6 Macam Jenis KW dan Tingkatannya

6 Macam Jenis KW dan Tingkatannya

6 Macam Jenis KW dan Tingkatannya

Istilah KW merupakan singkatan dari kata “kwalitas”. Jika merujuk pada KBBI maka kata bakunya adalah kualitas, jadi kata kwalitas sebenarnya merupakan kata tidak baku dari kualitas.


Barang KW merupakan barang tiruan atau sebutan lainnya yang memiliki makna tidak asli atau tidak original. Barang KW dibuat mirip dengan aslinya tetapi dengan bahan yang berbeda, sehingga harga dan kualitasnya juga berbeda dengan aslinya. Bahkan antara jenis KW yang satu dengan yang lainnya juga memiliki perbedaan, baik bahan, harga, hingga kualitasnya.


Ada barang KW yang memiliki kualitas yang sangat baik sehingga sangat sulit dibedakan antara asli dan tiruan, dari segi harga pun juga bisa dibilang mahal. Tetapi ada juga yang hanya terfokus pada bentuknya saja, sementara bahan yang digunakan hanya pada bagian tertentu saja yang sama bahkan sama sekali berbeda dengan aslinya.


Jadi berbicara masalah KW, akan lebih terfokus pada kualitas bukan pada bentuknya karena yang namanya barang tiruan akan dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Selain harganya yang berbeda, perbedaan kualitas ini akan berdampak pada keawetannya.


Berikut 6 macam jenis KW dan tingkatannya:


KW Super Premium atau KW Grade Ori


Barang KW super premium memiliki kualitas yang sangat baik, sehingga sekilas akan sulit dibedakan dengan aslinya. Kualitasnya yang sangat baik membuat harganya juga mahal.


Barang jenis KW Super Premium bisa berasal dari pabrik aslinya, yaitu merupakan barang reject pabrik yang tidak lolos quality control. Memang seharusnya dimusnahkan tetapi mungkin karena kurang ketatnya pengawasan pabrik sehingga bisa lolos sampai pasaran.


Tetapi tidak semua barang jenis KW Super Premium itu merupakan barang reject-an pabrik yang berhasil lolos sampai ke pasaran. Ada barang KW Super Premium yang berhasil ditiru dengan sangat baik oleh pabrik, bahkan memiliki sertifikat keaslian, nomor serial, hologram, memiliki detail, pernak-pernik, hingga cetakan merek yang persis dengan aslinya.


KW Super AAA


Bahan yang digunakan lebih murah dari KW Super Premium, sehingga secara kualitas KW Super AAA berada di bawah KW Super Premium.


Sebagai contoh misalnya tas kulit dibuat dari kulit asli, pada KW Super Premium menggunakan kulit domba yang halus sedangkan KW Super AAA dibuat dari kulit sapi.


KW Super


Barang jenis KW Super dibuat dengan bahan yang lebih murah dan dengan kualitas yang lebih rendah dari KW Super AAA. Pada KW Super, produk dibuat dari bahan tidak setebal dan sehalus aslinya. Maka keawetannya juga akan berbeda dengan kedua jenis KW pada tingkat di atasnya apalagi dengan aslinya.


KW Semi Super


Produk yang termasuk dalam KW Semi Super benar-benar dibuat dari bahan yang berbeda.


Misalnya produk tas kulit, jika aslinya menggunakan kulit domba tetapi pada KW Semi Super menggunakan kulit sapi. Berbeda dengan KW Super AAA, pada KW Semi Super hanya pada bagian tertentu saja yang menggunakan kulit selebihnya menggunakan kulit imitasi.


KW 1


Secara kualitas dibawah KW Semi Super, jenis KW 1 lebih fokus pada kemiripan bentuknya tetapi tidak pada kualitas bahan. Sehingga walaupun memiliki kemiripan bentuk dengan aslinya, tetapi tidak untuk keawetannya.


KW 2


Jenis produk yang termasuk dalam KW 2 memiliki tingat kemiripan yang sangat sedikit jika dibandingkan dengan aslinya dan bahan yang digunakannya pun juga benar-benar murah dan tidak berkualitas. Sehingga pada jenis KW 2 benar-benar terlihat palsu.

Load comments