Cara Mencuci Tangan dan Menggunakan Hand Sanitizer yang Benar

Cara Mencuci Tangan dan Menggunakan Hand Sanitizer yang Benar

Cara Mencuci Tangan dan Menggunakan Hand Sanitizer yang Benar

Menjaga kebersihan diri merupakan salah satu upaya dalam memerangi berbagai bibit penyakit yang dapat mengganggu kesehatan. Kuman, bakteri, dan virus bisa ada dimana-mana, ia tak kasat mata dan bisa saja menempel pada berbagai benda yang berada di tempat umum, rumah, bahkan barang-barang pribadi.


Tangan yang kotor bisa menjadi sarang kuman, bakteri, bahkan virus yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Pasalnya memang tangan merupakan anggota tubuh yang paling sering kontak dengan berbagai permukaan benda, sehingga dapat menjadi media berbagai bibit penyakit menginfeksi tubuh manusia.


Entah bibit penyakit yang hanya menyebabkan infeksi kulit atau masuk ke dalam tubuh yang dapat menyebabkan diare, ISPA, pneumonia, infeksi cacing, atau penyakit lainnya.


Mencuci tangan atau menggunakan hand sanitazer merupakan upaya untuk membersihkan tangan dari berbagai kuman, bakteri, dan virus. Ini merupakan salah satu upaya dalam memerangi berbagai bibit penyakit itu agar tidak menginfeksi tubuh.


Mencuci tangan atau menggunakan hand sanitazer hendaknya tidak dilakukan secara asal-asalan. Jika dilakukan dengan benar maka efektifitas dalam membebaskan tangan dari berbagai bibit penyakit akan didapatkan, sehingga berbagai bibit penyakit itu dapat sirna secara maksimal.


Berikut langkah-langkah mencuci tangan yang benar, agar telapak tangan, punggung telapak tangan, bagian jari, sela-sela jari, serta bawah kuku benar-benar dapat terbebas dari bibit penyakit secara maksimal:


  1. Basahi tangan dengan air bersih yang mengalir
  2. Tuangkan/gosokan sabun pada telapak tangan secukupnya, bisa menggunakan sabun tangan, sabun biasa, atau sabun cair.
  3. Gosok telapak tangan secara melingkar
  4. Gosok punggung tangan hingga sela-sela jari dari pangkal hinggga ujung jari secara bergantian antara kanan dan kiri
  5. Gosok telapak tangan secara merata hingga sela-sela jari dari pangkal hinggga ujung jari secara bergantian antara kanan dan kiri
  6. Sedikit kepalkan tangan kemudian gosokan punggung jari-jari tangan pada telapak tangan ke arah samping kanan dan kiri secara bergantian antara tangan kanan dan kiri
  7. Bersihkan bagian ibu jari secara bergantian antara kanan dan kiri
  8. Bersihkan bagian bawah kuku, bisa dengan cara menggosok-gosokan pada telapak tangan secara bergantian antara kanan dan kiri.
  9. Bilas sampai bersih menggunakan air bersih yang mengalir
  10. Keringkan tangan, bisa menggunakan handuk, tisu, udara, atau diangin-anginkan

Itulah cara mencuci tangan menggunakan sabun. Selain mencuci tangan, untuk membersihkan tangan dari kuman, bakteri, dan virus dapat menggunakan hand sanitizer.


Berikut langkah-langkah menggunakan hand sanitizer:

  1. Tuangkan/semprotkan hand sanitazer pada telapak tangan secukupnya
  2. Gosok pelan-pelan pada seluruh bagian tangan, mulai dari telapak tangan dan punggung tangan serta sela-sela jari
  3. Gosok juga ibu jari dan bagian bawah kuku
  4. Usap kembali seluruh bagian tangan hingga hand sanitizer mengering

Itulah cara menggunakan hand sanitizer yang benar. Untuk hasil maksimal, pastikan sesudah menggunakan hand sanitizer tidak mengelap/mengusapkan tangan pada pakaian.


Hati-hati jangan mendekati api setelah menggunakan hand sanitizer, tangan yang masih basah karena penggunaan hand sanitizer dapat menyebabkan terbakar. Pastikan tangan sudah dalam keadaan kering ketika mendekati api.


Hand sanitizer akan lebih optimal jika digunakan pada tangan yang bersih, artinya bukan pada tangan yang kotor setelah berkebun, berolah raga, atau aktivitas lainnya yang membuat tangan menjadi kotor.


Jadi untuk efektifitas dalam membersihkan tangan kotor dari kuman, bakteri, dan virus, mencuci tangan lebih dianjurkan daripada menggunakan hand sanitizer.


Semoga bermanfaat...

Load comments