Cara Mengetahui Posisi Lubang Pengisian Bahan Bakar Mobil Melalui Panel Indikator BBM

Tutup lubang pengisian bahan bakar mobil dapat diketahui melalui panel indikator BBM yang biasanya terletak di area speedometer depan kemudi
Cara Mengetahui Posisi Lubang Pengisian Bahan Bakar Mobil Melalui Panel Indikator BBM

Posisi tutup tangki atau lubang pengisian bahan bakar mobil ada yang berada di sebelah kiri dan ada juga yang di sisi kanan, tiap mobil bisa berbeda posisinya.

Bagi yang baru ganti mobil atau menggunakan mobil sewaan bisa saja ketika akan mengisi bahan bakar sempat bingung, letak tutup tangki bahan bakar mobil di kanan apa kiri. Bahkan ada juga yang lupa padahal mobil milik sendiri dimana sudah biasa dikemudikan.

Karena lupa atau belum hafal, maka saat memasuki SPBU dilihatnya spion kanan dan kiri untuk mengetahui di sebelah mana penutup tangki bahan bakar mobil yang sedang digunakan.

Jika belum terlihat melalui kaca spion, ada yang sampai keluar dari mobil juga loh.

Sebenarnya ada cara mudah tanpa perlu melihat dari kaca spion apalagi sampai keluar mobil hanya untuk melihat posisi tutup tangkinya, yaitu dengan melihat panel BBM yang umumnya terletak pada area speedometer di depan kemudi.

Pada panel BBM yang biasanya terdapat hurf E dan F dan jarum atau indikator digital sebagai penunjuk sisa bahan bakar, umumnya juga terdapat ikon gambar dispenser SPBU.

Cara Mengetahui Posisi Lubang Pengisian Bahan Bakar Mobil Melalui Panel Indikator BBM

Nah pada ikon gambar dispenser SPBU itu terdapat tanda berupa segitiga yang merupakan penunjuk arah dimana letak lubang pengisian bahan bakar mobil, di sebelah kanan atau kiri.

Jika tanda segitiga yang terletak di samping ikon gambar dispenser SPBU mengarah ke kanan, berarti lubang pengisian bahan bakar mobil berada di sisi sebelah kanan tetapi sebaliknya jika mengarah ke kiri berarti berarti menginformasikan bahwa lubang pengisian bahan bakar mobil berada di sisi sebelah kiri.

Mudah bukan?

Tapi bagaimana jika pada ikon gambar dispenser SPBU tidak terdapat tanda berbentuk segitiga?

Cara Mengetahui Posisi Lubang Pengisian Bahan Bakar Mobil Melalui Panel Indikator BBM

Jika tidak ada gambar segitiga, maka lihat saja posisi selang atau dispenser SPBU itu di kanan atau kiri.

Jika di kanan berarti tutup tangki ada di sebelah kanan, sebaliknya jika di kiri berarti tutup tangki ada di sisi sebelah kiri.

Selain mengetahui posisi tutup atau lubang tangki pengisian bahan bakar mobil yang sedang digunakan, sepertinya perlu juga mengetahui letak pembuka tutup tangkinya agar tidak kebingungan ketika hendak membuka tutup tangki guna mengisi BBM.

Ada beberapa macam model pembuka tutup tangki bahan bakar mobil, tetapi umumnya berupa tuas.

Tuas pembuka tutup tangki BBM biasanya terletak di bawah jok pengemudi atau dasboard dan disertai dengan ikon gambar dispenser SPBU. Cukup menarik tuas itu ke atas maka penutup tangki BBM akan terbuka.

Ada juga yang berupa tombol, caranyas cukup dengan menekan tombol maka tutup tangki akan terbuka.

Selain tuas dan tombol, ada juga yang menggunakan kunci untuk membuka penutup tangki BBM.

Masih ada lagi model pembuka tutup tangki BBM, yaitu dengan cara menekan kap penutup tangki BBM tetapi ini untuk mobil keluaran Eropa seperti Mercedes Bens, Audi, BMW, dan sebagainya.

Cara kerjanya mesin di matikan dan mobil dalam keadaan tidak terkunci yaitu dengan membuka central lock, kemudian kap penutup ditekan maka akan terbuka.

Semoga bermanfaat...

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.