Ini Bedanya Tour Leader dan Tour Guide

Mungkin banyak orang menganggap sama, ternyata antara tour leader dan tour guide itu beda.
Ini Bedanya Tour Leader dan Tour Guide

Ketika berwisata terlebih lagi jika menggunakan jasa biro wisata, sering kita mendengar istilah tour leader dan tour guide. Mungkin banyak yang mengira jika keduanya sama, namun anggapan itu ternyata tidak benar.

Atau mungkin juga sudah tahu ada perbedaan jika dari namanya, namun mengira jika tanggung jawabnya sama.

Antara tour leader dan tour guide tidaklah sama, keduanya memiliki perbedaan. Masing-masing memiliki tanggung jawab dan pengetahuan yang harus dikuasai yang berbeda, sehingga pekerjaan yang dilakukan keduanya akan berbeda pula. Namun seorang tour leader bisa sekaligus menjadi tour guide.

Berikut penjelasan singkat tentang keduanya:

Tour Leader

Sering disingkat dengan nama TL, seorang Tour Leader (TL) merupakan pemimpin rombongan wisata, biasanya istilah TL ini sering kita temui ketika menggunakan jasa biro wisata.

Seorang tour leader bertanggung jawab terhadap kelancaran kegiatan wisata yang dipimpinnya, dari mulai pemberangkatan hingga nanti kembali sampai titik keberangkatan semula. Jadi ia wajib mengikuti seluruh rangkaian kegiatan wisata yang dipimpinnya, karena urusan transportasi, konsumsi, penginapan (jika menginap), tiket masuk obyek wisata, dan akomodasi lainnya menjadi tanggung jawabnya.

Tour leader inilah yang mengatur rangkaian kegiatan wisata agar dapat berjalan lancar sesuai jadwal perencanaan (itinerary) yang telah dibuat dan membimbing serta memastikan seluruh perserta dalam keadaan baik.

Tentu saja jadwal itu bisa berubah karena situasi dan kondisi pada saat tour berlangsung atau karena adanya kesepakatan baru dengan seluruh peserta pada waktu itu. Seperti perubahan tujuan destinasi wisata karena adanya jalan longsor menuju tempat wisata yang telah direncanakan misalnya.

Seorang TL sebaiknya menguasai bahasa asing dan dapat berkomunikasi dengan baik. Akan tetapi ia tidak wajib mengusai/mengetahui tentang sejarah, budaya, serta seluk beluk destinasi wisata dan kota-kota yang dikunjungi. Sehingga ia tidak berkewajiban menyampaikan/menjelaskan tentang itu semua kepada para peserta wisata yang dipimpinnya.

Tour Guide

Seorang tour guide atau pemandu wisata dituntut memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas tentang sejarah, budaya, dan seluk beluk daerah/kota dan destinasi wisata tertentu yang selalu up date, karena merupakan tugasnya untuk memaparkan/menjaskan tentang semua itu kepada peserta wisata yang menyewa jasanya.

Tour guide seharusnya menguasai bahasa asing dan dapat berkomunikasi dengan baik, agar dapat memaparkan dengan baik.

Tidak seperti dengan tour leader yang harus mengikuti rangkaian tour dari keberangkatan hingga kembalinya nanti, pemandu wisata hanya bersama rombongan wisata untuk waktu tertentu saja.

Sebagai contoh ketika berwisata ke Candi Borobudur misalnya, wisatawan dapat menggunakan jasa pemandu wisata untuk menjelaskan berbagai hal yang berkaitan dengan Candi Borobudur. Setelah tugas selesai maka selesai sudah tanggung jawab dari tour leader.

Ketika berwisata ke Bali, biasanya dari pihak biro wisata akan menyewakan jasa tour guide untuk menemani rombongan wisata dan menjelaskan tentang destinasi wisata tujuan serta sejarah, budaya, dan seluk beluknya. Pemandu wisata ini akan selalu bersama rombongan dari tempat wisata yang satu ke tempat wisata yang lainnya yang berada di pulau Bali, jadi nantinya di dalam bus pariwisata akan ada tour leader dan tour guide.

Ketika tempat-tempat wisata di Bali telah selesai dikunjungi sesuai dengan jadwal perencanaan yang telah dibuat oleh tour leader, maka selesai sudah tugas yang menjadi tanggung jawab seorang pemandu wisata.

Simpulan

Antara tour leader dan tour guide memanglah mirip sehingga banyak yang mengira jika keduanya sama. Ada perbedaan tugas dan tanggung jawab, serta pengetahuan dan wawasan yang harus dikuasai oleh keduanya.

Secara singkat tour leader merupakan pemimpin rombongan wisata yang bertanggung jawab terhadap kelancaran perjalanan wisata dari keberangkatan hingga kembali lagi ke titik semula. Urusan transportasi, konsumsi, penginapan, tiket obyek wisata, dan akomodasi lainnya menjadi tanggung jawabnya.

Sedangkan tour guide atau pemandu wisata mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk memaparkan/menjelaskan tentang seluk beluk destinasi wisata tujuan. Jadi ia akan bersama rombongan wisata untuk waktu tertentu saja.

Itulah perbedaan antara tour leader dan tour guide, semoga bermanfaat...

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.