Nama-Nama Komponen Kompor Gas dan Fungsinya

Nama bagian-bagian kompor gas portable dan tanam beserta fungsinya
Nama-Nama Komponen Kompor Gas dan Fungsinya

Kompor gas merupakan salah satu peralatan memasak yang paling umum digunakan, dahulu mungkin masih banyak yang menggunakan kompor minyak tanah tapi kini umumnya telah beralih pada kompor gas.

Ada 2 jenis kompor gas yaitu portable dan tanam, kompor gas poratble merupakan kompor yang dapat dipindah-pindah sedangkan kompor gas tanam merupakan kompor yang di tanam pada meja kompor sehingga tidak memungkinkan untuk dipindah-pindah seperti kompor portable.

Kompor gas portable dan tanam terdiri dari beberapa komponen sebagai satu kesatuan yang saling terkait dengan fungsi yang berbeda-beda.

Mengetahui nama-nama komponen atau bagian-bagian kompor gas dapat berguna ketika mengalami masalah dan ingin memberbaiki atau mengganti suku cadangnya.

Dengan demikian setidaknya tidak akan kesulitan menyebut namanya ketika membeli atau mencari informasi terkait perbaikan pada suku cadang kompor gas yang rusak.

Berikut bagian-bagian kompor gas portable dan tanam beserta fungsinya:

Body Kompor

Merupakan bentuk atau badan kompor yang berfungsi sebagai penyangga dan tempat bagian-bagian kompor lainnya.

Front Panel

Nama-Nama Komponen Kompor Gas dan Fungsinya
Contoh kompor gas portable merek Rinnai

Adalah bagian depan body kompor, pada kompor gas portable berfungsi untuk meletakan knop juga fitur lainnya (jika ada) dan biasanya pada bagian ini terdapat merek serta seri kompor.

Pada kompor tanam biasanya tidak terdapat front panel, karena umumnya hanya bagian atas saja yang nampak pada meja kompor.

Top Plate

Merupakan bagian atas body kompor, pada kompor portable bagian ini dapat dibuka tutup untuk memudahkan ketika membersihkan mesin dan bagian dalam kompor.

Pan Suport

Merupakan dudukan pada area tungku yang berfungsi untuk menyangga wadah memasak.

Burner Head

Burner merupakan komponen pada kompor gas yang berfungsi sebagai alat pertemuan gas dan oksigen sehingga menghasilkan nyala api, sedangkan Burner Head yaitu tutup burner atau tutup tungku. Biasanya api keluar melewati samping atau lubang kecil pada permukaan burner head ini.

Bentuk burner head biasanya bulat seperti donat dengan beberapa lubang kecil pada permukaannya, bagian sampingnya didesain seperti cerobong sebagai tempat keluarnya nyala api. Desain burner bermacam-macam, biasanya ada perbedaan pada desain permukaannya baik atas maupun sisi-sisinya.

Beda tipe kompornya bisa berbeda pula desain burner headnya, beda desain burner headnya dapat berbeda pula jenis nyala apinya.

Simmer Burner

Simmer burner merupakan tungku kecil yang terletak di tengah-tengan burner tetapi tidak semua kompor gas terdapat komponen yang satu ini.

Biasanya simmer burner berfungsi sebagai tempat keluarnya jenis api lilin, yang digunakan untuk menghangatkan makanan.

Seperti burner head, simmer burner dapat dilepas dan dipasang kembali.

Sealed Burner

Merupakan komponen pada kompor gas tanam yang berfungsi untuk mencegah kotoran atau tumpahan makanan masuk ke dalam body kompor.

Grilling Burner

Merupakan tempat yang berfungsi untuk memanggang makanan, tetapi tidak semua kompor gas terdapat tempat pemanggang.

Pematik Api (mesin kompor)

Letaknya di dalam body kompor, merupakan alat yang berfungsi menyalurkan gas ke burner, penghubung antara knop dan burner, dan sebagai pemantik api.

Knob

Yaitu alat atau tombol untuk menyalakan dan mematikan api pada kompor gas.

Pada kompor gas portable, umumnya terletak pada body kompor bagian depan (front panel) tetapi pada kompor gas tanam terletak pada body kompor bagian atas (top plate)

Nama-Nama Komponen Kompor Gas dan Fungsinya
Contoh kompor gas tanam merek Rinnai

Rubber Leg

Merupakan komponen pada kompor gas portable yang berfungsi sebagai penyangga body kompor, selain itu juga berfungsi untuk mencegah kompor bergeser.

Itulah bagian-bagian kompor gas baik portable maupun tanam beserta fungsinya.

Semoga bermanfaat...

Referensi:
https://www.rinnai.co.id/kenali-bagian-bagian-rinnai-kompor-portable/
https://www.rinnai.co.id/yuuuk-kenali-bagian-bagian-kompor-tanam-rinnai/

Source Image:
https://www.rinnai.co.id/kompor-gas-rinnai-ri-524a/
https://www.rinnai.co.id/kompor-tanam-rinnai-rb-73sv-gb/
*image dengan perubahan seperlunya

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.