Jenis-Jenis Penginapan dan Penjelasannya

Jenis-jenis penginapan, nama-nama penginapan, macam-macam penginapan, akomadasi penginapan
Jenis-Jenis Penginapan dan Penjelasannya

Penginapan menjadi salah satu hal yang teramat penting dalam traveling, entah itu untuk urusan bisnis, wisata, ataupun kepentingan yang lainnya. Di tempat inilah kita dapat menginap dan beristirahat guna mengumpulkan kembali energi untuk melakukan aktifitas selanjutnya.

Hotel merupakan salah satu jenis penginapan yang sepertinya sudah sangat dikenal oleh masyarakat, padahal selain hotel masih banyak jenis-jenis penginapan yang lainnya.

Nah agar tidak salah pilih, simaklah beberapa jenis penginapan dan penjelasannya berikut ini:

Hotel

Merupakan penginapan yang menggunakan bangunan khusus yang cukup luas. Hotel menyediakan berbagai fasilitas, seperti tempat menginap, tempat makan, kolam renang, dan fasilitas lainnya. Terdapat 2 jenis hotel yaitu hotel berbintang dan tidak berbintang.

Boutique Hotel

Hampir sama dengan hotel tetapi Boutique Hotel mengusung tema tertentu dan memiliki jumlah kamar yang terbatas, sehingga terasa lebih ekslusive.

Resort

Merupakan penginapan yang dibangun pada daerah dengan pemandangan indah nan menawan. Selain sebagai penginapan, resort menyediakan fasilitas berupa restoran, tempat olah raga, kolam renang, perbelanjaan, hiburan sehingga cocok sebagai penginapan sekaligus tempat rekreasi.

Motel

Kata motel merupakan singkatan dari motor hotel, biasanya terletak di luar kota dan berada di pinggir jalan dengan bangunan yang tidak mewah. Motel hanya menyediakan tempat untuk menginap dan parkir kendaraan, biasanya kamar motel berhadapan langsung dengan tempat parkir.

Hostel

Merupakan penginapan dimana fasilitas yang tersedia di dalamnya seperti kamar tidur dan kamar mandi digunakan secara bersama dengan tamu lainnya, tetapi ada juga hostel yang menyediakan kamar pribadi serupa hotel. Sistem penyewaan pada hostel adalah menyewa tempat tidur, konsep kamar pada hostel seperti asrama dengan tempat tidur yang berupa ranjang susun.

Losmen

Merupakan penginapan yang di dalamnya hanya tersedia fasiltas tempat tidur dan lemari tanpa ada televisi, AC, atau pun fasilitas yang lainnya. Losmen hanya menyewakan kamar tanpa menyediakan fasilitas makan.

Homestay

Berarti juga rumah singgah merupakan rumah pribadi yang disewakan sebagai penginapan, sehingga cocok untuk penginapan keluarga atau rombongan karena tidak ada batasan jumlah orang yang menginap. Homestay kadang terletak di dalam perkampungan, jadi tidak mesti berada di pinggir jalan.

Villa

Merupakan penginapan atau tempat tinggal sementara untuk liburan yang berupa satu rumah utuh, biasanya terletak di daerah pegunungan atau yang berhawa sejuk. Menyewa villa berarti menyewa keseluruhan bangunan.

Cottage

Penginapan untuk keluarga yang biasanya berada di daerah pantai atau pegunungan. Bangunannya berupa pondok-pondok yang terpisah-pisah satu dengan lainnya.

Guest House

Merupakan penginapan yang menggunakan bangunan rumah layaknya seperti rumah kost. Guest House menyediakan fasilitas beberapa kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Bahkan tidak sedikit pula yag meyediakan fasilitas layaknya seperti hotel.

Itulah beberapa jenis penginapan yang dapat digunakan untuk akomodasi ketika berlibur, perjalanan bisnis, atau ketika ada kepentingan yang lainnya.

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.