Trik Cara Mengirim File Berukuran Besar di WhatsApp

Cara mengirim file, foto, video, suara, rekaman, aplikasi, game berukuran besar lewat WhatsApp yang melebihi kapasitas maksimal.
Trik Cara Mengirim File Berukuran Besar di WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang memungkinkan penggunanya bukan hanya dapat saling berkirim pesan yang berupa tulisan, tetapi juga memungkinkan penggunanya untuk berkirim file yang berupa dokumen, foto, suara, video, bahkan hingga aplikasi.

Sayangnya, seperti kita ketahui bahwa ukuran file yang dikirim lewat WhatsApp itu dibatasi ukurannya. Tentu saja jika melebihi dari yang telah ditentukan pastinya tidak akan dapat dikirim.

WhatsApp hanya mengizinkan penggunanya dalam berkirim dokumen tak lebih dari 100 MB, sedangkan untuk foto, suara, dan video dibatasi hingga ukuran 16 MB saja.

Lalu bagaimana caranya jika harus mengirim pesan yang berisi file berukuran besar, melebihi batasan yang telah ditentukan?

Tenang gaes kirim file yang memiliki kapasitas ukuran besar lewat WhatsApp itu bisa saja dilakukan, ada triknya mudah dan simple kok.

Untuk dapat mengirim file berukuran besar lewat WhatsApp, triknya adalah dengan memanfaatkan layanan penyimpanan file yaitu Google Drive.

Jadi triknya adalah sebelum dikirim, file disimpan terlebih dahulu pada Google Drive. Kemudian yang dikirim melalui WhatsApp adalah link dari file yang tersimpan pada Google Drive itu.

Setelah link file terkirim melalui WhatsApp, maka penerima pesan dapat mengunduh file yang tersimpan pada google drive si pengirim pesan.

Jadi trik ini menggunakan Google Drive yang merupakan aplikasi penyimpanan file dimana biasanya sudah terinstal pada ponsel Android, tetapi jika belum terinstal silakan download dulu di Play Store.

Dan jika file besar yang akan dikirim melalui WhatsApp itu belum tersimpan di Google Drive, itu berarti kamu harus menyimpannya dulu di Google Drive.

Berikut trik langkah-langkah mengirim file besar melalui WhatsApp:

Buka aplikasi Google Drive.

Temukan file yang akan dikirim lewat WhatsApp, jika file yang akan dikirim belum tersimpan di Google Drive tentu saja anda perlu menyimpan dulu di Google Drive.

Setelah ketemu, klik ikon titik tiga pada file yang akan dikirim itu.

Klik Dapatkan link > Salin link > Selesai.

Setelah klik Salin link, maka link file yang akan dikirim lewat WhatsApp itu telah tercopy secara otomatis.

Langkah selanjutnya, buka aplikasi WhatsApp.

Pilih kontak WhatsApp yang akan dikirimi file besar itu.

Tap dan tahan pada area ketik pesan.

Klik TEMPEL/PASTE.

Klik ikon kirim untuk mengirim pesan yang berisi link file.

Nah sampai di sini proses kirim file besar melalui WhatsApp telah selesai.

Setelah pesan yang berisi link file besar itu terkirim, maka sipenerima pesan hanya perlu klik link file dalam pesan WhatsApp itu untuk mendownloadnya.

Tak hanya melalui WhatsApp saja, file yang disimpan pada Google Drive juga dapat dibagikan melalui aplikasi chatting lainnya, medsos, dan email.

Itulah trik cara berkirim file besar melalui WhatsApp, mudah bukan?

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.