

Semoga bermanfaat...

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.