Inilah Mobil Masjid yang Canggih Punya Jepang

Inilah Mobil Masjid yang Canggih Punya Jepang

Inilah Mobil Masjid yang Canggih Punya Jepang

Adalah Jepang, negara yang menjadi tuan rumah untuk Olimpiade yang akan digelar pada tahun 2020. Perlombaan olah raga empat tahunan ini akan diselenggarakan di Tokyo, mulai 24 Juli hingga 9 Agustus 2020.


Bukan hanya mempersiapkan pelbagai infrastruktur dan fasilitas-fasilitas sebagai penunjang dalam penyelenggaraan olimpiade saja. Tampaknya Jepang juga memperhatikan aspek keagamaan, sebagai wujud untuk menunjukan keramahtamaan atau “omotenashi” dalam bahasa Jepang.


Hal ini dibuktikan dengan disiapkannya “Mobil Masjid” yang modern dan canggih, fasilitas ibadah ini diperuntukan sebagai tempat untuk menunaikan salat bagi para atlet dan turis muslim yang menonton pelbagai laga pertandingan olah raga.


Bukan karena di sana tidak ada masjid, mobil masjid ini sebagai antisipasi jika masjid-masjid yang ada tidak mencukupi karena banyaknya atlet dan turis muslim pada perhelatan olah raga 4 tahunan ini. Bahkan sebenarnya Jepang juga telah menyediakan fasilitas-fasilitas yang difungsikan sebagai tempat salat.


Selain sebagai antisipasi jika masjid yang ada tidak mencukupi, kehadiran mobil masjid ini dapat memudahkan para atlet dan turis muslim yang hendak menunaikan salat.


Mobil masjid yang modern dan canggih ini merupakan truk kontainer yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menjadi tempat salat. Selain dilengkapi dengan pendingin udara (AC), samping kanan dan kiri mobil ini dapat melebar secara otomatis sehingga ruangannya mampu menampung 50 orang.


Sedangkan pintu masuk terletak di bagian belakang mobil, berikut tangga yang dilengkapi dengan atap. Mobil masjid ini juga dilengkapi dengan tempat wudu.


Bukan itu saja, mobil masjid ini rencananya juga akan dilengkapi dengan kompas sebagai penunjuk arah kiblat. Dengan demikian tak perlu khawatir mengenai arah kiblat.


Truk yang dimodifikasi menjadi masjid ini dikenalkan kepada publik di kota Toyota. Untuk pembuatan satu mobil masjid membutuhkan biaya sekitar 100 juta Yen atau sekitar 13 milyar Rupiah. Proyek ini melibatkan para mahasiswa muslim yang kuliah di Jepang pada Universitas Yamaguchi.


Itulah masjid mobil yang modern dan canggih, namanya juga mobil sehingga dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Load comments