Cara Sederhana Menyambung Selang Pembuangan Air Mesin Cuci

Tak semua rumah terdapat area cuci tersendiri, ketika menggunakan mesin cuci bisa saja panjang selang pembuangan airnya tak sampai pada saluran drainase di rumah. Begini cara sederhana menyambungnya.
Cara Sederhana Menyambung Selang Pembuangan Air Mesin Cuci

Tak semua rumah didesain dengan memperhitungkan tentang bagaimana drainase untuk saluran pembuangan air yang berasal dari mesin cuci. Mungkin dahulu ketika membangun rumah belum mempunyai rencana untuk menggunakan mesin cuci, sehingga ketika memiliki mesin cuci menjadi bingung mau diletakan di mana.

Ketika menentukan lokasi penempatan mesin cuci, berarti juga harus memikirkan bagaimana saluran pembuangan airnya. Jika selang bawaan tidak sampai pada tempat pembuangan air yang ada di rumah, maka jika memungkinkan buatlah saluran drainase baru sehingga terjangkau oleh selang pembuangan air mesin cuci yang panjangnya terbatas itu.

Namun ada cara yang lebih sederhana dengan biaya lebih sedikit yaitu menyambung selang itu sedemikian rupa sehingga dapat menjangkau lubang/tempat pembuangan air yang ada, seperti kamar mandi misalnya.

Lihatlah bagian bawah mesin cuci untuk menyesuaikan arah selang pembuangan air, arahkan ke kanan atau kiri sesuai lokasi dari tempat pembuangan air yang ada di rumah. Jika belum dapat menjangkau ke lokasi yang diinginkan, berarti memang harus menyambungnya.

Belilah selang pembuangan air mesin cuci, biasanya toko bangunan menjualnya sehingga mudah untuk mendapatkannya. Kemudian sediakan juga gunting, lakban, dan gelas plastik kemasan air mineral.

Pertemukan kedua ujung selang yang sama bentuknya, kemudian ukurlah panjangnya setelah disatukan cukup pada permukaannya yang rata saja (biasanya lebih kurang 5,6 cm). Ukur juga panjang lingkar ujung selangnya, bisa menggunakan benang atau apa saja yang penting didapatkan ukuran yang pas.

Selanjutnya potong kedua ujung gelas plastik hingga membentuk lembaran, lalu potong sesuai dengan ukuran dari panjang kedua ujung selang dan lingkarnya. Usahakan juga agar potongan gelas plastik itu dapat bertemu secara tepat ketika dilingkarkan pada kedua ujung selang, jika terdapat celah atau tumpang tindih dapat menyebabkan bocor karena air akan merembes melalui celah itu.

Setelah itu kini saatnya menyambung selang mesin cuci, caranya pertemukan kedua ujung selang lalu bungkuslah menggunakan gelas plastik yang telah dipotong tadi. Rekatkan lakban pada permukaannya secara melingkar beberapa kali putaran agar sambungan kuat.

Jika nantinya ada kebocoran, berarti masih ada celah yang dapat dilalui air. Cara mengatasinya adalah lepaskan sambungan selang dari gelas plastik itu, kemudian rekatkan double tip secara melingkar pada kedua ujung selang. Kemudian pasang kembali sambungan, dijamin tak akan bocor lagi.

Selamat mencoba...

Baca juga :
Klik Desae Fashion atau Sae Galeri untuk melihat beragam produk menarik yang anda butuhkan.
Layanan pembelian disediakan oleh Shopee. Saat anda melakukan pembelian, memungkinkan bagi kami memperoleh komisi affiliasi.
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.