Denah Rumah Islami + Tempat Kost

Denah Rumah Islami + Tempat Kost

Denah Rumah Islami + Tempat Kost

Kali ini Rumah Sae akan berbagi denah rumah dengan tata ruang yang Islami, dimana  rumah ini juga difungsikan sebagai tempat kost. Jadi di dalamnya terdapat kamar kost, tepatnya di atas garasi.


Tata ruang Islami pada prinsipnya adalah bagaimana setiap aktifitas yang dilakukan pada ruang yang bersifat privat dapat terlindungi dari pandangan yang bukan mukhrimnya, sehingga aktifitas tersebut dapat dilakukan dengan bebas. Khususnya bagi kaum perempuan yang memiliki aurat hampir seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangannya.


Berikut Denah Rumah Islami dan Tempat Kost:


Lantai 1


Pada lantai ini sebenarnya tidak banyak perubahan, hampir semua tata ruangnya sama dengan Denah Rumah Islami Minimalis 2 Lantai. Perubahan ada pada bentuk mushola dan penambahan tangga yang terletak pada garasi. Tangga tersebut merupakan penghubung antara lantai 1 dengan area/tempat kost. Perubahan bentuk mushola juga mempengaruhi bentuk dari tempat wudu.


Denah Rumah Islami + Tempat Kost

Dengan adanya perubahan itu juga akan memberikan kemudahan dalam lalu lintas baik orang maupun barang, tepatnya pada area antara garasi, tangga, dan mushola. Selain itu juga akan memberikan kemudahan ketika menggunakan tangga.


Ada tangga khusus sebagai penghubung antara lantai 1 dan tempat kost yang berada pada lantai 2, agar para penghuni kost dapat naik turun tangga secara bebas tanpa ada rasa sungkan, dan tentunya agar tidak usah melewati ruang keluarga. Untuk menuju tangga tersebut, penghuni kost dapat masuk melalui pintu utama maupun pintu garasi.


Denah Rumah Islami + Tempat Kost

Lantai 2


Pada lantai ini lebih banyak perubahan, yaitu area sebagai tempat kost. Tepatnya berada di atas garasi sampai di atas gudang.


Penambahan ruang itu antara lain: balkon yang berada di depan yaitu di atas carport, kemudian ada 3 kamar kost, kamar mandi/wc yang juga difungsikan sebagai tempat cuci, dapur, serta area jemur yang tepat berada di atas gudang.


Denah Rumah Islami + Tempat Kost

Ukuran kamar kost memang tidak begitu luas, yaitu hanya berukuran 300 cm x 250 cm. Kamar mandi/wc sedikit agak luas apabila dibandingkan dengan seluruh kamar mandi/wc yang terdapat pada rumah ini.


Dapur terletak di depan kamar mandi, ukuran dapur itu memang tidak luas karena memang dapur tersebut bukan diperuntukkan untuk keperluan seperti sebuah keluarga. Dapur hanya untuk keperluan sederhana saja, seperti sekedar memasak mie instan, membuat nasi goreng, atau sekedar memasak air untuk membuat minuman saja.


Diantara dapur dan kamar mandi terdapat pintu untuk keluar masuk dari dan ke area jemur. Luas area jemur sama dengan luas gudang.


Denah Rumah Islami + Tempat Kost

Note: Gambar di atas merupakan denah lantai 2 yang telah diastukan dengan lantai 1.

Itulah uraian tentang Denah Rumah Islami + Tempat Kost. Silakan lihat desain rumah dari denah di atas pada: Desain Rumah Islami + Tempat Kost


Semoga bermanfaat...

Load comments