Denah Rumah untuk Ciptakan Kesempurnaan Bangunan

Denah Rumah untuk Ciptakan Kesempurnaan Bangunan

Denah Rumah untuk Ciptakan Kesempurnaan Bangunan

Mendapatkan hasil bangunan seperti dengan impian adalah dambaan bagi semua orang ketika sedang melakukan pembangunan rumah. Tempat yang digunakan untuk berteduh dari panas dan hujan serta sebagai tempat berkumpulnya keluarga ini, tentu diharapkan kuat dan mempunyai desain sesuai dengan yang diharapkan pemiliknya agar awet sehingga dapat ditempati untuk jangka waktu yang lama.


Namun untuk memperoleh hasil seperti yang diharapkan itu, sebelum pembangunan dimulai kita harus membuat perencanaan secara cermat dan teliti agar pelaksanaan pembangunan dapat berjalan lancar sehingga akan didapatkan hasil yang memuaskan.


Salah satu perencanaan sebagai langkah awal untuk menuju itu semua adalah dengan membuat denah rumah, karena denah tersebut merupakan bekal baik dalam pelaksanaan pembangunan maupun perawatan bangunan itu setelah jadi nantinya.


Denah rumah adalah gambar bangunan rumah yang tampak dari atas dan tanpa atap sehingga lantai dapat terlihat.


Denah rumah akan menjadi pemandu bagi tukang sebagai pelaksana pembangunan. Dapat dibayangkan apabila tukang bekerja tanpa panduan dalam melaksanakan tugasnya, kemungkinan bisa saja hasilnya tak seperti yang diharapkan.


Denah rumah juga akan menjadi bahan pertimbangan bagi kita dalam membuat Rencana Anggaran Biayanya, juga akan memudahkan saat kita melakukan perawatan serta perbaikan berbagai instalasi listrik dan air.


Denah rumah bukan hanya terdiri dari garis-garis sebagai pembatas ruang, namun di situ juga terdapat pintu, jendela, maupun bukaan dinding lainnya. Sehingga penempatan serta arah hadap pintu dan jendela dapat direncanakan dengan baik, termasuk sirkulasi udara dan pencahayaan pada setiap ruang dapat direncanakan dengan baik pula agar kelak dapat difungsikan secara maksimal.


Baca juga:


Denah rumah itu juga dapat dijadikan sebagai media untuk perencanaan penempatan furniture/perabotan rumah, sehingga akan sangat membantu dalam mengatur penempatan pengisi ruangan pada rumah Anda. Apalagi jika membuat denah rumah dengan gambar 3 dimensi, ini akan tampak hampir seperti nyata.


Dalam gambar denah rumah biasanya terdapat tulisan 1:100, angka tersebut merupakan skala yang digunakan dalam membuat denah rumah. Cara membacanya yaitu setiap 1 cm mewakili 100 cm atau setiap 1 cm mewakili 1 m. Apabila ada skala dengan angka yang lain maka membacanya sama seperti itu juga.


Untuk membuat denah rumah diperlukan beberapa data sebagai pendukung, agar gambar yang dibuat benar-benar akurat, seperti luas tanah, posisi jalan, arah hadap rumah, kebutuhan ruang, dan lain-lain.


Secara sederhana Anda dapat menggambarnya sendiri baik secara manual dengan menggunakan kertas serta alat tulis atau menggunakan komputer dengan memanfaatkan program word juga exel. Untuk hasil yang lebih baik bisa menggunakan sofware gratis khusus untuk membuat desain rumah atau untuk menggambar bentuk 3 dimensi. Sebagai referensi, silakan cari di internet karena di situ dapat ditemukan banyak sekali contoh-contoh gambar denah rumah.


Namun jika tidak ingin membuatnya sendiri Anda dapat mempercayakannya kepada arsitek atau orang yang berkecimpung dalam dunia bangunan, karena mereka mempunyai ilmu serta pengalamam dalam bidangnya.


Baca juga: Tips Jika Ingin Membangun Rumah Menggunakan Arsitek.


Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa membuat denah rumah merupakan salah satu bagian tahap awal dalam perencanaan sebuah bangunan. Dengan membuatnya diharapkan akan tercipta rumah dengan desain dan tata ruang yang apik serta struktur bangunan yang kuat.


Maka jangan sampai kecewa pada bangunan rumah yang telah jadi nantinya, yang pastinya telah menguras isi kantong, tenaga, dan pikiran Anda.


Perlu diingat juga bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna, akan tetapi dengan membuat denah rumah tentu akan menjadi jembatan untuk mendekati titik kesempurnaan dari pembangunan rumah.


Semoga bermanfaat...

Load comments