Perbedaan Wahana Wisata di Jatim Park 1, 2, dan 3

Perbedaan Wahana Wisata di Jatim Park 1, 2, dan 3

Perbedaan Wahana Wisata di Jatim Park 1, 2, dan 3

Jatim Park atau yang dikenal dengan sebutan JTP merupakan tempat rekreasi keluarga di Kota Batu Jawa Timur. Berwisata ke Jatim Park pastinya sangat seru karena selain berisi edukasi yang dapat menambah wawasan, di dalamnya juga terdapat berbagai wahana yang menghibur.


Jatim Park terdiri dari Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3, ketiganya berada di kawasan Kota Wisata Batu Jawa Timur tetapi lokasinya dan wahananya berbeda.


Nah sebelum menentukan akan berwisata ke Jatim Park 1, 2, atau 3, baiknya ketahui dulu apa saja isi dari ketiga destinasi wisata di Kota Wisata Batu Jawa Timur itu.


Jatim Park 1


Berlokasi di Jalan Kartika No 2 Kota Batu Jawa Timur, Jatim Park 1 merupakan tempat wisata yang berkonsep edukasi dan hiburan maka cocok untuk rekreasi keluarga.


Berwisata ke jatim Park 1 jangan lewatkan Museum Tubuh yang merupakan salah satu wahana edukasi favorit di sana, lokasinya satu area dengan Jatim Park 1.


Perbedaan Wahana Wisata di Jatim Park 1, 2, dan 3

The Bagong Adventure Museum Tubuh merupakan tempat wisata edukasi yang berisi pembelajaran anatomi tubuh manusia, berbentuk relief tubuh manusia berkarakter Bagong yang terdiri dari 6 lantai dan dilengkapi fasilitas multimedia modern.


Pada museum tubuh ini terdapat zona gigi, zona telinga, zona hidung, zona otak, zona mata, zona pembuluh darah, zona jantung, zona paru-paru, zona hati, zona ginjal, dan masih banyak lagi zona lainnya.


Di Museum Tubuh juga terdapat ruang yang menampilkan spesimen tubuh manusia asli yang diawetkan dengan teknik plastinasi. Untuk melihat koleksi cadaver (mayat) yang telah diawetkan itu, pengunjung harus sudah berusia 18 tahun ke atas.


Setelah puas menikmati Museum Tubuh saatnya lanjut Jatim Park 1 untuk mengunjungi taman belajar yang pastinya dapat menambah wawasan edukasi, seperti Galeri Etnik, Kimia-Biologis, Taman Fisika, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Setelah menikmati museum tubuh dan taman belajar, selanjutnya pengunjung dapat menikmati bioskop 3 dimensi, waterboom, beraneka ragam wahana permainan yang sifatnya untuk hiburan hingga menantang seperti Sky Ride, Sky Swinger, Flying Tornado, 360o Pendulum dan masih banyak lagi.


Untuk melihat dari atas wahana permainan apa saja yang ada di Jatim Park 1, silakan naik saja kereta kecil di wahana Sky Ride. Selain lokasi wahana permaian yang akan terlihat, pengunjung juga dapat melihat hamparan pemandangan indah lho.


Di dekat wahana 360o Pendulum, terdapat wahana permainan yang bernama Enterprise Ride. Sekilas wahana ini mirip seperti bianglala, tetapi ternyata cukup ekstrim lho.




Jatim Park 2


Beralamat di Jalan Oro-Oro Ombo No. 9 Kota Wisata Batu Jawa Timur, Jatim Park 2 dikenal juga dengan nama Batu Secret Zoo.


Berbeda dengan Jatim Park 1 yang berkonsep edukasi, Jatim Park 2 berisi Kebun Binatang yang didesain modern dan apik dengan koleksi berbagai satwa.


Kebun Binatang di Jatim Park 2 ini sangat menarik untuk dikunjungi karena selain pengunjung dapat melihat koleksi hewan dari jarak dekat, berinteraksi dengan satwa, berfoto, hingga memberi makan secara langsung.


Perbedaan Wahana Wisata di Jatim Park 1, 2, dan 3

Di zona Savannah pengunjung berjalan di tengah kandang berisi hewan besar, tenang di kanan kiri jalan ada kacanya sehingga aman.


Ada juga River Adventure, yaitu mengarungi sungai dengan perahu yang dikelilingi satwa unik.


Masih banyak lagi zona menarik di Batu Secret Zoo, seperti Monkey Island, Reptile Garden, Zona Aquarium, Water Park, Kapal Nabi Nuh, Animal Coaster, Octopus, Tsunami, dan lain-lain.


Perbedaan Wahana Wisata di Jatim Park 1, 2, dan 3

Di halaman depan tepat sebelah Batu Secret Zoo terdapat bangunan tinggi beraksitektur ala Romawi dengan tiang penyangga besar, itu adalah Museum Satwa.


Perbedaan Wahana Wisata di Jatim Park 1, 2, dan 3

Di Museum Satwa ini pengunjung Jatim Park 2 bukan hanya terhibur dengan fosil hewan purba dan diorama berbagai macam satwa, tetapi juga akan teredukasi sehingga akan bertambah wawasan.


Selain Museum Satwa, kunjungi juga Eco Green Park yang juga berlokasi di Jatim Park 2.


Di Eco Green Park, pengunjung bukan saja mendapatkan hiburan yang menyenangkan tetapi juga akan bertambah wawasan dalam hal pengetahuan lingkungan dan alam.



Jatim Park 3


Beralamat di Jalan Raya Ir. Soekarno No. 144 Beji – Junrejo Kota Wisata Batu Jawa Timur, Jatim Park 3 merupakan gererasi ketiga dari Jatim Park.


Sesuai dari nama Jatim Park 3 yaitu Dino Park, di dalamnya berisi taman wisata untuk mengenal dan belajar tentang hewan purbakala seperti dinosaurus.


Setelah melewati pintu masuk, pengunjung dapat melihat seperti apa bentuk hewan purbakala, fosil, hingga kerangka dinosaurus.


Bukan hanya Museum Dino, di Jatim Park 3 terdapat wahana Jelajah 5 Zaman yang berupa kereta besar untuk menjelajah kehidupan dari zaman permian hinggga zaman ice age.


Perbedaan Wahana Wisata di Jatim Park 1, 2, dan 3
Sumber: https://jtp.id/dinopark/

Lalu ada wahana yang bernama Ice Age atau Zaman Es, dimana didalamnya berisi mahkluk hidup yang beratahan di suhu ekstrim seperti mamoth, smilodon, dan lainnya.


Ada juga The Rimba, dimana di dalamnya berisi puluhan jenis mahkluk prasejarah.


Perbedaan Wahana Wisata di Jatim Park 1, 2, dan 3
Sumber: https://jtp.id/dinopark/

Di Jatim Park 3 ini ada juga wahana yang bernama Jembatan Akar, dimana pengujung dapat melihat berbagai dinosaurus dari ketinggian dan dengan lehernya yang panjang elasmo akan menyapa bahkan jauh lebih tinggi dari jembatan akar.


Untuk urusan permainan di Jatim Park 3 ini juga ada loh, seperti Active Fun House, Bumper Car, dan sebagainya.


Itulah perbedaan wahana antara Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3.


Untuk melihat atau mengunduh peta wahana di Jatim Park silakan kunjungi situs resminya melalui tautan berikut:

Peta wahana di Jatim Park 1

Peta wahana di The Bagong Adventure Museum Tubuh

Peta wahana di Jatim Park 2 (Batu Secret Zoo)

Peta wahana di Museum Satwa

Peta wahana di Eco Green Park

Peta wahana di Jatim Park 3 (Dino Park)


Selamat berwisata dan semoga bermanfaat...

Load comments