Cara Menambal Atap Seng Bocor Berlubang atau Berkarat

Cara menambal atap seng bocor berlubang berkarat. Cara mengatasi atap seng bocor berlubang berkarat. Cara memperbaiki atap seng bocor berlubang berkarat.
Cara Menambal Atap Seng Bocor Berlubang atau Berkarat

Seng merupakan salah satu material bangunan yang banyak digunakan untuk atap rumah. Selain harganya murah pemasangan pun juga cukup mudah, hal inilah yang menjadi alasan mengapa material seng masih populer dipilih untuk digunakan sebagai atap rumah.

Namun dibalik harganya yang murah dan cara pemasangannya yang murah itu, material seng juga mempunyai kelemahan yaitu sangat rentan terhadap korosi. Jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, lambat laut korosi itu akan semakin parah.

Jika korosi pada atap seng telah parah dan meluas, maka harus diganti secara total yaitu dengan lembaran seng yang baru. Jika tidak diganti, atap seng yang mengalami korosi akan bocor sehingga ketika hujan akan menyebabkan air merembes melalui celah-celah pada area korosi itu.

Korosi pada seng bukan hanya menyebabkan terbentuknya celah-celah kecil sebagai jalan merembesnya air hujan, tetapi pada korosi yang parah dapat menyebabkan seng menjadi berlubang sehingga dapat menjadi jalan masuknya air hujan semakin deras.

Nah jika kebocoran pada seng belum parah dan luas daripada menggantinya dengan lembaran atap seng yang baru, ada cara yang mudah dan murah untuk memperbaikinya untuk mengatasi kebocoran itu.

Berikut cara memperbaiki kebocoran pada atap seng:

Menggunakan lakban seng

Lakban seng dapat dibeli di toko bangunan atau secara online. Lebar lakban seng biasanya ada yang 5 cm dengan panjang 10 meter dalam 1 rol dan lebar 10 cm dengan pajang 5 meter setiap rolnya atau ada juga yang dijual panjng 1 meter, maka pastikan diameter lubang tidak melebihi lebar dari lakban seng yang digunakan.

Untuk mengatasi atap seng yang berkarat, silakan potong bagian yang berkarat kemudian bersihkan sekelilingnya menggunakan air lalu lap dan pastikan area seng yang akan dilakban benar-benar bersih agar lakban seng dapat menembel dengan kuat.

Setelah benar-benar bersih, silakan tempelkan lakban dan pastikan benar-benar melekat dengan baik kemudian potong lalu tekan secara kuat dan ratakan.

Karena salah satu material lakban seng ini dari aspal, maka untuk hasil yang maksimal sebaiknya pemasangan lakban seng dilakukan ketika terik sinar matahari dan hindarkan terkena air hujan maksimal 1 x 24 jam agar merekat dengan kuat.

Menggunakan lem dari campuran bensin dan styrofoam

Styrofoam box merupakan gabus yang sering digunakan pada kemasan alat-alat elektronik, jika tidak memilikinya Anda dapat membeli lembaran styrofoam pada toko alat tulis.

Dengan mencampurkannya dengan bensin, ternyata styrofoam ini dapat dijadikan lem dengan kekuatan yang sangat baik. Styrofoam terdiri dari udara dan styrene, untuk melepaskan kandungan udara pada styrofoam dan menjadikan styrene menjadi lem.

Untuk menambal seng menggunakan campuran bensin dan styrofoam caranya adalah:

  • Siapkan gabus styrofoam, bensin, mangkuk, dan kuas.
  • Potong kecil-kecil styrofam dan masukkan ke dalam mangkok.
  • Tuang bensin secukupnya ke dalam mangkok yang berisi potongan styrofoam.
  • Aduk secara merata atau diamkan hingga styrofoam mencair menjadi adonan yang mengental seperti pasta.
  • Oleskan adonan itu pada permukaan area seng yang bocor secara merata.

Setelah lem dari campuran bensin dan styrofoam ini dioleskan pada area seng yang bocor, tunggu 3 hingga 5 jam agar adonan lem itu mengering dengan sempurna.

Kemudian lakukan pengetesan dengan menyiramkan air, telitilah bagian permukaan bawah seng dan pastikan kebocoran telah teratasi. Jika masih terdapat kebocoran, silakan ulangi lagi seperti langkah-langkah di atas.

Itulah cara mengatasi atap seng yang bocor, mudah bukan?

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.