Denah Rumah Minimalis 1 Lantai

Denah Rumah Minimalis 1 Lantai

Denah Rumah Minimalis 1 Lantai

Membuat denah rumah sebelum pelaksanaan pembangunan termasuk bagian dari perencanaan yang penting jadi sebaiknya jangan dikesampingkan, karena dapat menjadi panduan bagi tukang sebagai pelaksana dari pembangunan.


Selain itu denah tersebut juga akan "menceritakan" tentang berbagai hal yang berhubungan dengan bangunan rumah.


Denah rumah kali ini adalah bergaya minimalis. Rumah dengan konsep minimalis merupakan rumah yang simpel, tidak banyak ornamen, meminalisir sekat antar ruang, dan sebagainya.


Pada denah rumah yang tampak pada gambar dapat terlihat bahwa bangunan terdepan rumah (ruang tamu) terletak hanya 1 meter dari jalan. Hal ini dikarenakan lahan yang tersedia tidak begitu luas namun harus dapat memenuhi kelengkapan dari ruang yang harus disediakan untuk penghuni rumah.


Di sebelah kanan terdapat carport yang cukup untuk memarkir kendaraan Anda atau dapat juga dijadikan halaman rumah. Area antara jalan dengan bangunan terdepan rumah tersebut dapat dimanfaatkan sebagai taman, walaupun hanya dengan lebar 1 meter namun cukup sebagai ruang hijau.


Seperti yang telah diuraikan di atas, bahwasanya jarak bangunan begitu dekat dengan jalan, maka dapat anda lihat bahwa pintu utama tidak menghadap ke jalan namun menghadap ke samping rumah yaitu menghadap ke arah carport. Dengan begitu privasi penghuni rumah dapat terjaga, selain itu juga akan meminimalisir masuknya debu yang berasaal dari jalan saat pintu utama terbuka.


Ruang tamu yang berada di sudut rumah terletak berdampinagan dengan ruang keluarga dan di sisi lainnya dibatasi dengan dinding kamar. Sebagai pembatas antara ruang tamu dengan ruang keluarga anda dapat menggunakan furniture, tirai, partisi, dan sekat ruang yang tidak permanen.


Sekat itu dapat Anda buat dengan menggunakan kayu solid maupun kayu olahan. Untuk mempercantik tampilan ruang tamu, dapat juga dengan memadukan kayu dan kaca jenis tertentu.


Ruang keluarga pada denah rumah di atas terlihat menyatu dengan ruang makan, karena memang antara ruang keluarga dan ruang makan tidak ada sekat yang membatasinya. Di samping kanan ruang makan terdapat garasi motor, tentu saja dibatasi dengan dinding dan terdapat pintu sebagai akses jalannya.


Sedangkan di sebelah kirinya terdapat kamar tidur. Jikalau terus berjalan ke belakang makan akan menjumpai pintu kamar tidur utama.


Ya memang kamar tidur utama yang dilengkapi dengan kamar mandi/wc di dalamnya memang hampir sebagiannya terletak segaris dengan ruang keluarga dan ruang makan. Kamar mandi juga terdapat diantara 2 kamar tidur yang berada pada bagian kiri bangunan.


Denah Rumah Minimalis 1 Lantai

Tepat sebelah kamar tidur ke 2 terdapat mushola keluarga yang dilengkapi dengan tempat wudu. Dimana tempat wudu tersebut sekaligus dijadikan sebagai tempat untuk mencuci.


Terlihat pada gambar bahwasanya mushola tidak tepat menghadap kiblat, ini ditunjukan dengan arah sajadah yang tampak serong ke kanan. Memang akan tidak mudah membuat mushola yang berada di dalam rumah kalau harus tepat menghadap kiblat, karena ruang sholat keluarga tersebut tentunya juga berhubungan dengan ruang lainnya.


Bukankah estetika dari penataan ruang juga harus diperhitungkan?


Memang jikalau Anda dapat membuat mushola keluarga yang terletak di dalam rumah dengan sempurna menghadap arah kiblat, pastinya itu akan jauh lebih baik. Namun sholatlah yang harus menghadap kiblat bukan ruang sholatnya.


Di seberang mushola tersebut terdapat dapur dan disebelah dapur yaitu antara tempat wudu dan cuci dengan ruang dapur terdapat pintu keluar sebagai akses dari dan menuju teras serta halaman belakang. Dimana halaman belakang tersebut dapat dimanfaatkan sebagai area jemur.


Namun jika anda menginginkan area jemur berada di atas maka anda dapat membuatnya dengan cara membuat atap dak pada ruang cuci dan wudu serta dapur atau salah satunya.


Demikian yang dapat saya ceritakan dari gambar Denah Rumah Minimalis 1 Lantai di atas. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi anda dan jikalau luas lahan yang tersedia tidak sesuai maka silakan sesuaikan ukuran tiap ruangannya.


Silakan lihat desain rumahnya melalui tautan berikut ini:


Desain Rumah Minimalis 1 Lantai


Semoga bermanfaat...

Load comments