Tips Memilih Kursi Tamu

Tips Memilih Kursi Tamu

Tips Memilih Kursi Tamu

Mendesain dan menata ruang tamu perlu mempertimbangkan berbagai elemen pembentuk ruang ini, agar sesuai dengan konsep rumah maupun luas ruangannya. Ketika terjadi perpaduan yang pas, maka akan didapatkan keindahan dan kenyamanan.


Kursi tamu merupakan salah satu elemen pembentuk ruang tamu, maka ketika hendak membelinya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Agar nantinya dapat dipilih sesuai dengan konsep rumah, baik model dan warnanya, juga bentuk dan ukurannya sesuai dengan luas ruang yang ada.


Kursi tamu bukan hanya diperuntukan untuk tamu saja, namun bisa digunakan untuk bersantai, berkumpul dengan keluarga, ketika membaca buku, atau ketika bersosmed ria menggunakan laptop maupun smartphone.


Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih kursi tamu:


Konsep rumah


Memanglah hal ini tidaklah wajib, namun menyesuaikan kursi tamu dengan konsep rumah itu lebih baik karena akan tercipta perpaduan diantara keduanya. Misalnya untuk rumah dengan konsep minimalis, maka pilihlah kursi tamu yang bergaya minimalis pula.


Luas ruang tamu dan ukuran kursi tamu


Antara luas ruang tamu dan ukuran kursi tamu juga harus disesuaikan, maka perhatikan ukuran keduanya. Kursi tamu yang besar jika diaplikasikan pada ruang tamu yang sempit, tentu saja akan membuat ruang menjadi sesak sehingga membuat aktifitas menjadi tidak leluasa.


Ruang tamu yang sesak juga tidak nyaman di mata, karena akan menciptakan kesan sumpek. Maka ketika hendak membeli kursi tamu, ukurlah terlebih dahulu berapa panjang dan lebar ruang tamu yang ada. Kemudian perkirakan ukuran kursi tamu yang sesuai, agar terjadi perpaduan ukuran yang pas diantara keduanya.


Penataan kursi tamu


Rencanakan bagaimana akan menata kursi tamu, apakah lurus, letter L, atau saling berhadapan. Misalnya untuk ruang tamu yang sempit dan memanjang, bisa menata kursi tamu secara lurus atau berbentuk letter L, bisa juga mengaplikasikan model kursi tamu sudut.


Warna dan motif kursi tamu


Kursi tamu merupakan salah satu elemen pembentuk warna ruang, maka sesuaikan antara warna keduanya. Tak harus sama, bisa memilih dengan warna yang kontras. Untuk motifnya pilih juga yang sesuai dengan tema ruangnya, terutama yang memilh sofa sebagai kursi tamu.



Material kursi tamu


Ada banyak pilihan material kursi tamu, seperti kayu utuh, kombinasi antara kayu atau logam dengan busa yang dibungkus kain, atau sofa dimana kayu hanya sebagai rangka saja.


Sebaiknya pemilihan material kursi tamu disesuaikan dengan konsep rumahnya. Misalnya jika rumah bergaya klasik maka kayu secara utuh dapat menjadi pilihannya.


Perhatikan kenyamanan


Kenyamanan menjadi sangat penting, maka ketika membeli cobalah untuk mendudukinya kemudian rasakan apakah nyaman atau tidak. Jadi jangan hanya fokus pada modelnya saja, tapi perhatikan juga kenyamanannya.


Baca juga: Cara Tepat Memilih Sofa yang Pas untuk Rumah


Kualitas dan harga


Semakin berkualitas tentu saja bisa lebih awet, namun kualitas dan harga sepertinya memang tak terpisahkan, karena semakin berkualitas biasanya akan semakin mahal. Memang hal ini tidak sepenuhnya benar, ada juga kursi tamu yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Banyak juga toko furniture yang menyediakan barang berkualitas dengan harga yang bersaing.


Maka carilah informasi dimana toko furniture yang menjual barang berkualitas dengan harga yang bersaing. Jika telah menemukan kursi tamu sesuai dengan kriteria yang Anda maksud, dan ternyata budget belum mencukupi maka jangan paksakan untuk membelinya.


Janganlah terburu-buru membeli kursi tamu, agar puas juga pas dikantong. Tidak ada salahnya menunggu beberapa saat agar kursi tamu yang diinginkan dapat dibeli. Siapa tahu ketika uang sudah terkumpul lebih banyak, ada model terbaru dengan kualitas yang lebih baik. Semakin banyak budgetnya, tentu saja akan lebih leluasa dalam memilih kursi tamu.


Manggunakan jasa tukang pembuat kursi tamu


Hal ini dapat menjadi pilihan ketika menginginkan kursi tamu dengan budget yang minim, yaitu dengan menggunakan jasa tukang pembuat kursi tamu. Anda dapat memesan sesuai dengan model dan ukuran yang diinginkan. Bahkan dapat juga memilih kualitas materialnya, sehingga dapat disesuaikan dengan budgetnya.


Itulah tips memilih kursi tamu, semoga bermanfaat.

Load comments