Manfaat dan Efek Buruk Berdirikan Wiper Saat Parkir

Manfaat dan Efek Buruk Berdirikan Wiper Saat Parkir

Manfaat dan Efek Buruk Berdirikan Wiper Saat Parkir

Wiper mobil memiliki peranan yang penting dalam keselamatan saat berkendara. Sistem wiper mobil berfungsi untuk membersihkan kotoran, debu, dan air hujan baik pada permukaan kaca bagian depan maupun belakang.


Jika ada gangguan pada sistem wiper mobil ini, tentu saja tidak akan maksimal dalam menjalankan perannya sebagai pembersih kaca. Sehingga ketika kotoran dan air hujan tidak dapat dibersihkan dari permukaan kaca secara maksimal, tentu saja akan mempengaruhi jarak pandang pengemudi kendaraan.


Sering kali kita melihat wiper diberdirikan ketika mobil diparkir pada tempat yang panas, lalu apa manfaat dan efek buruk yang dapat ditimbulkannya?


Wiper blade merupakan komponen pada sistem wiper mobil yang terdiri dari sebuah karet serta komponen lainnya yaitu leaf spring packing, lever, dan clip untuk memasang blade pada lengan wiper.


Manfaat dan Efek Buruk Berdirikan Wiper Saat Parkir

Karet wiper inilah yang langsung bersentuhan dengan permukaan kaca, jika karet wiper dalam kondisi baik tentu akan maksimal pula dalam menjalankan perannya sebagai ujung tombak pembersih permukaan kaca mobil. Tetapi jika karet wiper telah mengeras tentu tidak dapat difungsikan secara maksimal.


Bahkan karet wiper yang keras apalagi jika sudah getas dapat berpotensi menggores permukaan kaca, sehingga ketika wiper difungsikan bukan didapatkan kaca yang bersih tetapi justru dapat meninggalkan goresan pada kaca. Goresan pada kaca ini tentu dapat mempengaruhi jarak pandang pengemudi juga keindahan eksterior mobil.


Kaca merupakan konduktor panas, karet wiper yang menempel pada kaca dalam jangka waktu lama ketika mobil diparkir pada tempat panas dapat menyebabkannya menjadi keras dan getas.


Nah memberdirikan wiper ketika mobil diparkir pada tempat yang panas tujuannya adalah untuk menghindarkan menempelnya karet wiper pada kaca mobil, agar karet wiper itu tidak mengeras.


Tetapi terlalu sering mendirikan wiper juga dapat membuat pegasnya cepat rusak. Maka untuk menjaga kelenturan karet wiper dan keawetan pegasnya, sebaiknya tidak terlalu sering memberdirikan wiper.


Kebiasaan mendirikan wiper ketika mobil terparkir pada tempat yang panas oleh terik matahari juga dapat menyebabkan berubahnya bentuk wiper, sehingga wiper tidak dapat difungsikan dengan baik. Bentuk permukaannya yang berubah dapat menyebabkan tidak maksimalnya ketika digunakan untuk menyapu air pada kaca mobil.


Jika mengangkat atau mendirikan wiper itu bermanfaat tetapi juga terdapat efek yang kurang baik, maka lebih baik untuk tidak memarkir mobil pada tempat yang panas dalam jangka waktu lama.


Tetapi jika hal itu tidak dapat dihindari, untuk meminimalisir efek pasa sinar matahari pada karet wiper adalah dengan mengganjalnya menggunakan potongan kardus, koran, kertas, atau benda lainnya yang memiliki permukaan rata.


Dengan demikian karet wiper tidak menempel pada kaca yang merupakan konduktor panas, tetapi juga tidak perlu mendirikan wiper dalam jangka waktu yang lama.

Load comments