Cara Sederhana Membasmi Rayap di Rumah

Rayap merupakan hewan pemakan kayu yang dahsyat. Gunakan salah satu dari 5 benda ini untuk membasminya, jangan tunggu material bangunan dan perabotan rumah yang terbuat dari kayu habis digerogotinya.
Cara Sederhana Membasmi Rayap di Rumah

Masalah dapat terjadi pada kayu bukan hanya pelapukan saja, namun rayap juga dapat menjadi ancaman yang dapat datang kapan saja. Rayap merupakan hewan yang hidup secara berkoloni ini sering tanpa disadari kehadirannya di rumah, ia adalah si pemakan kayu yang dahsyat. Maka jika telah diketahui keberadaannya haruslah segera di basmi.

Tak bisa dipungkiri bahwa akan banyak sekali material bangunan maupun perabotan rumah yang terbuat dari kayu. Seperti rangka atap rumah, sekat ruang, kusen beserta daun pintu dan jendela, meja, kursi, lemari, pigura, hingga pernak-pernik hiasan di rumah, dan sebagainya.

Jika ada material kayu di rumah yang telah terserang rayap, maka dapat merembet pada barang-barang lainnya seperti pakaian misalnya.

Membasmi rayap memang kadang dapat menjadi hal yang tak mudah, ini tergantung dari tingkat keparahannya. Jika memang telah mengkhawatirkan baiknya menggunakan jasa tenaga pembasmi rayap yang memang telah ahli di bidangnya.

Atau sebelumnya dapat mencoba membasminya sendiri lebih dulu dengan cara sederhana menggunakan benda-benda seperti berikut ini:

Minyak Tanah

Ternyata minyak tanah dapat dijadikan media pengusir rayap. Caranya cukup oleskan pada kayu yang terserang rayap. Sebagai tindakan pencegahan akan lebih baik lagi jika mengoleskannya sebelum material itu digunakan.

Garam dan temb@kau

Caranya dengan melarutkan keduanya menggunakan air, kemudian semprotkan pada material yang terserang rayap/sarangnya secara merata.

Air Bekas Cucian Beras

Jangan buang begitu saja air bekas untuk mencuci beras, karena ternyata dapat digunakan sebagai pembasmi rayap. Caranya dengan menyemprotkan pada sarang/material yang terserang rayap.

Oli Bekas

Baiknya sekali-kali Anda menyimpan oli bekas kendaraan setelah menggantinya karena dapat dijadikan sebagai pembasmi rayap. Oleskan pada tempat yang menjadi sarang rayap, maka bukan hanya membasminya namun ini juga akan menjaga agar tidak terserang kembali.

Pestisida

Selain bahan-bahan di atas, dapat menggunakan pestisida yang memang diciptakan sebagai pembasmi rayap.

Itulah beberapa cara untuk membasmi rayap, jika memang tidak maksimal berarti memang harus menggunakan jasa profesional untuk membasminya.

Selalu pilihlah kayu yang berkualitas untuk material dan perabotan rumah. Ada baiknya juga jika melapisinya dengan anti rayap, agar terbebas dari hewan si pemakan kayu yang dahsyat itu.

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.