Nilai Jual Tanah di Pinggir Jalan Raya

Nilai Jual Tanah di Pinggir Jalan Raya

Nilai Jual Tanah di Pinggir Jalan Raya

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa semakin hari harga tanah semakin melambung tinggi saja. Tingginya permintaan dan semakin sedikit ketersediaannya merupakan faktor pokok yang mempengaruhinya, apalagi jika tanah tersebut berada di pinngir jalan raya dan terletak pada tempat yang strategis.


Membeli tanah tidak dapat dilakukan sewaktu-waktu, tentu saja tanah yang saya maksud di sini adalah sesuai dengan apa yang diinginkan.


Tanah tidak ada tokonya, jadi walaupun mempunyai uang yang banyak belum tentu dapat membeli tanah dengan mudah, karena sewaktu-waktu belum tentu ada yang menjualnya. Kalaupun ada, belum tentu cocok dengan apa yang diinginkan.


Memang secara umum harga jual tanah sangat dipengaruhi oleh letak dan kondisi tanah itu sendiri serta situasi di sekitarnya.


Jadi walaupun sama ukurannya jika letaknya berbeda tentu saja dapat berbeda harganya. Tentu saja yang dimaksud di sini adalah tanah yang berada pada wilayah dan kondisi yang sama, artinya bukan antara tanah yang berada di perkotaan dan di perdesaan.


Tanah yang berada di pinggir jalan raya tentu akan mempunyai nilai jual yang tinggi karena selain tanah tersebut dapat dijadikan sebagai hunian, dapat juga sebagai tempat usaha.


Mungkin jika saat ini masih dalam keadaan sepi dan jauh dari pemukiman penduduk, tanah tersebut sepertinya tidak mempunyai nilai jual saja. Namun tunggulah, kelak akan mempunyai nilai jual yang berbeda.


Ini bukanlah isapan jempol belaka, telah banyak tanah di pinggir jalan raya yang dulunya harganya murah namun seiring berjalannya waktu tanah itu mempunyai nilai jual yang tinggi.


Jadi jika ada tawaran untuk membeli tanah yang berada di pinggir jalan raya dan Anda mampu untuk membayarnya maka jangan sia-siakan kesempatan itu. Karena beberapa waktu ke depan harganya akan terus naik, dan belum tentu kelak Anda mempunyai kesempatan untuk dapat membelinya.


Perlu juga mempertimbangkan luas tanah, dimana tanah yang terletak di pinggir jalan raya rawan terkena dampak dari pelebaran jalan.


Namun sekiranya jalan sudah lebar juga terdapat trotoar, serta kemungkinan besar tidak akan ada pelebaran untuk jangka waktu yang sangat lama maka sepertinya tanah itu dalam keadaan aman.


Jangan lupa juga untuk memeriksa akta tanahnya dengan teliti dan pastikan tanah tidak dalam sengketa.


Baca juga:


Nilai Jual Tanah di Pinggir Jalan Raya memang akan terus merangkak naik, akan tetapi ingatlah ukuran tanah ini sangat penting karena akan selalu berhubungan dengan perkembangan dari keadaan jalan.


Jika kondisi tanah tidak rata atau lebih rendah dari jalan, itu tidak menjadi masalah. Kelak Anda dapat menatanya untuk membuatnya tampak rapi, sehingga akan membuatnya semakin menarik yang tentu saja dapat menaikan harga jualnya.


Semoga bermanfaat...

Load comments