Cara Bikin Background Foto Blur (Bokeh) di Kamera Bawaan Oppo A53

Cara membuat latar belakang foto blur (bokeh) di hp Oppo a53: 1. Buka Kamera 2. Alihkan ke mode POTRET (PORTRAIT) 3. Atur persentase bokeh
Cara Bikin Background Foto Blur (Bokeh) di Kamera Bawaan Oppo A53

Pengguna hp oppo a53 dimungkinkan dapat memotret objek dengan hasil latar belakang atau background blur atau yang dikenal dengan bokeh menggunakan kamera bawaan tanpa harus menginstal aplikasi tambahan.

Caranya sangat mudah dan simple, jadi tak perlu seting ini itu pada kamera. Cukup lakukan beberapa langkah saja kemudian bidikan kamera pada objek yang dikendaki maka latar belakang atau area sekitar objek yang ingin ditonjolkan tersebut akan menjadi blur (bokeh).

Tanpa harus diedit lho, jadi benar-benar latar belakang pada foto menjadi buram, kabur, bias, atau blur.

Sebelum lanjut pada langkah-langkah bagaimana memotret menggunakan kamera oppo a53 untuk menghasilkan latar belakang blur (bokeh), ada baiknya ketahui dulu apa itu blur dan apa itu bokeh.

Mungkin masih banyak yang menganggapnya sama, pada dasarnya blur dan bokeh itu berbeda loh...

Atau mungkin masih banyak yang belum kenal dengan istilah bokeh, tahunya kalau foto latar belakangnya buram itu merupakan foto yang blur.

Lalu apa bedanya blur dan bokeh itu?

BLUR

Merujuk pada KBBI, arti kata blur yaitu kurang terang (tentang foto dan sebagainya).

Dari pengertian di atas, foto blur berarti foto yang kurang terang yang bisa diartikan juga buram, kabur, bias, atau tidak jelas.

Jadi bukan hanya backgroundnya saja namun keseluruhan objek yang difoto menjadi tidak jelas, sehingga tidak ada objek yang ditonjolkan.

Biasanya foto blur terjadi karena ketidaksengajaan, saat memotret objek yang bergerak, atau karena adanya pengaruh cahaya.

Cara Bikin Background Foto Blur (Bokeh) di Kamera Bawaan Oppo A53

Saat memotret objek yang diam pun hasilnya bisa tidak jelas, kabur, atau buram jika ada pergerakan pada kamera.

Untuk mendapatkan hasil foto blur tidak dibutuhkan kamera khusus, apa pun kameranya sangat dimungkinkan bisa menghasilkan foto blur.

BOKEH

Foto bokeh banyak digunakan pada fotografi dengan tujuan untuk membuat foto lebih menarik.

Dalam KBBI disebutkan bahwa bokeh memiliki arti foto yang menonjolkan objek utama dengan fokus yang sangat tajam, sementara latar belakang (dan/atau depan) sangat kabur.

Dari pengertian bokeh di atas berarti foto bokeh itu juga foto blur tetapi ada objek yang ditonjolkan dengan terlihat jelas, sementara area disekitarnya entah itu latar belakang atau atas, bawah, kanan, dan kirinya dari objek terlihat blur/kabur.

Cara Bikin Background Foto Blur (Bokeh) di Kamera Bawaan Oppo A53

Jadi walau sama-sama ada blurnya, tidak semua foto blur bisa disebut bokeh loh.

Ciri foto bokeh bukan hanya latar belakang atau sekitar area objek yang ingin ditonjolkan tampak blur, kabur, atau buram saja tetapi cahaya dan sinar lampu akan berbentuk bulatan-bulatan bokeh.

Seperti pada foto berikut, foto bokeh di malam hari dapat membuat sinar lampu tampak menjadi bulatan-bulatan bokeh.

Cara Bikin Background Foto Blur (Bokeh) di Kamera Bawaan Oppo A53

Untuk mendapatkan foto bokeh diperlukan kamera khusus yang memiliki bukaan tertentu, bokeh yang dihasilkan tergantung dari besar kecilnya bukaan iris lensa atau yang dikenal dengan f number.

Nah kamera bawaan hp oppo a53 dapat digunakan untuk menghasilkan foto bokeh, tak perlu menginstal aplikasi tambahan loh.

Sekedar informasi bagian belakang oppo a53 dilengkapi dengan kamera utama 13MP, kamera portrait 2MP, dan lensa makro 2 MP sementara bagian depan untuk kebutuhan selfie menggunakan sensor 16MP.

Untuk mendapatkan foto bokeh di hp oppo a53 ini caranya cukup mudah, tak perlu setting tambahan cukup lakukan langkah sederhana seperti berikut ini:

Buka kamera bawaan Oppo A53.

Setelah kamera terbuka, biasanya akan ditampilkan halaman dalam mode FOTO (PHOTO).

Cara Bikin Background Foto Blur (Bokeh) di Kamera Bawaan Oppo A53

Alihkan halaman ke mode POTRET (PORTRAIT).

Untuk mengatur persentase bokeh, ketuk ikon sinar matahari di pojok kiri atas.

Jika sudah, ketuk lingkaran putih untuk memotret.

Sampai di sini kamu sudah dapat membuat foto bokeh atau foto dengan latar belakang yang blur.

Bagaimana, mudah bukan?

Untuk lebih jelasnya, simak juga video berikut ya...

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat...

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.