Pilih Kelapa Muda atau yang Tua

Pilih Kelapa Muda atau yang Tua

Pilih Kelapa Muda atau yang Tua

Sepertinya kita sudah tak asing lagi dengan air kelapa, ia ada yang muda dan tua. Penjual air kelapa muda akan banyak dijumpai ketika berwisata di pantai, atau di kota-kota terutama yang bersuhu udara panas.


Berbeda halnya dengan air kelapa tua yang akan lebih mudah ditemui pada penjual kelapa di pasar, karena ia umumnya digunakan untuk membuat santan. Walaupun ada perbedaan dengan kelapa muda, bukan berarti air kelapa tua tak menyegarkan jika diminum.


Memang ada perbedaan antara keduanya sehingga dengan mengetahui perbedaannya akan membantu untuk menentukan pilihan, mana yang dibutuhkan oleh tubuh Anda saat itu.


Kelapa Muda

Daging kelapa muda lebih tipis dan empuk, airnya lebih banyak dan manis bila dibandingkan dengan kelapa tua. Mengandung kalori, gula, protein, lemak, vitamin C, zat besi, dan elektrolit yang tinggi terutama kalium.


Air kelapa muda akan sangat nikmat dan menyegarkan jika dikonsumsi ketika cuaca panas, juga sangat baik untuk mengembalikan cairan tubuh setelah beraktifitas. Jadi bukan hanya kenikmatan saja yang akan didapatkan, namun dehidrasi juga akan teratasi.


Kelapa Tua

Seiring berjalannya waktu semakin bertambah tua umur kelapa di pohon maka kandungan akan semakin lengkap. Ia mengandung karbohidrat, kaya serat, kalori, dan juga kalium. Airnya juga tetap menyegarkan jika diminum, hanya saja rasanya tak semanis dan senikmat air pada kelapa muda.


Bila dibandingkan dengan kelapa muda, kelapa tua airnya lebih sedikit dan dagingnya semakin tebal. Untuk mengkonsumsi dagingnya biasanya akan digunakan untuk membuat santan atau parutan kelapa sebagai pelengkap masakan atau makanan, rasanya enak dan gurih.


Itulah perbedaan kelapa muda dan tua, mana yang Anda pilih tentunya disesuaikan dengan kebutuhan. Ketika dalam suasana panas dan dahaga, kelapa muda sepertinya lebih nikmat dan menyegarkan.


Namun ketika ingin rasa gurih pada makanan atau masakan sekaligus mendapatkan asupan karbohidrat maka kelapa tua lebih tepat dijadikan pilihan, airnya bisa juga diminum untuk menghilangkan dahaga walau rasanya tak seperti kelapa muda.

Load comments