Manfaat Minyak Zaitun secara Diminum dan Dioles

Minyak zaitun bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit serta rambut. Pemanfaatannya bisa dilakukan dengan cara diminum dan atau dioles.
Manfaat Minyak Zaitun secara Diminum dan Dioles

Berasal dari tanaman yang tumbuh di wilayah Mediterania, minyak zaitun dipercaya berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Mengandung vitamin E, vitamin K, omega 3, omega 6, omega 9, dan zat besi, minyak yang berwarna kehijauan dan memiliki aroma serta rasa yang tajam ini aman dikonsumsi secara langsung.

Jadi untuk mengambil manfaatnya bisa dilakukan secara diminum atau dioles, hal ini tergantung dari maksud tujuannya.

Merujuk pada wikipedia, Zaitun (Olea europaea) adalah pohon kecil dan hijau abadi, yang buah mudanya dapat dimakan mentah ataupun sesudah diawetkan sebagai penyegar. Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan. Zaitun adalah anggota suku Oleaceae.

Zaitun dipanen pada waktu masih hijau sampai sudah berwarna ungu. Zaitun mulai berbuah saat berumur lima tahun dan usianya dapat mencapai ribuan tahun, sehingga yang tadinya perdu telah menjadi pohon besar.

Pohon zaitun yang berumur ribuan tahun di antaranya pernah ditemukan di Palestina yang bertahan hidup hingga 2000 tahun. (wikipedia)

Jadi Minyak Zaitun atau juga yang dikenal dengan Virgin Olive Oil yang berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan ini merupakan hasil penggilingan/ekstrasi dari buah zaitun.

Sebelum meminum minyak zaitun secara rutin, ada baiknya jika mencoba meminumnya sebanyak 1 sdm atau 1 sdt terlebih dahulu, hal ini untuk memastikan ada tidaknya alergi pada tubuh Anda.

Jika tidak ada tanda-tanda alergi atau keluhan lain, minyak zaitun dapat dikonsumsi secara rutin. Caranya bisa diminum secara langsung atau dicampur dalam masakan.

Seperti halnya secara diminum, untuk dioleskan juga demikian. Cobalah oleskan sedikit pada area tertentu seperti pada kulit bagian tangan misalnya. Silakan tunggu beberapa jam setelah pengolesan, jika tidak ada tanda-tanda alergi berarti aman dioleskan pada kulit Anda.

Berikut manfaat minyak zaitun secara diminum:

Membersihkan usus

Minyak zaitun memiliki sifat anti bakteri yang dapat mencegah dan mengurangi kuman dan bakteri di dalam usus penyebab penyakit, serta membantu usus dalam menyerap vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh.

Mengatasi sembelit

Selain menyehatkan saluran pencernaan, minyak zaitun dapat dijadikan sebagai pencahar untuk mengatasi sembelit. Minyak zaitun akan melumasi usus sehingga makanan yang dicerna lebih mudah bergerak melalui usus besar, kandungan vitamin, antioksidan, omega 3, serta asam lemak di dalamnya dapat merangsang kontraksi usus besar sehingga feses lebih mudah dikeluarkan.

Menjaga kesehatan jantung

Meminum minyak zaitun secara teratur dapat mencegah dan menurunkan resiko penyakit jantung, kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya dapat mencegah kandungan kolesterol dalam darah teroksidasi.

Melancarkan peredaraan darah

Kandungan omega 9, omega 6, dan omega 3 pada minyak zaitun dapat bermanfaat dalam memperbaiki fungsi endotel pembuluh darah, sehingga dengan menkonsumsi minyak zaitun dapat memperlancar peredaran darah.

Mengontrol kolesterol

Minyak zaitun dapat memperlancar peredarah darah dan mencegah kandungan kolesterol dalam darah teroksidasi, sehingga dapat bermanfaat sebagai pengontrol kolesterol.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan lemak tak jenuh dalam minyak zaitun bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Mencegah diabetes

Kandungan lemak tak jenuh tunggal pada minyak zaitun bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah dan mencegah diabetes.

Mengatasi Artritis

Kandungan Prostaglandin pada minyak zaitun bermanfaat mangatasi rasa nyeri pada sendi dan pengeroposan tulang.

Mencegah kanker

Kandungan antioksidan dalam minyak zaitun dapat bermanfaat untuk mencegah atau menghambat proses kanker.

Membantu mengobati penyakit alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit lupa ingatan, yaitu ditandai dengan penuturnan daya ingat (mudah lupa) serta menurunnya kemampuan dalam berpikir dan berbicara. Mengkonsumsi minyak zaitun dapat mengobati, mencegah, dan mengurangi resiko terkena penyakit alzheimer.

Manfaat Minyak Zaitun secara Diminum dan Dioles

Manfaat minyak zaitun secara dioles atau selain diminum:

Membersihkan make up

Untuk menghilangkan riasan make up di wajah, bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pembersihnya. Caranya dengan mengoleskan dan memijat wajah secara lembut, dengan demikian riasan make up akan terhapus.

Melembabkan kulit kering

Jika Anda mengalami kulit wajah yang kering dan mengelupas, silakan oleskan 1 hingga 3 tetes minyak zaitun atau dengan cara membilas wajah dengan air hangat yang telah dicampur minyak zaitun. Bukan hanya untuk wajah saja tapi juga dapat digunakan untuk mengatasi kulit badan yang kering, caranya tuangkan beberapa sendok teh minyak zaitu pada air hangat, kemudian gunakan air itu untuk mandi.

Menghilangkan bekas jerawat

Bekas jerawat dapat menganggu penampilan, bahkan bisa bagi sebagian orang dapat membuat tidak percaya diri. Untuk menghilangkan bekas jerawat dapat menggunakan minyak zaitun, silahkan oleskan dan pijat secara lembut dan perlahan. Biarkan selama 10 menit, kemudian bersihkan wajah dengan lap bersih dan hangat.

Membersihkan wajah

Selama beraktifitas seharian dapat menyebabkan wajah menjadi kotor, kering, dan kusam, entah karena polusi udara, debu, atau sengatan sinar matahari. Untuk membersihkannya bisa menggunakan minyak zaitun dengan mencampurnya dengan garam laut.

Campurkan 3 sendok teh minyak zaitun dengan 5 sendok teh garam laut, kemudian oleskan dan pijat secara lembut pada sisi hidung atau area kulit wajah yang kering, kusam, atau bersisik. Lalu bersihkan wajah dengan lap bersih dan hangat.

Mengencangkan kulit wajah

Menggunakan campuran 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu sebagai masker wajah, dapat berkhasiat untuk mengencangkan kulit wajah.

Mengatasi warna bibir yang hitam

Mengoleskan minyak zaitun secara teratur setiap pada bibir, dapat mengatasi warna bibir yang hitam menjadi merah secara alami.

Mempertebal alis

Mengoleskan minyak zaitun pada alis dapat membuat alis menjadi tebal secara alami.

Menyehatkan dan memperindah rambut

Mengoleskan minyak zaitun pada rambut kemudian memijat kulit kepala berkhasiat untuk mengatasi rambut rusak, bercabang, menghilangkan ketombe, serta menguatkan dan melembabkan rambut, sehingga rambut menjadi sehat, indah, dan berkilau.

Mencegah dan mengurangi resiko kanker kulit

Menggunakan minyak zaitun sebagai tabir surya dapat berkhasiat untuk mencegah dan mengurangi resiko kanker kulit. Seperti kita ketahui, bahwa tabir surya digunakan untuk melindungi kulit sekaligus mencegah efek dari sengatan sinar matahari.

Itulah manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan, yang cara pemanfaatannya dapat dilakukan secara dioleskan dan atau diminum secara langsung, dicampur pada masakan atau makanan.

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.