Tips Cara Menghemat Penggunaan BBM pada Kendaraan Bermotor

Tips Cara Menghemat Penggunaan BBM pada Kendaraan Bermotor

Tips Cara Menghemat Penggunaan BBM pada Kendaraan Bermotor

Bahan Bakar Minyak atau yang disingkat BBM yang berasal dari minyak bumi merupakan sumber energi untuk bahan bakar kendaraan bermotor yang tidak dapat diperbaharui, sehingga persediaannya tentu saja terbatas.


Entah harga BBM murah atau pun mahal, entah orang kaya maupun yang termasuk golongan menengah ke bawah memang sudah sepantasnya jika berusaha untuk menghematnya. Apalagi kini harga BBM memang tak murah lagi, sehingga berusaha untuk tidak boros merupakan tindakan yang bijak.


Berikut cara sederhana menghemat BBM pada kendaraan bermotor:


Gunakan kendaraan seperlunya

Terutama untuk pemilik sepeda motor, banyak dari mereka yang enggan jalan kaki sekalipun untuk jarak yang sebenarnya begitu dekat. Lain halnya jika karena masalah waktu atau urusan yang mengharuskan untuk segera sampai tempat tujuan.


Jadi jika memungkinkan tanpa harus menggunakan kendaraan bermotor, jalan kaki atau bersepeda selain dapat menghemat penggunaan bensin yang juga menyehatkan sekaligus ramah lingkungan bukan?


Gunakan BBM beroktan tinggi

BBM beroktan tinggi akan membuat pembakaran lebih sempurna bila dibandingkan dengan yang beroktan rendah. Jadi pilihlah yang beroktan tinggi agar konsumsi bahan bakar kendaraan lebih hemat.


Merawat mesin secara berkala

Merawat mesin secara rutin dan mengganti komponen yang telah aus akan memperbaiki performanya. Selain mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara, performa kendaraan akan mempengaruhi efisiensi konsumsi bahan bakar.


Jaga tekanan udara pada ban sesuai standar

Tekanan udara/angin pada ban yang kurang akan membuat putaran roda menjadi berat, laju kendaraan menjadi lambat, mesin pun menjadi terbebani. Kurangnya angin ini dapat membuat boros pemakaian bahan bakar, keselamatan penumpang juga kurang terjaga karena jika tiba-tiba ban pecah bisa membahayakan.


Pilih oli/pelumas yang berkualitas

Pemilihan pelumas yang sesuai dan berkualitas akan mempengaruhi performa mesin, karena gesekan mesin menjadi lebih halus sehingga mesin bekerja lebih ringan. Kondisi ini akan membuat konsumsi bahan bakar lebih hemat.


Berkendara dengan kecepatan stabil

Cara berkendara dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar pada kendaraan, usahakan untuk berkendara dengan kecepatan stabil agar tidak boros bahan bakar.


Hindari area kemacetan

Jika memungkinkan hindari area kemacetan, karena ketika berada pada lalu lintas yang macet membuat kendaraan harus berhenti dan jalan secara berulang-ulang. Kondisi seperti ini dapat membuat pemakaian bahan bakar kendaraan menjadi lebih boros.


Nyalakan AC seperlunya

Ketika suhu udara tidak terlalu terik, mematikan AC pada kendaraan dapat menghemat bahan bakar. Namun sebaliknya, ketika berkendara di jalan tol sebaiknya tetap menyalakan AC. Ketika melaju dengan kecepatan tinggi dan jendela dalam keadaan terbuka, justru angin akan masuk ke dalam mobil dan dapat membebani laju kendaraan sehingga mesin lebih berat bekerja yang pada akhirnya akan membuat lebih boros bahan bakar.


Itulah beberapa cara untuk menghemat pemakaian BBM yang bersumber dari minyak bumi. Menghematnya berarti juga akan mengurangi pengeluaran uang Anda, lingkungan pun juga aman dari polusi udara.


Lebih irit pengeluaran jika mengisi bensin pada pagi hari itu mitos apa fakta?


Sering kita mendengar jika mengisi bensin dipagi hari dapat menghemat pengeluaran, alasannya pada pagi hari suhu udara masih dingin sehingga bensin tidak memuai atau lebih padat.


Faktanya bensin memang bisa memuai karena pengaruh temperatur. Namun tangki penyimpanan BBM pada pompa bensin terletak di bawah tanah dan sudah diatur pula pula sedemikian rupa sehingga temperatur BBM tetap terjaga.


Sehingga pengaruhnya sangatlah kecil terhadap perbedaan ketika mengisi bensin selain dipagi hari, apalagi untuk sepeda motor yang hanya mengisi beberapa liter saja. Mungkin akan berbeda untuk mobil yang mengisi dalam jumlah banyak.


Terlepas dari mitos atau fakta itu, tidak ada salahnya jika mengisi bensin dipagi hari dengan harapan agar pengeluaran lebih irit. Walaupun perbedaan untuk pembayarannya hanya beberapa rupiah saja.

Load comments