Jualan Pulsa di Rumah Itu Mudah dan Menguntungkan

Berjualan pulsa di rumah merupakan peluang usaha yang mudah di jalani dan menguntungkan, bisa menjadi pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan uang Anda. Begini caranya...
Jualan Pulsa di Rumah Itu Mudah dan Menguntungkan

Di zaman modern ini hampir setiap orang memiliki handphone, setidaknya bisa dikatakan setiap rumah terdapat alat komunikasi ini. Untuk dapat digunakan berkomunikasi, entah itu untuk menelpon atau sms maka dibutuhkanlah pulsa. Bukan hanya untuk ponsel saja, listrik pun kini sebagian besar telah menggunakan pulsa.

Kebutuhan pulsa untuk ponsel dan listrik inilah yang menjadi lahan bisnis rumahan. Tetangga, teman, dan kerabat merupakan sasaran utama dari penjualan pulsa. Jadi tak harus memiliki pasar luas, karena dengan ketiga target pasar itu pun usaha jualan pulsa di rumah sudah dapat berjalan.

Berikut cara berjualan pulsa di rumah:

Tempat untuk berjualan pulsa

Tak harus menyediakan tempat khusus untuk berjualan layaknya sebuah counter HP, pembeli dapat dilayani di ruang tamu bahkan di teras rumah pun juga bisa.

Simcard dan HP tersendiri

Untuk memulai usaha ini cukup mudah, tidak memerlukan tempat khusus. Yang dibutuhkan hanyalah nomor telepon (simcard) dan HP tersendiri yang digunakan khusus untuk jualan pulsa.

Artinya simcard dan HP tidak menjadi satu dengan penggunaan untuk keperluan pribadi agar nantinya tidak merepotkan. Tidak perlu menggunakan ponsel android, cukup gunakan yang biasa saja itu akan lebih mudah dalam penggunaannya.

Modal awal yang dibutuhkan

Usaha ini tidak memerlukan modal yang besar, uang Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah) pun bisa digunakan untuk modal awal. Memang semakin besar akan semakin baik, sehingga saldo pulsa yang tersedia akan menjadi lebih banyak.

Mencari agen penjualan pulsa

Silakan carilah informasi tempat kulakan pulsa melalui teman, counter HP, atau melalui internet. Setelah menentukan mana yang menjadi tempat untuk mendowline, tanyalah dengan sejelas-jelasnya tentang bagaimana cara kirim pulsa kepada pembeli, daftar agen baru, atau apa saja yang berhubungan dengan usaha ini.

Pasang tulisan/banner

Pasang tulisan yang berisi informasi bahwa Anda menjual pulsa, bisa seperti sedia pulsa, jual pulsa, dan lain-lain. Buat tulisan itu dengan menggunakan komputer lalu di print, kemudian di laminasi agar awet atau bisa membuat banner agar lebih menarik. Tempelkan di depan rumah atau dimana dapat terbaca dengan mudah oleh orang yang berlalu-lalang di sekitar rumah Anda.

Strategi penjualan

  • Silakan layani konsumen dengan sebaik-baiknya, jangan lupa ucapkan terima kasih setelah transaksi selesai
  • Untuk transaksi penjualan pulsa silakan daftarkan paket sms agar lebih irit
  • Sebisa mungkin harga jual pulsa lebih murah dari pada counter-counter di sekitar Anda walau itu hanya selisih Rp. 500 (lima ratus rupiah) saja, dengan catatan jika tidak ada kesepakatan harga jual pulsa dengan counter-counter di sekitar Anda
  • Simpan nomor telepon juga token listrik pelanggan Anda pada HP, ini akan memudahkan ketika mereka kembali membeli pulsa
  • Jika ada yang ingin berhutang itu tidak masalah karena ini akan menjadi pelanggan, namun tentu saja harus selektif dan dalam jumlah batasan tertentu
  • Buat buku catatan tentang transaksi penjualan pulsa, kolom cukup berisi nomor urut, nomor HP/token listrik tujuan, nominal pembelian, dan saldo pulsa Anda
  • Bawalah HP kemana pun Anda pergi agar di mana pun dapat melayani konsumen, sehingga menjadi counter pulsa berjalan

Menjadi agen penjualan pulsa

Bukan hanya menjual pulsa kepada konsumen secara langsung, namun juga dapat menjadi agen penjualan pulsa dengan cara mendaftarkannya menjadi agen baru (downline) Anda.

Keuntungannya adalah dari setiap transaksi penjualan yang dilakukan oleh downline Anda, maka akan mendapatkan setidaknya Rp. 200 (dua ratus rupiah) atau bisa ditentukan menurut kemauan Anda. Tetapi jangan terlalu banyak mengambil keuntungan, karena harga jual ditempat downline akan menjadi semakin tinggi.

Untuk menjadi agen penjualan pulsa, maka sebaiknya saldo pulsa lebih banyak dibanding sebelum mempunyai downline. Semakin banyak yang mendownline usahakan saldo yang tersedia juga semakin banyak, karena mereka akan membeli pulsa dalam jumlah yang lebih banyak dari pada konsumen biasa.

Perlu diingat, downline harus jauh dari tempat usaha Anda agar nanti tidak menjadi saingan dalam penjualan pulsa. Jadi ketahuilah di mana downline-downline itu nantinya akan berjualan.

Memperluas usaha

Selain berjualan pulsa dapat memperluas usaha dengan menjual aksesoris HP, kartu perdana telepon, dan kartu perdana paket internet. Ini juga tidak memerlukan tempat khusus, karena dapat menggunakan ruang tamu, garasi, atau ruang lainnya, bahkan teras rumah pun dapat Anda gunakan.

Untuk menunjang perluasan usaha ini hanya dibutuhkan etalase kaca sebagai tempat untuk menjajakannya. Aksesoris juga dapat ditempelkan pada dinding menggunakan kawat ram layaknya pada counter HP, Anda dapat membelinya pada sales aksesoris HP.

Namun hati-hati, selalu telitilah setiap saat masa kadaluwarsa kartu perdana agar Anda tidak merugi. Jangan sampai tidak terjual hingga masa aktif telah kadaluwarsa, jadi jangan kulakan terlalu banyak cobalah sedikit dulu. Kelak jika memang permintaan banyak, maka dapat menambahnya.

Di sini harga jual juga mempunyai peranan penting dalam keberlanjutan perluasan usaha ini, jika mampu bersaing harga tentu akan banyak yang menjadi pelanggan.

Itulah cara penjualan pulsa yang dapat dilakukan tanpa harus meninggalkan rumah, juga bisa menjadi pekerjaan sampingan. Jika usaha ini dikelola dengan baik bukan tidak mungkin akan menghasilkan pundi-pundi rupiah yang banyak. Jangan lupa berdoa agar jualan pulsa Anda laris dan berkah.

Semoga bermanfaat...

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.