5 Hal tentang Bus Pariwisata yang Perlu Ditanyakan kepada Biro Wisata

Sebagai peserta wisata sebaiknya menanyakan 5 hal tentang bus pariwisata ini kepada pihak biro wisata. Kemudian tuangkan dalam Surat Perjanjian Kerjasama Perjalanan Wisata.
5 Hal tentang Bus Pariwisata yang Perlu Ditanyakan kepada Biro Wisata

Bus pariwisata merupakan salah satu sarana transportasi untuk melakukan perjalanan wisata. Semakin baik kualitasnya tentu akan semakin nyaman dan aman ketika menaikinya, sehingga membuat perjalanan wisata dapat dinikmati dengan baik.

Beda bus bisa berbeda fasilitas dan kenyamanan yang ditawarkan. Fasilitas memang bisa sama, namun tampilan interior dan eksterior bus dapat berbeda.

Sebagai bentuk penawaran dari harga paket wisata, peserta wisata dalam hal ini bisa diwakili oleh panitia dapat menanyakan tentang bus pariwisata yang hendak digunakan kepada pihak biro wisata dan kemudian memilih atau memesan bus tertentu sesuai keinginan.

Silakan tanyakan 5 hal tentang bus pariwisata di bawah ini, kemudian tuangkan dalam Surat Perjanjian Perjalanan Wisata.

Nama dan Foto Bus Pariwisata

Agar memperoleh gambaran secara nyata mengenai bus yang hendak digunakan, silakan tanyakan PO. Bus dan mintalah fotonya baik eksterior maupun interiornya.

Karoseri Bus Pariwisata

Karoseri merupakan jasa pembuatan bodi mobil berserta interiornya. Jadi meliputi interior dan eksterior bus, sehingga berkaitan dengan penampilan, kenyamanan, keseimbangan, dan lain-lain. Maka dari itu beda karoseri bisa beda pula keindahan penampilannya dan kenyamanan ketika menaikinya.

Untuk itu perlu juga mencantumkan karoseri bus dalam surat perjanjian, apakah karoseri adi putro, New Armada, Laksana, Tri Sakti, atau yang lainnya.

Merek/Mesin Bus Pariwisata

Perlu bertanya kepada biro wisata dan kemudian mencantumkannya dalam surat perjanjian, agar kelak bus yang disediakan benar-benar sesuai dengan yang dijanjikan dan disepakati bersama. Mercedez, Scania, dan Hino merupakan merek-merek yang sudah tak asing lagi bagi kita, masing-masing tentu mempunyai kualitas dan kenyamanan yang berbeda-beda.

Tahun Pembuatan Bus Pariwisata

Tahun pembuatan menjadi salah satu hal yang penting, karena semakin muda tahunnya berarti bus akan semakin baru sehingga secara umum performa dan kenyamanannya tentu akan berbeda. Jadi silakan tanyakan juga tahun pembuatannya.

Fasilitas Bus Pariwisata

Silakan tanyakan juga mengenai fasilitasnya, seperti: bantal, selimut, WiFi, jumlah monitor televisi, dan lain-lain.

Setelah pertanyaan-pertanyaan itu terjawab dan disanggupi oleh pihak biro wisata, catatlah dan ketika telah terjadi kesepakatan silakan tuangkan dalam surat perjanjian bersama kesepakatan-kesepakatan yang lainnya. Perlu juga ditanyakan tentang ganti rugi jika pihak biro tidak bisa menyediakan bus pariwisata sesuai dengan apa yang telah disepakati bersama.

Jangan lupa tanyakan juga denah tempat duduknya, beda bus bisa berbeda denahnya. Hal ini dapat disebabkan karena posisi pintu belakang yang berbeda, ada yang agak di tengah namun ada juga seperti pada bus umumnya yaitu dibelakang.

Untuk kelancaran buatlah kesepakatan paling tidak minimal 1 (satu) bulan sebelum waktu pelaksanaan, hal ini untuk memberikan kelonggaran bagi biro wisata untuk memenuhi atas apa yang telah disanggupi dan disepakati bersama.

Tentu saja jika lebih dari 1 (satu) bulan akan lebih baik karena pada bulan-bulan tertentu akan banyak sekali dibutuhkan bus pariwisata, seperti pada musim liburan misalnya sehingga bisa saja akan sulit mendapatkan bus pariwisata sesuai dengan yang telah disepakati.

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.