Manfaat Pisang dari Pohon Hingga Buahnya

Buah pisang bermanfaat untuk kesehatan, batang pohon dan daunnya pun juga dapat dimanfaatkan untuk...
Manfaat Pisang dari Pohon Hingga Buahnya

Siapa yang tak kenal buah pisang, rasannya yang enak dan manis juga tidak sulit untuk mendapatkannya karena mudah ditemui di pasar hingga warung makan. Pisang yang pohonnya hanya berbuah sekali ini memiki berbagai jenis, sehingga ukuran dan rasanya pun bervariasi.

Mengkonsumsinya secara langsung atau diolah terlebih dahulu ternyata baik bagi kesehatan, bahkan pisang ternyata dapat dijadikan sebagai lauk ketika makan.

Jadi jangan heran ketika melihat seseorang makan nasi, namun menjadikan buah pisang layaknya seperti lauk. Bukan hanya buahnya saja, ternyata batang dan daunnya juga dapat diambil manfaatnya.

Berikut manfaat yang dapat kita ambil dari pisang baik batang, daun, maupun buahnya:

Manfaat Batang Pohon Pisang

Kulit pohon pisang dapat dimanfaatkan untuk membuat tali, dengan cara dijemur terlebih dahulu. Sementara batangnya dapat digunakan untuk lomba panjat batang pohon pisang, biasanya perlombaannya diadakan dalam rangka memperingati HUT RI.

Lomba ini dapat dijadikan sebagai pengganti panjat pinang. Ternyata juga tidak kalah serunya hingga sangat menghibur para penonton. Selain lebih simple, juga lebih aman bagi para pesertanya apabila dibandingkan dengan panjat pinang.

Manfaat Daun Pisang

Untuk membungkus berbagai makanan baik ketika dalam proses memasaknya maupun hanya untuk penyajiannya. Aroma daun pisang akan memberikan cita rasa yang khas sehingga akan menambah kenikmatan, sementara jika digunakan dalam penyajian makanan akan memberikan kesan tradisional.

Memang dalam hal ini hanya daun pisang jenis tertentu saja yang baik digunakan. Memanfaatkan daun pisang merupakan suatu tindakan ramah lingkungan, karena sampah yang dihasilkan termasuk dalam jenis organik. Sementara daun pisang yang kering dapat dijadikan aneka kesenian yang indah.

Manfaat Buah Pisang

  • Buah pisang kaya serat juga menggandung vitamin dan nutrisi yang baik bagi kesehatan, berikut manfaat jika mengkonsumsinya:
  • Sebagai sumber energi dan membuat kenyang lebih lama
  • Baik untuk pencernaan
  • Meredakan sakit perut
  • Menggantikan nutrisi yang hilang ketika diare sehingga tubuh menjadi tidak lemas
  • Melancarkan peredaran darah dan mengatur tekanan darah
  • Pelengkap program diet
  • Baik untuk sistem kekebalan tubuh
  • Mencegah keriput pada kulit, sehingga tampak awet muda
  • Membuat kulit menjadi sehat bercahaya
  • Meningkatkan fungsi otak

Itulah pisang, yang dapat diambil manfaatnya mulai dari batang pohon serta daunnya. Apalagi buahnya yang jika dikonsumsi secara rutin akan bermanfaat untuk kesehatan.

Semoga bermanfaat...

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.