Tinggi Ideal Letak Kran Air untuk Berwudu

Tinggi Ideal Letak Kran Air untuk Berwudu

Tinggi Ideal Letak Kran Air untuk Berwudu

Letak kran air yang digunakan untuk berwudu seharusnya dapat mudah dan nyaman digunakan. Jika terlalu rendah maka sungguh tidak nyaman ketika digunakan. Memang dengan letak yang rendah akan mudahkan bagi anak-anak, lalu bagaimana dengan orang dewasa? Apalagi jika orang tersebut memiliki tinggi di atas rata-rata orang dewasa pada umumnya.


Tinggi letak kran air ini dapat dikatakan ideal jika nyaman digunakan oleh sebagian besar orang yang menggunakannya, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Artinya ketika digunakan oleh orang dewasa maka ia tidak terlalu membungkukkan badannya, sedangkan anak-anak seharusnya dapat mudah menjangkaunya.


Untuk memudahkan dalam mencari ukuran yang ideal, maka yang dimaksud anak-anak di sini adalah anak usia sekolah dasar atau yang telah berusia 7 tahun. Karena pada usia ini mereka sudah dapat berwudu sendiri tanpa harus didampingi, sehingga dengan tanpa bantuan orang lain mereka dapat menggunakan kran air secara mudah.


Biasanya anak berusia 7 tahun rata-rata memiliki tinggi badan lebih dari 100 cm, sedangkan orang dewasa rata-rata memiliki tinggi badan 160 cm -170 cm. Memang mungkin dapat lebih atau kurang dari itu, namun itulah ukuran tinggi pada umumnya.


Jadi ukuran idealnya adalah 90 cm - 100 cm, dengan begitu akan nyaman digunakan oleh orang dewasa sehingga tidak perlu terlalu membungkukkan badannya. Tinggi tersebut juga akan tetap mudah saat digunakan oleh anak-anak untuk berwudu.


Jangan khawatir jika itu dirasakan terlalu tinggi bagi anak-anak, karena mereka dalam masa pertumbuhan. Tinggi badan mereka akan bertambah seiring dengan bertambahnya usia, sehingga tidak akan membutuhkan waktu yang lama bagi mereka untuk mendapatkan kenyamanan dalam menggunakan kran air itu.


Walaupun itu terlalu tinggi namun itu lebih baik daripada terlalu rendah, karena akan lebih mudah untuk mengatasinya. Yaitu dengan memasang potongan selang dengan panjang 10 cm - 20 cm saja, atau sesuaikan panjangnya dengan kebutuhan. Dengan begitu kran air akan lebih nyaman digunakan.


Silakan baca: Cara Sederhana Membuat Kran Air Lebih Nyaman Digunakan


Namun sebaliknya, jika letak kran air untuk berwudu tersebut terlalu rendah maka akan sulit untuk mengatasinya. Jadi lebih baik letak yang terlalu tinggi bagi anak-anak bukan?


Semoga bermanfaat...

Load comments