Kesalahan dalam Memilih Warna Cat Rumah

Kesalahan dalam Memilih Warna Cat Rumah

Kesalahan dalam Memilih Warna Cat Rumah

Setiap orang mempunyai warna favorit, ini akan mempengaruhi mereka ketika memilih warna untuk cat rumah. Namun kadang warna yang diaplikasikan kurang pas, karena mereka hanya memikirkan warna yang menjadi kesukaannya.


Atau malah mungkin sebaliknya, ini terjadi karena hanya mengikuti trend semata sehingga warna yang ditorehkan pada dinding rumah justru kurang mereka sukai.


Lalu bagaimana kesalahan itu dapat terjadi?


Cuma Karena Suka


Dalam memilih warna untuk cat rumah biasanya akan dipilih warna yang paling disukai. Namun warna favorit seseorang belum tentu pas diterapkan untuk semua ruang, juga untuk eksteriornya.


Setiap ruang mempunyai fungsi yang berbeda-beda, dan warna tentu saja mempunyai peranan yang sangat penting dalam hal itu. Ya karena beda warna juga akan berbeda fungsi dan artinya.


Memang tidak salah ketika memilih warna sesuai dengan apa yang kita sukai, hanya saja dalam penerapannya seharusnya sesuai dengan fungsi ruangnya. Jika warna yang Anda sukai tidak pas ketika diterapkan pada sebuah ruang, solusinya adalah aplikasikanlah warna favorit Anda pada elemen pembentuk ruang.


Seseorang yang menyukai warna merah tentu saja tidak dapat diterapkan pada dinding kamar tidur, walaupun warna merah adalah warna favorit. Kamar tidur seharusnya dapat memberikan rasa nyaman ketika digunakan, karena salah satu fungsi dari kamar tidur adalah sebagai tempat untuk beristirahat.


Jadi untuk kamar tidur sebaiknya menggunakan warna-warna yang menenangkan, seperti biru misalnya. Namun bukan berarti warna favorit harus ditinggalkan, Anda dapat mengaplikasikannya pada elemen pembentuk ruangnya.


Asal Beli


Kurangnya perencanaan menjadi faktor penyebab kesalahan yang sering terjadi ketika memilih warna cat rumah. Hingga membuat asal membeli, karena adanya kebingungan saat berada di toko cat. Apalagi saat kita disuguhi beraneka macam warna, ini akan semakin membuat bingung.


Warna cat itu bermacam-macam, sehingga satu warna dapat menelurkan berbagai macam warna. Katakanlah warna hijau, warna ini dapat terdiri dari berbagai macam warna.


Kesalahan yang juga sering terjadi, ketika telah berada pada toko cat dan warna yang dicari tidak ada. Maka yang sering terjadi adalah membeli seadanya, atau mungkin malah beralih ke warna yang lainnya. Jadi bukan beralih ke toko cat yang lain untuk membeli sesuai dengan yang kita inginkan.


Sehingga saat diterapkan, yang terjadi adalah kurang atau bahkan tidak sesuai dengan apa yang dinginkan. Walaupun demikian pengecatan biasanya tetap diteruskan karena cat telah terlanjur dibeli.


Itulah 2 hal yang sering menjadi penyebab Kesalahan dalam Memilih Warna Cat Rumah. Perencanaan yang matang menjadi kunci utama dalam pemilihan warna yang hendak ditorehkan pada dinding rumah.


Silakan baca: Cara Tepat untuk Memilih Warna Ruang


Memadukan antara warna kesukaan dan fungsi dari ruang merupakan hal yang teramat penting. Dengan begitu kepuasan akan didapatkan, sementara fungsi dari ruang tidak diabaikan.


Dan ingatlah ketika hendak membeli cat, apabila warna yang diinginkan tidak tersedia maka silakan kunjungi toko yang lain untuk mendapatkan warna yang Anda cari. Biasanya toko yang lebih besar akan lebih lengkap, atau kunjungi penjual cat dinding/tembok yang terdapat alat pencampur warna cat.


Semoga bermanfaat...

Load comments