Ukuran Kertas A4, F4, Letter, dan Legal

Ukuran dimensi kertas, lebar dan panjang kertas seri A4,F4, Letter, dan Legal dalam ukuran inch, cm, dam mm.
Ukuran Kertas A4, F4, Letter, dan Legal

Ukuran kertas seri A4 dan F4 sepertinya paling sering digunakan dalam keperluan sekolah, administrasi, perkantoran, dan lain-lain. Kedua kertas ini, terutama ukuran F4 juga paling umum digunakan pada fotocopy.

Ketika memfotocopy dokumen mungkin ukuran kertas tidak begitu menjadi masalah, karena ukuran kertas tentu saja akan disesuaikan dengan dokumen yang difotocopy.

Jika dokumen aslinya menggunakan ukuran kertas A4 pun bisa difotocopy menggunakan F4, kalau ingin disesuaikan seperti ukuran A4 kita tinggal memotongnya saja.

Tetapi ketika pembuatan dokumen/pengetikan menggunakan komputer, jika dalam pencetakannya (print) ukuran kertas tidak sesuai antara setelan di komputer dengan kertas yang digunakan untuk mencetaknya tentu saja hasilnya juga tidak akan pas.

Maka agar hasilnya sempurna, antara setelan kertas pada komputer dan yang digunakan untuk mencetaknya haruslah sama. Umpanya ketika pengaturan kertas pada komputer menggunakan ukuran F4, kertas yang digunakan pada printer juga berukuran F4.

Pada aplikasi microsoft office terdapat ukuran kertas Legal dan Letter, kedua ukuran kertas ini tidaklah sama dengan A4 atau F4. Walaupun dapat dikatakan hampir sama, tetap ada perbedaan ukuran pada kertas-kertas itu.

Jika ketika dalam pembuatan dokumen/pengetikan pada komputer memilih “Legal” pada pengaturan kertasnya, sedangkan pencetakannya (print) menggunakan F4 maka hasilnya tidak akan pas karena Legal lebih panjang daripada F4.

Berikut ukuran lebar dan panjang kertas A4, F4, Letter, dan Legal:

Nama Kertas inch cm mm
A4 8.27 x 11.69 21 x 29.7 210 x 297
F4 8.46 x 12.99 21.5 x 33 215 x 330
Letter 8.5 x 11 21.6 x 27.9 216 x 279
Legal 8.5 x 14 21.6 x 35.6 216 x 356

Dari tabel di atas dapat kita lihat ada perbedaan ukuran dari keempat kertas itu. Memang untuk lebarnya hampir sama, tetapi panjangnya ada perbedaan cukup mencolok.

Yang paling sering ditemui adalah ketika ingin membuat dan mencetak dokumen atau hasil pengetikan menggunakan kertas F4, tetapi setelan kertas pada komputer menggunakan Legal.

Memang ukuran kedua kertas ini hampir sama sehingga walalupun setelan kertas menggunakan Legal, pencetakannya bisa menggunakan F4. Tetapi baiknya antara setelan ukuran kertas pada komputer dan yang digunakan untuk mencetak seharusnya sama, agar hasilnya baik dan sempurna.

Begitu pula antara A4 dan Letter, walaupun hampir sama keduanya juga ada perbedaan baik lebar maupun panjangnya.

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.