Inilah Keistimewaan Unta

Inilah Keistimewaan Unta

Inilah Keistimewaan Unta

Suasana padang pasir atau gurun akan sangat panas pada siang hari dan akan berubah pada malam hari menjadi dingin sekali. Selain suhu udara yang ekstrim, badai pasir merupakan sesuatu yang ganas dan mematikan.


Terbayang bukan betapa sulitnya ketika melakukan perjalanan melewati padang pasir yang sangat luas?


Ketika mendengar kata unta, banyak orang yang langsung terbayang dengan padang pasir. Memanglah hewan ini menjadi kendaraan utama ketika melintasi hamparan pasir yang seperti tak bertepi itu. Unta sepertinya telah menjadi simbol bagi kehidupan di sana.


Tak hanya fisik yang kuat, ternyata Allah SWT memberikan keistimewaan pada unta. Sehingga ini menjadi penunjang baginya menjadi hewan yang tangguh sebagai kendaraan tunggangan dan angkutan barang pada padang pasir.


Keistimewaan-keistimewaan yang dimiliki unta itu menjadi fakta-fakta menarik untuk disimak, Sungguh unta diciptakan oleh Allah SWT dengan bentuk tubuh dan anggota badan yang sesuai dengan lingkungan hidupnya yaitu di padang pasir.


“Maka tidakkah mereka memperhatikan unta, bagaimana diciptakan?” (QS. Al Gasyiyah: 17)


Mulut Unta


Hewan pemakan rumput, gandum, dan kurma ini juga dapat memakan kaktus. Seperti yang kita ketahui, kaktus adalah tumbuhan padang pasir yang berduri.


Unta memiliki bibir yang keras namun lentur, langit-langit mulutnya juga keras, dan di dalam mulutnya terdapat papila yang berfungsi untuk memanipulasi agar makanan dapat mengalir kesatu arah.


Putaran kunyahan dari gigi unta membagi tekanan pada kaktus ke papila, kemudian papila menggeser duri-duri kaktus secara vertikal ke bawah tenggorokan. Maka dengan cara ini, ujung duri kaktus yang tajam tidak menusuk ketika ditelan.


Punuk Unta


Dalam sekali makan, unta dapat melahap makanan sekitar 30 hingga 50 kg. Sedangkan ketika minum, dalam waktu sepuluh menit unta dapat meminum air sebanyak sepertiga dari berat badannya.


Unta termasuk dalam marga Camelus, seperti yang sering kita lihat dimana hewan ini terdapat dua jenis yaitu berpunuk satu dan berpunuk dua.


Unta dapat bertahan hidup tanpa makanan dan minuman dalam beberapa hari. Punuk unta merupakan gundukan lemak sebagai tempat menyimpan persediaan makanan baginya, yaitu ketika terjadi kekurangan makanan maka lemak akan diubah menjadi sumber tenaga.


Hewan ini juga mampu menghemat penggunaan air dengan memaksimalkan pengaliran urea ke dalam darah secara berulang-ulang. Urea merupakan ampas yang disaring tubuh melalui ginjal atau saringan sejenisnya. Pada manusia atau hewan lainnya justru menggunakan urea ke dalam darah dapat mengakibatkan keracunan tapi tidak bagi unta.


Mata Unta


Unta tetap dapat melihat walau dengan mata tertutup, karena kelopak matanya dapat tembus cahaya (transparan). Kelopak mata dan lapisan bulu matanya yang tebal dan panjang berfungsi untuk melindungi matanya dari terpaan pasir.


Hidung Unta


Unta dapat menutup lubang hidungnya untuk mencegah masuknya pasir ketika terjadi badai pasir, sehingga pernafasannya tidak terganggu.


Telinga Unta


Untuk hewan sebesar unta, ukuran telinganya termasuk kecil. Namun walaupun memiliki sepasang telinga yang berukuran kecil, unta memiliki pendengaran yang baik.


Kaki Unta


Kakinya yang panjang berguna untuk menjauhkan tubuhnya dari permukaan pasir yang panas. Telapak kakinya lebar dan tebal dengan empat bantalan lemak serta memiliki dua jari kaki, dengan sturktur telapak kaki seperti ini membuatnya mampu mencengkeram dengan baik.


Sehingga walaupun membawa beban yang berat, hewan ini dapat menahan tubuhnya agar tidak tenggelam ke dalam pasir.


Kulit dan Rambut Unta


Tubuh unta tertutup oleh kulit yang tebal dan rambut yang lebat berfungsi agar ketika duduk tidak membuat kulitnya terbakar, sementara pada malam hari yang sangat dingin kulit dan rambut itu berfungsi untuk membuatnya tetap hangat sehingga tidak kedinginan. Kulitnya pun juga dapat dimanfaatkan, seperti untuk kemah misalnya.


Daging dan Susu Unta


Selain digunakan sebagai kendaraan transportasi baik sebagai tunggangan atau pengangkut barang, daging unta dan air susunya menjadi bahan makanan yang lezat untuk dikonsumsi oleh manusia.


Itulah keistimewaan-keistimewaan yang ada pada hewan unta. Allah SWT memperlihatkan begitu banyak tanda-tanda kekuasan-Nya dihadapan manusia, salah satunya adalah pada penciptaan unta ini.


Semoga bermanfaat...


Referensi:

islampos.com

nationalgeographic.grid.id

Load comments