Desain Rumah Islami + Tempat Kost

Desain Rumah Islami + Tempat Kost

Desain Rumah Islami + Tempat Kost

Setiap umat muslim hendaknya memiliki rumah yang bernuansa Islami. Hal utama yang harus dipenuhi dalam rumah Islami adalh tata ruang yang sesuai dengan nilai-nilai Islami, yaitu tata ruang yang dapat melindungi aurat penghuninya namun juga tetap memudahkan dalam silaturrahim.


Dalam membuat rumah Islami jangan fokus pada desain eksterior maupun interiornya yang penuh dengan ornamen ala timur tengah maupun kaligrafi saja misalnya.


Utamanya adalah lebih berkonsentrasi pada tata ruangnya. Jadi tata ruang tersebut harus dapat menjaga aurat penghuninya dari pandangan yang bukan mukhrimnya.


Desain rumah yang saya sajikan kali ini merupakan modifikasi atau pengembangan dari desain rumah pada postingan sebelumnya. Di sini saya hanya akan menguraikan sedikit tentang perubahan-perubahannya saja.


"Sesuai dengan judul di atas yang terdapat kata "tempat kost", Itulah sebenarnya yang membedakan dengan desain yang telah saya bagikan sebelumnya.


Ya ada penambahan ruang di atas garasi sampai dengan di atas gudang, itulah yang dijadikan sebagai sebagai tempat kost. Memang tak banyak yang dapat dijadikan untuk kamar kast, yaitu hanya ada 3 kamar saja. Walaupun hanya sedikit, saya rasa cukup untuk menambah penghasilan.


Selain kamar kost juga terdapat beberapa ruang yang diperuntukkan untuk penghuni kost, seperti kamar mandi yang dapat digunakan untuk mandi cuci kakus atau MCK. Juga terdapat dapur serta area jemur. Jadi area jemur terpisah dengan pemilik rumah.


Sebenarnya desain awal dari rumah tersebut adalah sebagai hunian untuk keluarga saja bukan untuk tujuan sebagai tempat kost. Namun untuk memanfaatkan area kosong yang berada di atas garasi sampai gudang, maka munculah ide untuk menjadikan area tersebut sebagai tempat kost.


Selain penambahan ruang yang telah saya sebutkan di atas, perubahan yang saya lakukan adalah dengan menghilangkan ventilasi pada kamar tamu dan pada kamar yang terletak di atasnya, ventilasi tersebut tepatnya berada di arah depan dari masing-masing ruang itu.


Selain itu saya juga memindahkan jendela yang diperuntukkan sebagai penerang atau pencahayaan pada tangga, tepatnya berada di sebelah kiri rumah. Jendela itu saya pindahkan pada area balkon, namun tetap dengan fungsi yang sama yaitu sebagai pencahayaan untuk tangga. Jadi tidak mempengaruhi pencahayaan alami pada tangga.


Seperti dengan apa yang telah saya sampaikan pada postingan sebelumnya bahwasanya untuk menyempurnakan desain rumah Islami, usahakan untuk menggunakan jenis kaca tertentu sehingga aktifitas di dalam rumah menjadi tidak dapat terlihat dari luar.


Namun juga harus tepat dalam memilih dan menempatkan jenis kaca tersebut. Hati-hati jangan sampai salah karena dapat mengurangi keindahan bangunan serta fungsi dari jendelanya.


Misalnya untuk jendela ruang tamu dapat diterapkan jenis kaca reflektive, kaca patri, atau kaca warna. Kaca bening juga bagus untuk jendela rumah yang bergaya minimalis, namun untuk menjaga privasi sebaiknya anda memasang tirai pada jendela tersebut.


Dengan begitu aktifitas di dalam ruang privat dapat dilakukan dengan bebas tanpa khawatir aurat akan terlihat dari pandangan yang bukan mukhrimnya, terutama yang berasal dari ruang publik yang berada di dalam area rumah maupun dari luar area rumah.


Desain Rumah Islami + Tempat Kost

Tampak Belakang


Silakan lihat denah rumahnya pada: Denah Rumah Islami + Tempat Kost


Itulah Desain Rumah Islami + Tempat Kost, semoga bermanfaat...

Load comments