Size Ukuran Helm Berdasarkan Lingkar Kepala

Size Ukuran Helm Berdasarkan Lingkar Kepala

Size Ukuran Helm Berdasarkan Lingkar Kepala


Memakai helm baik ketika mengendarai maupun membonceng sepda motor bukan saja merupakan suatu bentuk ketaatan terhadap aturan berlalulintas, tetapi juga merupakan bentuk perlindungan terhadap keselamatan diri.


Seharusnya helm yang dipakai benar-benar telah memenuhi standar keamanan, sehingga dapat menjadi perlindungan diri yang baik.


Maka dalam memilihnya janganlah hanya berdasarkan kesukaan saja, seperti corak, motif, ataupun modelnya karena memakai helm saat berkendara sepeda motor fungsi utamanya adalah untuk perlindungan kepala bukan cuma sekedar gaya-gayaan.


Hindari juga membeli helm hanya berdasarkan harga semata, seperti harganya yang murah misalnya karena apalah artinya jika harga murah tetapi tidak memenuhi standar keamanan.


Selain itu ketika membeli helm perlu juga mempertimbangkan ukurannya, sebab ukuran yang pas sudah barang tentu akan nyaman dipakai.


Memakai helm yang tidak sesuai ukuran bukan hanya tidak nyaman dipakai tetapi juga dapat menggangu ketika berkendara, sehingga dapat mempengaruhi konsentrasi ketika mengendarai sepeda motor.


Seperti memakai helm yang kebesaran misalnya, ketika menoleh atau menundukan kepala dan kembali ke posisi semula maka helm belum tentu mengikuti sesuai gerakan kepala. Bahkan ketika melewati jalan yang tidak rata, helm yang dipakai bisa berubah posisinya.


Ukuran helm yang kekecilan, bisa membuat kepala terasa tersiksa.


Jadi ukuran helm yang memang seharusnya sesuai ukuran kepala si pemakai agar nyaman di pakai, sehingga tidak mengganggu konsentrasi dan panadangan ketika berkendara sepeda motor. Dengan demikian keselamatan diri serta pengguna jalan lain dapat terjaga dengan baik.


Ukuran helm yang pas yaitu saat memakainya kepala tidak harus dipaksa masuk, terasa nyaman, tidak longgar, sedikit ketat hingga membuat muka pemakainya sedikit terdorong ke depan tetapi tidak terasa sakit.


Pastikan juga bahwa helm itu dapat melindungi seluruh bagian kepala dan ketika menggerakan mata ke kanan dan ke kiri, pandangan tidak terganggu.


Cobalah helm yang akan dibeli, lalu gerakan kepala dengan cara menoleh ke kanan atau ke kiri, kemudian kembali ke posisi lurus. Jika posisi helm terasa menjadi tidak nyaman, tidak mengikuti gerakan kepala, atau mengganggu pandangan, ada kemungkinan ukurannya kebesaran.


Lakukan juga dengan menundukan kepala, kemudian kembali ke posisi semula. Jika posisi helm terasa menjadi tidak nyaman dan mengganggu pandangan, maka ada kemungkinan sama juga kemungkinan ukurannya kebesaran.


Sebaliknya jika saat memakai saja sudah harus dipaksa dan ketika sudah dipakai kepala terasa sakit, berarti kemungkinan helm yang dipakai ukurannya kekecilan.


Udah jajal macam-macam ukuran helm tetapi masih bingung mana yang pas?


Jika masih bingung atau untuk sekedar meyakinkan bahwa helm dipakai telah benar-benar sesuai ukuran, maka untuk memastikannya dapat dilakukan dengan cara mengukur lingkar kepala lalu mencocokannya dengan Tabel Size Ukuran Helm Berdasarkan Lingkar Kepala berikut:


Size Helm Lingkar Kepala
XS 53 cm - 54 cm
S 55 cm - 56 cm
M 57 cm - 58 cm
L 59 cm - 60 cm
XL 61 cm - 62 cm
XXL 63 cm - 64 cm

Itulah size ukuran helm berdasarkan lingkar kepala.


Ada baiknya sebelum menuju toko helm, ukuran lingkar kepala sudah diketahi sehingga setidaknya telah memiliki gambaran size helm yang pas.


Apalagi jika membeli secara online, ukuran lingkar kepala dapat menjadi panduan untuk menentukan size helm pas.


Semoga bermanfaat...

Load comments