Denah Rumah di Lahan 12 m x 10 m

Denah Rumah di Lahan 12 m x 10 m


Denah rumah merupakan salah satu hal yang seharusnya ada ketika hendak membangun rumah, karena keberadaannya berhubungan dengan tata ruang.


Sehingga dengan adanya denah rumah yang telah di buat dengan pemikiran serta perhitungan yang serius, maka ini merupakan faktor pendukung terhadap kelancaran dari proses pembangunan serta terciptanya bangunan rumah dengan tata ruang yang baik.


Gambar denah rumah yang tersaji kali ini, semoga dapat memberi gambaran bagi Anda dalam membuat perencanaan dari tata ruang rumah yang hendak dibangun.


Denah rumah di bawah ini memiliki 2 lantai dan membutuhkan luas lahan sebesar 120 m2, yaitu untuk ukuran dari depan hingga ke belakang sepanjang 12 meter sedangkan untuk lebarnya adalah 10 meter.


Lantai 1


Denah Rumah di Lahan 12 m x 10 m

Pada lantai 1 terdapat ruang tamu yang berukuran 360 cm x 300 cm. Ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan terletak di samping ruang tamu. Pada ujung ruang keluarga terdapat tangga yang digunakan sebagai penghubung antara lantai 1 dan lantai 2.


Di sekitar ruang makan terdapat kamar tidur yang salah satunya adalah kamar tidur utama, dapur, dan garasi sepeda motor. Jadi banyak pintu yang aksesnya melalui ruang makan ini. Bahkan anak tangga yang pertama juga terdapat pada ruang makan, jadi ketika hendak menaiki tangga atau setelah menuruninya tentu saja akan melewati ruang yang berhubungan dengan urusan perut ini.


Jadi ruang keluarga dan ruang makan menjadi pusatnya, ini terbukti bahwa akses semua ruang akan melewati ruang itu.


Pada lantai 1 juga terdapat 2 kamar mandi, namun satu diantaranya merupakan hanya dapat dimasuki melalui kamar utama. Sedangkan kamar mandi yang dapat digunakan oleh penghuni rumah lainnya terletak di samping dapur.


Lantai 2


Denah Rumah di Lahan 12 m x 10 m

Setelah meaniki tangga dan ketika pertama kali menginjakkan kaki pada lantai 2 maka di sebelah kanan akan ditemui pintu yang menuju ke balkon, dimana balkon tersebut terletak tepat di atas teras rumah.


Sedangkan apabila menuju ke sebelah kiri maka akan ditemui 2 kamar tidur anak, dan di ujung kamar tersebut terdapat tempat cuci dan kamar mandi. Pada lorong yang menuju pada tempat cuci, tepatnya di sebelah kiri terdapat pintu untuk menuju ke area jemur. Jadi area jemur pada rumah ini terletak pada lantai 2.


Mushala yang dilengkapi dengan tempat wudu juga berada pada lantai ini, sehingga ketika sebelum sampai pada mushala akan ditemui tempat wudu terlebih dahulu.


Tepat di samping tempat wudu terdapat gudang, namun untuk memasukinya harus melewati area jemur karena pintu gudang terletak di luar.


Ruang kosong antara kamar anak dan gudang yang merupakan akses jalan untuk menuju tempat wudu dan mushola, dapat difungsikan sebagai ruang santai, ruang baca, atau ruang setrika.


Demikian sedikit penjelasan tentang gambar Denah Rumah di Lahan 12 m x 10 m, semoga dapat memberi gambaran kepada Anda yang hendak membangun rumah dengan luas lahan 120 m2. Namun apabila luas lahan kurang dari ukuruan tersebut, maka Anda dapat menyesuaikannya dengan luas lahan yang ada. Namun tentu saja harus mengurangi luas ruang-ruangnya.


Untuk melihat desainnya dari denah rumah di atas silakan kunjungi:


Desain Rumah di Lahan 12 m x 10 m


Semoga bermanfaat...

Load comments