Cara Mengatasi Sambungan T Pipa PVC Bocor pada Area Sikunya

Cara mengatasi sambungan pipa PVC yang bocor pada area sikunya.

Air dapat merembes melewati celah yang sangat kecil sekalipun. Sambungan pipa PVC yang mengalami keretakan atau berlubang pada sisinya walau sekecil jarum dapat menjadi jalan bagi air sehingga akan terjadi kebocoran.

Kebocoran ditandai dengan adanya rembesan air, bahkan karena tekanan air yang teramat besar bisa memancarkan air dengan begitu deras. Pada malam hari suara desisan dari kebocoran itu akan semakin keras terdengar.

Salah satu kebocoran yang dapat terjadi adalah pada bagian sambungan pipa PVC. Untuk mengatasinya ada beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti mengganti dengan sambungan yang baru, menambalnya, atau jika memungkinkan bisa pula dengan mengikatnya dengan karet.

Cara Mengatasi Sambungan T Pipa PVC Bocor pada Area Sikunya

Menggantinya dengan yang baru memanglah cara yang paling baik untuk mengatasi kebocoran itu, namun jika kebocoran terjadi pada sambungan “T” maka mengantinya berarti harus menyediakan setidaknya 1 sambungan “T” yang baru, 3 sambungan pipa yang lurus, dan beberapa cm pipa PVC. Jika itu merepotkan, maka bisa mencoba untuk menambalnya.

Seperti yang tampak pada foto di atas, terjadi kebocoran sambungan “T” pipa PVC tepatnya pada area siku/belokannya. Jika ingin menambalnya berikut alat dan bahan yang harus dipersiapkan:

  • Gunting
  • Lem G, Alteco, atau sejenisnya
  • Selang sepanjang 6 cm
  • Lem silikon (jika ada)

Cara menambal:

Potong selang menjadi 2 bagian, sehingga panjang masing-masing selang menjadi 3 cm. Kemudian gunting masing-masing potongan selang hingga membentuk lembaran dan potong ujungnya hingga bentuknya sesuai dengan permukaan bagian bawah sambungan “T” pipa PVC.

Berikan lem pada area pipa yang bocor/retak/berlubang dan potongan selang, kemudian tempelkan selang secara vertikal pada area pipa yang bocor. Pastikan pipa yang terdapat kebocoran benar-benar telah tertutup. Perlu diketahui jika tekanan air PAM sangatlah kuat, apalagi pada malam hari ketika sedikit konsumen yang menggunakan air.

Setelah itu, berikan kembali lem pada sisi-sis potongan selang yang telah ditempelkan, pastikan lem telah merata dan selang telah melekat dengan sempurna.

Selanjutnya berikan lem pada potongan selang yang kedua, tempelkan secara horisontal tepat menempel pada potongan selang yang pertama. Langkah-langkahnya sama seperti saat menempelakan potongan selang yang pertama.

Cara Mengatasi Sambungan T Pipa PVC Bocor pada Area Sikunya

Setelah lem kering, langkah selanjutnya adalah berikan lem silikon secara merata pada area tambalan.

Itulah cara menambal sambungan pipa PVC yang bocor pada area sikunya. Namun jika cara ini tidak berhasil, berarti memang sebaiknya menggantinya dengan yang baru.

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.