Ternyata Shalat Dhuha Bukan Hanya untuk Urusan Rezeki Saja

Shalat dhuha ternyata memiliki berbagai manfaat, jadi bukan hanya untuk lancarkan rezeki saja.
Ternyata Shalat Dhuha Bukan Hanya untuk Urusan Rezeki Saja

Setiap orang pastinya ingin tercukupi kebutuhannya, mendapatkan rezeki yang berkah lagi diberi kemudahan dan kelancaran dalam mendapatkannya, hingga diampuni dosa-dosanya. Mempunyai badan yang sehat pastinya juga menjadi dambaan bagi seluruh manusia.

Jika mendengar kata tentang shalat dhuha banyak orang yang langsung terfokus pada urusan rezeki. Padahal apabila mengerjakannya dengan bersungguh-sungguh dan istiqamah berbagai manfaat akan diperoleh baik dari urusan dunia hingga akhirat, jasmani maupun rohani.

Gerakan-gerakan dalam shalat jika dilakukan dengan benar dan bersungguh-sungguh akan bermanfaat untuk kesehatan. Itu berarti shalat dhuha pun demikian, apalagi ibadah sunah ini dikerjakan pada pagi hari ketika matahari mulai terangkat naik hingga menjelang waktu duhur.

Sehingga mengerjakan shalat dhuha mungkin bisa dikatakan seperti olah raga di pagi hari. Namun bukan berarti kalau telah mengerjakannya maka tak perlu berolah raga lagi. Olah raga tetaplah penting, dan jika telah berolah raga secara teratur serta melaksanakan shalat dhuha secara istiqamah ini tentu akan lebih baik bukan?

Berikut manfaat gerakan-gerakan dalam shalat antara lain:

  • Melancarkan peredaran darah
  • Menguatkan otot lengan
  • Baik bagi syaraf-syaraf tulang belakang
  • Bermanfaat untuk pencernaan
  • Baik bagi fungsi otak
  • Baik untuk kesehatan kaki dan menghindarkan nyeri pada paha
  • Mencegah impot3nsi
  • Menjaga kelenturan dan kekuatan organ gerak
  • Relaksasi otot pada area leher dan bahu

Mengerjakan shalat dhuha bukan hanya dapat menyehatkan badan tetapi banyak keutamaan-keutamaan yang akan Anda peroleh, seperti berikut ini:

“Wahai anak Adam, janganlah kamu merasa lemah (kehilangan kesempatan) untuk beribadah kepada-Ku dengan cara mengerjakan shalat empat rakaat di awal siangmu, niscanya akan Aku akan cukupkan untukmu diakhir harimu.” (HR. Abu Dawud)

“Dalam diri manusia itu terdapat 360 persendia, dan ia memiliki kewajiban bersedekah untuk setiap persendiannya.” Para sahabat bertanya: “Siapa yang sanggup, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: “Ludah di dalam masjid yang ia pendam (dibersihkan) atau sesuatu (penghalang) yang ia singkirkan dari jalan. Jika ia tidak mampu, maka dua rakaan shalat dhuha sudah mencukupinya.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

“Siapa saja yang shalat dhuha 12 rakaat, Allah akan membuat untuknya sebuah istana yang terbuat dari emas di surga.” (HR. Ibnu Majah)

“Siapa saja yang menjaga shalat dhuha, maka dosa-dosanya diampuni sekalipun dosanya itu sebanyak buih di lautan.” (HR. Tirmidzi)

Itulah beberapa manfaat shalat dhuha, jangan sia-siakan ketika ada kesempatan. Usahakanlah untuk selalu mengerjakannya walau sesibuk apa pun.

Semoga bermanfaat...

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.