Rasa Pare Memang Pahit tapi Inilah Manfaatnya Bagi Kesehatan

Rasa Pare Memang Pahit tapi Inilah Manfaatnya Bagi Kesehatan

Rasa Pare Memang Pahit tapi Inilah Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ketika terdengar kata sayur pare, dalam benak orang yang tak menyukainya pasti terbayang rasa pahitnya. Rasa pahit inilah yang membuat tidak semua orang mau menyantapnya.


Pare (Momordica charantia) merupakan tumbuhan merambat dengan bentuk buah yang panjang, lonjong, dan meruncing pada ujungnya, serta tekstur permukaannya bergerigi. Dibalik rasanya yang pahit, ternyata pare bermanfaat untuk kesehatan sehingga tak rugi jika mengkonsumsinya.


Berikut beberapa manfaat pare untuk kesehatan:


Mengatasi Diabetes

Pare mengandung efek hipoglikemik yaitu kadar gula yang rendah. Kandungan insulin didalamnya bermanfaat sebagai pengontrol diabetes secara alami. Rasa pahit pada pare akan meningkatkan penyerapan gula sehingga dapat mempengaruhi kadar gula dalam tubuh.


Menjaga kesehatan jantung

Mengkonsumsi jus pare sangat baik bagi kesehatan jantung. Kandungan di dalamnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat pada darah yang menghambat saluran arteri, sehingga akan mengurangi terhadap resiko serangan jantung juga stroke.


Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan dan vitamin c pada pare bermanfaat sebagai pertahanan tubuh dalam menghadapi penyakit, sehingga mengkonsumsinya baik untuk menjaga kesehatan.


Baik untuk mata

Terdapat kandungan beta karoten dan vitamin A pada pare yang berguna untuk kesehatan mata. Jadi mengkonsumsi pare secara rutin akan menyehatkan penglihatan.


Melancarkan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada pare bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mengkonsumsinya juga baik untuk mengatasi sembelit.


Menurunkan berat badan

Selain baik untuk pencernaan, pare merupakan sayuran rendah kalori, lemak, dan karbohidrat. Mengkonsumsinya akan membuat kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan dapat terkontrol dan dikendalikan. Hal ini akan bermanfaat untuk menurunkan berat badan bagi yang sedang menjalani program diet.


Mencegah penuaan dini

Pare mengandung antioksidan, vitamin A, dan vitamin C, mengkonsumsi pare baik bagi kesehatan kulit tubuh sehingga dapat mencegah penuaan dini serta mengurangi keriput pada kulit.


Itulah beberapa manfaat pare, tentu saja masih banyak lagi manfaat lain yang terkandung di dalamnya.

Load comments