Nama-Nama Komponen Kompor Gas dan Fungsinya

Nama-Nama Komponen Kompor Gas dan Fungsinya

Nama-Nama Komponen Kompor Gas dan Fungsinya

Kompor gas merupakan salah satu peralatan memasak yang paling umum digunakan, dahulu mungkin masih banyak yang menggunakan kompor minyak tanah tapi kini umumnya telah beralih pada kompor gas.


Ada 2 jenis kompor gas yaitu portable dan tanam, kompor gas poratble merupakan kompor yang dapat dipindah-pindah sedangkan kompor gas tanam merupakan kompor yang di tanam pada meja kompor sehingga tidak memungkinkan untuk dipindah-pindah seperti kompor portable.


Kompor gas portable dan tanam terdiri dari beberapa komponen sebagai satu kesatuan yang saling terkait dengan fungsi yang berbeda-beda.


Mengetahui nama-nama komponen atau bagian-bagian kompor gas dapat berguna ketika mengalami masalah dan ingin memberbaiki atau mengganti suku cadangnya.


Dengan demikian setidaknya tidak akan kesulitan menyebut namanya ketika membeli atau mencari informasi terkait perbaikan pada suku cadang kompor gas yang rusak.


Berikut bagian-bagian kompor gas portable dan tanam beserta fungsinya:


Body Kompor


Merupakan bentuk atau badan kompor yang berfungsi sebagai penyangga dan tempat bagian-bagian kompor lainnya.


Front Panel


Nama-Nama Komponen Kompor Gas dan Fungsinya
Contoh kompor gas portable merek Rinnai

Adalah bagian depan body kompor, pada kompor gas portable berfungsi untuk meletakan knop juga fitur lainnya (jika ada) dan biasanya pada bagian ini terdapat merek serta seri kompor.


Pada kompor tanam biasanya tidak terdapat front panel, karena umumnya hanya bagian atas saja yang nampak pada meja kompor.


Top Plate


Merupakan bagian atas body kompor, pada kompor portable bagian ini dapat dibuka tutup untuk memudahkan ketika membersihkan mesin dan bagian dalam kompor.


Baca juga: Ukuran Minimal dan Idealnya Kitchen Set


Pan Suport


Merupakan dudukan pada area tungku yang berfungsi untuk menyangga wadah memasak.


Burner Head


Burner merupakan tempat keluarnya api pada kompor gas, burner head yaitu tutup tungku. Biasanya api keluar melewati bawah tungku atau lubang pada burner head.


Bentuk burner biasanya bulat, tetapi biasanya ada perbedaan pada bentuk permukaannya baik atas maupun sisi-sisinya. Beda bentuk burner headnya dapat berbeda pula pula jenis apinya.


Simmer Burner


Bentuk burner biasa bulat dan ada lubang di tengah (seperti donat), nah simmer burner merupakan tungku kecil yang terletak di tengah-tengan burner tetapi tidak semua kompor gas terdapat komponen yang satu ini.


Biasanya simmer burner berfungsi sebagai tempat keluarnya jenis api lilin, yang digunakan untuk menghangatkan makanan.


Sealed Burner


Merupakan komponen pada kompor gas tanam yang berfungsi untuk mencegah kotoran atau tumpahan makanan masuk ke dalam body kompor.


Grilling Burner


Merupakan tempat yang berfungsi untuk memanggang makanan, tetapi tidak semua kompor gas terdapat tempat pemanggang.


Pematik Api (mesin kompor)


Letaknya di dalam body kompor, merupakan alat yang berfungsi menyalurkan gas ke burner, penghubung antara knop dan burner, dan sebagai pemantik api.


Knob


Yaitu alat atau tombol untuk menyalakan dan mematikan api pada kompor gas.


Pada kompor gas portable, umumnya terletak pada body kompor bagian depan (front panel) tetapi pada kompor gas tanam terletak pada body kompor bagian atas (top plate)


Nama-Nama Komponen Kompor Gas dan Fungsinya
Contoh kompor gas tanam merek Rinnai

Rubber Leg


Merupakan komponen pada kompor gas portable yang berfungsi sebagai penyangga body kompor, selain itu juga berfungsi untuk mencegah kompor bergeser.


Itulah bagian-bagian kompor gas baik portable maupun tanam beserta fungsinya.


Semoga bermanfaat...


Sumber:

https://www.rinnai.co.id/kenali-bagian-bagian-rinnai-kompor-portable/

https://www.rinnai.co.id/yuuuk-kenali-bagian-bagian-kompor-tanam-rinnai/

Image:

https://www.rinnai.co.id/kompor-gas-rinnai-ri-524a/

https://www.rinnai.co.id/kompor-tanam-rinnai-rb-73sv-gb/

*image dengan perubahan seperlunya

Rekomendasi
Load comments