Pengalaman Gagal Total Menambal Bak Mandi Bocor Menggunakan Lem Silikon

Lem silikon jenis lem kaca biasanya juga dapat digunakan untuk menambal kebocoran pada bak mandi, tetapi ternyata lem jenis ini tidak dapat merekat sempurna pada permukaan semen.
Pengalaman Gagal Total Menambal Bak Mandi Bocor Menggunakan Lem Silikon

Bak mandi bocor merupakan hal yang sering terjadi, hingga banyak orang telah mengalaminya. Terutama yang menggunakan keramik sebagai pelapis dinding bak, biasanya kebocoran terjadi pada nat atau saluran pembuangan air.

Kebocoran pada bak mandi ini dapat menyebabkan pemborosan air, maka jika tidak segera diatasi dapat membuat tagihan PAM melonjak dari biasanya. Bagi yang menggunakan sumur tentu akan berpengaruh pada tagihan listrik, karena air pada bak mandi akan cepat habis dan pastinya akan sering menghidupkan pompa air yang memerlukan tenaga listrik.

Bak mandi bocor dapat ditambal menggunakan lem silikon atau semen, tetapi ternyata kedua jenis material yang dapat difungsikan untuk menambal bak mandi ini berbeda penggunaannya.

Pernah mengalami kebocoran pada bak mandi, tepatnya pada area saluran pembuangan airnya. Bak mandi yang digunakan bukanlah terbuat dari fiber, melainkan bak mandi biasa yang terbuat dari adukan pasir dan semen layaknya sebuah dinding sedangkan permukaannya dilapisi menggunakan keramik. Maka layaknya lantai atau dinding keramik, akan terdapat nat yang memisahkan antar keramik.

Nah agar praktis, mudah, dan tidak repot maka saat itu dipilihlah lem silicone/silikon untuk menambalnya.

Lem silikon yang digunakan yaitu jenis lem kaca yang biasanya digunakan untuk pembuatan atau penambalan kebocoran pada aquarium, dimana lem ini dapat mudah ditemukan pada toko bangunan maupun toko aquarium.

Berhasilkah?

Langkah-langkah penambalan sepertinya sudah dilakukan dengan benar, yaitu mula-mula bak mandi dikosongkan dan dipastikan tidak ada air.

Lalu bagian yang akan ditambal dibersihkan juga dipastikan dalam keadaan kering, setelah itu lem silikon dioleskan secara merata pada area yang bocor/merembes. Setelah beberapa waktu dan dipastikan lem telah kering, bak diisi air kembali.

Ternyata air masih merembes, itu artinya penambalan tidak berhasil alias gagal total.

Karena masih penasaran, penambalan diulang kembali setelah lem dibersihkan. Ternyata masih juga belum berhasil, air masih merembes.

Dari hasil pengamatan, lem silikon ini dapat merekat dengan baik pada permukaan keramik, tapi entah kenapa tidak merekat secara sempurna pada permukaan semen.

Akhirnya air dibak dikosongkan kembali dan lem dibersihkan, kemudian area yang bocor ditambal menggunakan semen.

Alhamdulillah penambalan menggunakan semen ternyata berhasil, kini bak mandi tak bocor lagi.

Simpulan

Lem silikon merupakan lem kaca yang biasanya digunakan pada pembuatan atau menambal aquarium atau sering juga digunakan pada bangunan. Lem ini biasanya juga dapat digunakan untuk mengatasi kebocoran pada bak mandi karena memang dapat merekat dengan baik pada permukaan keramik dan fiber.

Tetapi ternyata lem silikon tidak dapat merekat secara sempurna pada permukaan semen, sehingga air tetap merembes setelah lem diaplikasikan pada area kebocoran.

Semoga bermanfaat...

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.