Tips Membeli Mesin Cuci

Ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan ketika hendak membeli mesin cuci agar tidak bingung dan salah pilih.
Tips Membeli Mesin Cuci

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli mesin cuci, agar nantinya bukan hanya sesuai kebutuhuhan namun juga berkualitas, pas di kantong dan tidak membuat sesak ruangan. Jika salah pilih bisa-bisa menyesal dikemudian hari.

Ingatlah banyak pilihan yang dapat membuat Anda bingung dibuatnya, karena kadang bisa saja tertarik pada salah satu mesin cuci namun setelah dilihat harganya ternyata tidak sesuai dengan budget yang ada. Sebaliknya harga tidak masalah namun begitu banyak mesin cuci yang cocok Anda miliki, bikin bingung juga bukan?

Simak tips membeli mesin cuci berikut ini:

Tentukan jenis mesin cuci

Ada 2 jenis mesin cuci, yaitu 1 tabung dan 2 tabung. Mesin cuci 2 tabung terdiri dari 2 tipe, yaitu bukaan depan (front loading) dan bukaan atas (top loading). Tentukan mana yang diinginkan karena masing-masing mempunyai perbedaan tentang cara kerjanya, otomatis dan semi ototmatis. Harganya pun juga tak sama, jika diurutkan dari yang paling murah yaitu mesin cuci 2 tabung, 1 tabung bukaan atas, kemudian 1 tabung bukaan depan.

Kapasitas mesin cuci

Semakin besar kapasitasnya akan semakin besar pula mesin cucinya, harganya bisa semakin mahal, dan daya listrik yang dibutuhkan juga semakin besar. Maka belilah yang sesuai dengan kebutuhan saja.

Semakin banyak jumlah anggota keluarga, dibutuhkan mesin cuci berkapasitas besar pula. Jika Anda sering mencuci, maka cukup membeli yang berkapasitas kecil atau sedang. Bisa juga dengan mempertimbangkan ketika nanti digunakan untuk mengeringkan selimut, semakin tebal selimut maka akan dibutuhkan tabung pengering yang besar pula. Itu berarti mesin cuci yang berkapasitas besar yang dibutuhkan.

Memilih merek

Beda merek bisa beda kualitas dan harganya, silakan mencari informasi yang sebanyak-banyaknya agar tak salah pilih. Bisa mencari informasi melalui internet, bertanya kepada saudara, teman, tetangga, atau bisa juga bertanya kepada penjual mesin cuci tentang merek yang bagus.

Memilih toko

Cari informasi di mana toko yang menjual mesin cuci dengan harga paling murah, karena beda toko bisa beda harganya. Namun pertimbangkan juga biaya transportasi dan pengirimannya. Jika murah tapi jauh, mahal tapi dekat maka hitunglah berapa biaya yang harus dikeluarkan secara keseluruhan dan pilihlah yang paling terendah.

Harga sesuai dengan budget

Jumlah dana yang tersedia menjadi salah satu penentu dalam memilih mesin cuci. Semakin banyak uang yang tersedia akan semakin leluasa ketika menentukan pilihan. Jadi sesuaikan saja dengan budget yang tersedia, jangan paksakan membeli di luar kemampuan.

Atau jika memang uang belum mencukupi, tunggulah sampai terkumpul hingga dapat membeli seperti yang diinginkan hingga sesuai dengan yang dibutuhkan. Perlu juga diingat bahwa merek juga dapat mempengaruhi harga, semakin berkualitas tentu saja akan semakin mahal.

Itulah tips ketika hendak membeli mesin cuci, pertimbangkanlah dengan cermat agar tepat dalam memilihnya. Jangan sampai menyesal dikemudian hari.

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.