Desain Rumah Islami Minimalis 2 Lantai

Desain Rumah Islami Minimalis 2 Lantai

Desain Rumah Islami Minimalis 2 Lantai

Terdapat 2 bagian dalam tata ruang/area rumah Islami yaitu yang bersifat publik dan privat. Agar aktifitas dapat dilakukan dengan bebas pada ruang privat seharusnya aktifitas di ruang tersebut tidak terlihat dari ruang yang bersifat publik.


Lihat denah rumah di atas pada:

Denah Rumah Islami Minimalis 2 Lantai


Mungkin tidak akan mudah jika harus menjadikan tata ruang Islami secara sempurna, karena hal ini akan dipengaruhi oleh luas lahan yang tersedia.


Semakin sempit lahannya tentu kanan membutuhkan kreatifitas yang lebih dalam penataan ruangnya, namun bagi yang mempunyai lahan yang luas tentu akan lebih mudah dalam membuat rumah dengan penataan ruang secara Islami.


Tata ruang pada Desain Rumah Minimalis 2 Lantai yang saya sajikan ini dibuat dengan mempertimbangkan bagaimana agar aktifitas pada ruang yang bersifat privat dapat dilakukan dengan bebas, tentu saja dengan aurat yang tetap terjaga dari pandangan yang bukan mukhrimnya yang berasal dari ruang publik di dalam rumah tersebut.


Selain tata ruang secara Islami rumah ini juga memiliki taman dan carport, juga terdapat 2 teras yaitu terletak di depan dan di samping rumah. Teras itu tepatnya berada pada depan pintu utama dan sebelah mushola keluarga. Pada lantai 2 terdapat balkon yang masing-masing terletak tepat di atas balkon dan sebagian ruang tamu.


Pintu utama seperti yang terlihat pada gambar di atas adalah menghadap ke jalan, namun apabila anda menginginkan dapat dirubah yaitu menghadap ke arah carport. Posisi ini akan lebih menjaga privasi ketika pintu utama terbuka, namun disisi lain akan mengurangi keleluasaan pada ruang tamu.


Pada gambar terlihat kaca jendela yang di gunakan adalah jenis kaca bening sehingga situasi di dalam rumah dapat terlihat dari luar. Untuk lebih menjaga privasi sebaiknya menggunakan jenis kaca yang tidak transparan seperti kaca reflektive, kaca patri, kaca ukir, atau jenis kaca yang lainnya.


Kaca-kaca tersebut walau tidak transparan tetapi tetap tembus cahaya. Jenis-jenis kaca itu juga akan menambah estetika pada bangunan rumah. Namun apabila anda lebih memilih untuk menggunakan jenis kaca bening, maka sebaiknya anda memasang tirai sebagai penjaga privasinya.


Tempat cuci dan area jemur pada desain rumah ini berada pada lantai 2, hal ini juga akan memberikan kebebasan saat anda mencuci.


Bukankah anda membutuhkan kebebasan saat mencuci?


Dan bukankah dalam aktifitas mencuci juga harus tetap menjaga aurat dari pandangan yang bukan mukhrimnya?


Pada gambar juga terlihat bahwasanya atap garasi dan ruang di belakangnya menggunakan cor beton bukan genteng. Karena dengan menggunakan atap cor beton, anda dapat mengembangkan area tersebut sebagai kamar kos, taman, atau memanfaatkannya sebagai kamar tamu.


Desain Rumah Islami Minimalis 2 Lantai
Tampak Belakang

Sehingga apabila kamar tamu dipindahkan ke atas garasi maka kamar tamu pada lantai 1 dapat dialihfungsikan sebagai ruang kerja atau tempat usaha, seperti toko, butik, dan lain-lain.


Semoga bermanfaat...