Desain Rumah Minimalis Sederhana Ukuran Tanah 10 m x 10m

Desain Rumah Minimalis Sederhana Ukuran Tanah 10 m x 10m

Desain Rumah Minimalis Sederhana Ukuran Tanah 10 m x 10m

Desain rumah kali ini membutuhkan ukuran tanah sekurang-kurangnya panjang 10 meter dan lebarnya juga 10 meter. Seperti yang tampak pada gambar di atas, rumah ini terdiri dari 2 lantai yang tidak menyisakan tanah di samping kanan dan kirinya.

Lihat denahnya: Denah Rumah Minimalis Sederhana Ukuran Tanah 10 m x 10 m


Pada denah lantai 1 dapat dilihat terdapat ruang tamu, ruang makan, kamar utama, dapur, kamar mandi dan toilet. Pada bagian belakang terdapat taman, yang sekaligus berfungsi untuk pencahayaan dan sirkulasi udara.


Pencahayaan dan sirkulasi udara ini sangat penting, yaitu untuk menghemat pemakaian energi listrik. Dengan masuknya cahaya pada area belakang rumah, maka tak perlu menyalakan lampu di siang hari. Begitu juga dengan ada sirkulasi udara, maka paling tidak dapat mengurangi pemakaian kipas angin dan AC.


Bukan hanya carport, pada lantai ini juga terdapat garasi sepeda motor. Namun jika menginginkan, carport dan garasi sepeda motor dapat digabung, sehingga menjadi garasi mobil dan motor. Hanya saja jika pintu garasi diletakan segaris dengan pintu utama, garasi hanya mempunyai panjang 6 meter.


Baca juga: Ukuran Minimal untuk Garasi Mobil dan Sepeda Motor yang Jadi Satu


Tangga terletak pada ruang makan, yang terhubung dengan ruang keluarga pada lantai 2. Selain ruang keluarga, pada lantai ini terdapat 3 kamar tidur, mushala, tempat cuci dan wudu, kamar mandi dan toilet, area jemur, dan balkon pada bagian depan rumah yang memanjang.


Jika Anda memiliki tanah dengan panjang lebih dari 10 meter maka bisa untuk menambah halaman depan, dijadikan taman misalnya.


Atau bisa juga bagian belakang yang diperpanjang, dapur dan kamar mandi dapat disesuaikan, yaitu tetap terletak pada batas tanah belakang. Atau jika menginginkan ada pintu belakang bisa juga, tetap sesuai dengan denahnya dan kelebihan ukuran tanah itu bisa digunakan sebagai akses jalan untuk pintu belakang.


Sedangkan letak kamar mandi bisa menyesuaikan, dengan begitu garasi sepeda motor menjadi lebih luas. Atau jika menggabungkan antara carport dan garasi motor, berarti panjangnya dapat bertambah sehingga menjadi semakin longgar.


Semoga bermanfaat...

Load comments