Tidak Semua Orang Tahu Kepanjangan dari Singkatan-Singkatan Ini

Kepanjangan dari ATM, BH, CCTV, DP, DVR, GPS, HP, HVS, Internet, Laser, LCD, LED, LPG, NB, OK, PDF, PIN, ROBOT, VIP, VVIP, WC, WiFi, WWW,
Tidak Semua Orang Tahu Kepanjangan dari Singkatan-Singkatan Ini

Disekitar kita, dalam kehidupan sehari-hari sering dijumpai berbagai singkatan-singkatan. Baik itu singkatan nama suatu benda, peralatan, atau suatu hal yang lainnya.

Walaupun telah akrab dalam aktifitas sehari-hari, telah biasa membaca, mendengar, bahkan sering mengucapkan hingga pernah menulisnya, belum tentu semua orang tahu kepanjangan dari singkatan-singkatan itu.

Mungkin di bawah ini ada singkatan yang Anda juga belum tahu kepanjangannya:

ATM

Nah kalau ATM merupakan kependekan dari Anjungan Tunai Mandiri, tetapi kalau dalam bahasa inggris adalah singkatan dari Automated Teller Machine.

BH

Hemm... pastinya singkatan ini sudah tidak asing lagi baik bagi perempuan maupun laki-laki. Singkatan yang merupakan kepanjangan dari Buste Hounder ini berasal dari bahasa belanda, yang berarti penyangga payud@r@.

CCTV

Merupakan kependekan dari Closed Circuit Television. Alat ini pada umumnya digunakan sebagai pelengkap keamanan, berfungsi untuk mengambil gambar/video atau merekam kejadian pada tempat tertentu.

DP

Dalam pembayaran merupakan singkatan dari Down Payment, yang artinya pembayaran sebagai uang muka. Biasanya hanya beberapa persen dari jumlah total yang harus dibayarkan.

DVR

Singkatan dari Digital Video Recorder, merupakan system yang digunakan oleh CCTV untuk merekam semua gambar yang dikirimkan oleh kamera.

GPS

Kata ini salah satunya sering terdengar ketika seseorang membutuhkan petunjuk arah untuk menuntuntnya pada sebuah alamat, GPS adalah kependekan dari Global Positioning System.

HP

Pada alat yang akrab dengan alat telekomunikasi merupakan singkatan dari Handphone, dalam bahasa indonesia artinya adalah telepon genggam. Tetapi tulisan HP yang terdapat pada laptop juga printer adalah sebuah merek yang merupakan singkatan dari Hewlett Packard, kata ini adalah singkatan dari nama pendirinya yaitu Bill Hewlett dan Dave Packard.

HVS

Kata yang berhubungan dengan kertas dan berasal dari bahasa belanda ini adalah kependekan dari Hour Vrij Schrijfpapier, yang dalam bahasa Indonesia berarti kertas bebas berserat.

INTERNET

Kata ini bukan hal baru lagi bagi banyak orang, bahkan setiap harinya selalu menggunakannya. Internet merupakan kependekan dari Interconnection-networking.

LASER

Bila membaca atau mendengar kata laser, pastinya akan langsung terpikir pada sebuah sinar. Kata Laser ternyata singkatan dari Light Amplifiation by Stimulated Emmission Radiation.

LCD

Singkatan ini juga akrab dalam kehidupan sehari-hari, terkait dengan elektronik seperti monitor komputer, laptop, televisi, dan lain-lain. Kepanjangan LCD adalah Liquid Crystal Display.

LED

Jika mendengar kata yang merupakan kependekan dari Light Emitting Diode ini, biasanya langsung terpikir hal-hal yang berkaitan dengan lampu deh.

LPG

Pastinya banyak yang sudah tak asing lagi dengan perlengkap untuk memasak ini, LPG kependekan dari Liquified Petrolium Gas.

NB

Singkatan yang sering ditemui pada surat atau undangan ini merupakan singkatan dari Nota Bene, kepanjangannya bukan NAMBAH ya...

OK

Asal mulanya adalah bahasa plesetan/gaul di Amerika, merupakan singkatan dari All Correct yang berubah menjadi Oll Korrect. Kata yang digunakan untuk menyatakan persetujuan ini dalam bahasa Indonesia dibaca Oke dan penulisannya sering disingkan menjadi OK.

PDF

Merupakan salah satu jenis format dokumen, kepanjang dari PDF yaitu Portable Document Format.

PIN

Bagi yang sering menggunakan kartu ATM pastinya tak asing lagi dengan kata ini, PIN merupakan singkatan dari Personal Identification Number.

ROBOT

Anak laki-laki biasanya dari kecil sudah akrab dengan kata ini. Ternyata Robot merupakan singkatan dari Resident Official Board of Technology.

VIP

Kepanjangannya adalah Very Important Person.

VVIP

Nah kalau VVIP kepanjangannya adalah Very Very Important Person.

WC

Tidak Semua Orang Tahu Kepanjangan dari Singkatan-Singkatan Ini

Sudah tahu belum kalau WC merupakan singkatan dari Water Closet?

WiFi

Bagi yang suka berintertan pastinya sudah tak asing lagi dengan singkatan ini, tetapi belum tentu para penggunanya mengetahui kepanjangannya. Wifi adalah singkatan dari Wireless Fidelity.

WWW

Ketika membuka sebuah situs di internet, pastinya akan dijumpai tulisan www pada alamat websitenya. WWW adalah kependekan dari World Wide Web.

Itulah beberapa singkatan yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari, tentunya masih banyak lagi singkatan-singkatan yang lain.

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.