Macam-Macam Jenis Sofa

Ketahui jenis-jenis sofa sebelum membelinya, agar sofa yang dimiliki benar-benar sesuai dengan kebutuhan, serta ukuran dan tema ruangnnya.
Macam-Macam Jenis Sofa

Sebelum membeli sofa ada baiknya jika mengetahui jenis-jenis sofa terlebih dahulu. Bukan hanya model dan ukurannya saja yang perlu diperhatikan, agar nantinya dapat sesuai dengan tema dan fungsi ruang dimana “kursi empuk” itu ditempatkan.

Pada dasarnya sofa difungsikan sebagai tempat duduk, namun ada sofa yang dapat digunakan untuk fungsi yang lainnya seperti untuk bersantai seorang diri hingga sebagai tempat tidur.

Berikut jenis-jenis sofa yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda:

Sofa Minimalis

Sesuai dengan namannya yaitu minimalis yang berarti sederhana, sofa jenis ini dapat ditempatkan untuk ruang tamu maupun ruang keluarga yang berukuran sempit. Berbentuk lurus dan terkesan tegas dan tampak modern dengan meminimalisir adanya lengkungan, membuat kursi yang empuk ini cocok untuk rumah yang bertema minimalis.

Sectional Sofa

Dalam satu set terdiri dari beberapa sofa yang dapat disusun membentuk letter “L” layaknya kursi sudut, itu berarti dapat membentuk sudut siku sehingga dapat menghemat ruang. Apalagi dapat diubah bentuk susunannya sesuai dengan kebutuhan, membuatnya dapat ditata sesuai dengan kondisi ruangnya. Sofa jenis sectional ini dapat ditempatkan di ruang tamu, namun lebih cocok untuk ruang keluarga.

Sofa Kursi

Merupakan kursi kayu/logam rasa sofa yaitu adanya perpaduan antara material kayu/logam dan sofa. Model dan bentuknya seperti kursi kayu/logam pada umumnya, hanya saja untuk tempat duduk dan sandaran badan dilapisi dengan sofa yang empuk.

Macam-Macam Jenis Sofa

Untuk sandaran tangan dikedua sisinya ada yang menggunakan kayu/logam, ada juga yang dibalut dengan material sofa. Jadi pada jenis sofa kursi elemen kayu/logam tetap ditonjolkan walau hanya pada bagian-bagian tertentu saja.

Tempat Tidur Sofa

Bentuknya seperti sofa pada umumnya, namun sofa ini selain untuk tempat duduk juga dapat difungsikan sebagai tempat tidur. Sofa jenis ini cocok ditempatkan pada ruang keluarga karena dapat dijadikan sebagai tempat duduk juga dapat dijadikan sebagai alas tidur, atau untuk sekedar bersantai sambil membaca buku misalnya.

Untuk mengubahnya dari tempat duduk menjadi tempat tidur ada berbagai cara, tergantung dari model sofa itu sendiri. Seperti dengan cara membentangkan lapisan bagian bawah sofa, merebahkan sandaran sofa, melepaskan ikatan pada kanan dan kirinya hingga sofa menjadi terbentang layaknya sebuah kasur busa, mengeluarkan lipatan dari dalam sofa, dan lain-lain.

Sofa Armchair

Merupakan sofa single seater, sehingga diperuntukan sebagai tempat duduk untuk satu orang. Dengan tempat duduk dan sandaran yang empuk serta dilengkapi dengan sandaran tangan di kedua sisinya, sofa jenis ini cocok untuk ditempatkan di ruang tidur atau tempat yang bersifat privasi lainnya.

Sofa Recliner

Pada dasarnya sama dengan sofa armchair, perbedaan adalah pada sofa ini terdapat sandaran untuk kaki. Ketinggian tempat duduk dan sandaran kaki serta kemiringan sandaran untuk badan dapat diatur sesuai dengan kebutuhan, membuat sofa ini nyaman digunakan untuk bersantai sambil membaca buku, mendengarkan musik, atau ketika berpikir, dan lain-lain.

Itulah berbagai macam jenis sofa yang dapat diletakan pada ruang tamu, ruang keluarga, ruang tidur atau ruang yang bersifat privasi lainnya sesuai dengan kebutuhan tanpa mengabaikan dari fungsinya.

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.