Manfaat Ampas Kopi

Manfaat Ampas Kopi

Manfaat Ampas Kopi

Ampas kopi merupakan endapan atau limbah akhir dari proses penyeduhan kopi. Biasanya seduhan kopi asli akan menghasilkan ampas, berbeda dengan kopi shacet yang belum tentu ada ampasnya karena sudah dicampur dengan bahan lainnya.


Ternyata ampas dari seduhan kopi asli ini dapat dimanfaat untuk berbagai keperluan. Limbah dari minuman kopi asli ini merupakan sampah bersih yang berharga, maka sebaiknya jangan sia-siakan ampas kopi yang baru atau belum lebih dari 24 jam.


Berikut beberapa manfaat ampas kopi yang dirangkum dari berbagai sumber:


Dijadikan body scrub

Kandungan pada kopi ternyata dapat membantu menghaluskan kulit dan mengurangi selulit, maka cobalah untuk membuat body scrub atau lulur dari ampas kopi. Caranya campurkan satu sendok ampas kopi dengan dua tetes minyak zaitun, maka jadilah scrub kulit yang murah dan mudah cara membuatnya.


Menyehatkan rambut

Ampas kopi dipercaya dapat membuat rambut sehat, caranya seduh kembali ampas kopi kemudian aplikasikanlah pada rambut. Dengan demikian bukan hanya menyehatkan rambut saja, tetapi juga akan menggelapkannya.


Menghilangkan bau amis

Setelah menyantap makanan yang memiliki bau amis seperi ikan misalnya, biasanya akan menyisakan bau amis entah itu pada tangan, piring, serta alat makan dan memasak lainnya. Untuk menghilangkan bau amis itu, silakan gosokan ampas kopi pada tangan atau benda lainnya yang berbau amis.


Membantu membersihkan panci dan wajan dari noda membandel

Bukan hanya dapat menghilangkan bau amis pada alat memasak, ternyata ampas kopi juga dapat digunakan untuk membersihkan noda pada panci dan wajan yang membandel. Caranya gosokan secara berulang-ulang pada panci yang sulit dibersihkan itu, kemudian cuci denga air bersih.


Pengharum kulkas

Menyimpan beraeka macam makanan dapat membuat bau pada kulkas, untuk mengatasinya cukup tuang ampas kopi ke dalam mangkok dan diamkan dalam beberapa jam. Dengan demikian aoma kopi akan menetralkan bau tak sedap pada kulkas.


Pengharum ruangan

Meletakan ampas kopi pada ventilasi udara akan membuat aroma kopi menyebar ke penjuru ruangan.


Menghilangkan bau sepatu

Letakan ampas kopi pada tisu, kemudian masukan ke dalam sepatu yang bau. Diamkan selama 24 jam, dengan demikian bau sepatu akan dinetralkan oleh aroma kopi. Pastikan ampas kopi sudah tidak lerlalu basah agar tidak mengotori sepatu.


Menghilangkan goresan pada furniture

Caranya cukup oleskan ampas kopi pada furniture yang tergores atau telah kusam warnanya, dengan demikian goresan pada furniture tak terlihat kembali.


Sebagai pupuk tanaman dan pengusir hama

Kupu-kupu tidak menyukai aroma kopi, maka dengan menaburkan ampas kopi pada area tanam selain dapat menjadi pupuk kompos, ternyata juga dapat menjadi pencegah datangnya hama pada tanaman. Jika kupu-kupu tidak mau hinggap pada tanaman maka hal yang demikian juga menjadi pencegah munculnya ulat daun bukan?


Itulah beberapa manfaat ampas kopi, semoga bermanfaat...

Load comments