Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Panel Surya di Rumah

Panel surya berguna untuk menunjang dalam mencukupi kebutuhan listrik, memasangnya di rumah ada kelebihan dan kekurangannya.
Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Panel Surya di Rumah

Kemajuan teknologi menelurkan inovasi-inovasi baru yang bermanfaat sebagai penunjang dalam pemenuhan kebutuhan di era modern ini. Walaupun mungkin suatu teknologi belum dapat berfungsi secara maksimal.

Namun dalam perkembangannya tentu saja akan terus ada perbaikan-perbaikan hingga semakin banyak digunakan oleh masyarakat karena ada manfaatnya yang begitu besar terkandung di dalamnya.

Panel surya merupakan inovasi dalam pemanfaatan sumber energi matahari yang diubah menjadi energi listrik. Alat ini dapat diterapkan di rumah dengan pemasangan yang mudah, sehingga dapat menjadi pilihan ketika tagihan listrik tidak murah lagi.

Berikut kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan panel surya untuk pemenuhan kebutuhan listrik di rumah:

Kelebihan Panel Surya

Bersumber dari energi yang melimpah

Sinar matahari tersedia begitu melimpah dan tidak seperti minyak bumi yang suatu saat bisa habis, sehingga panel surya akan mendapatkan cukup pasokan energi dari matahari yang kemudian diubah menjadi energi listrik.

Bersumber dari energi yang gratis

Tidak ada biaya yang harus dibayarkan ketika memanfaatkan sinar matahari, sehingga cukup pasang panel surya di rumah maka akan mendapatkan pasokan energi gratis.

Tidak memerlukan lokasi khusus

Hendaknya panel surya mendapatkan sinar matahari secara cukup, untuk penggunaan pada rumah tangga umumnya panel surya di pasang pada atap rumah. Atau bisa juga pada lokasi lainnya, asalkan sinar matahari tidak terhalang oleh pohon, bangunan, atau benda lainnya.

Mudah dalam pemasangan

Panel surya ini mudah dalam pemasangannya, hanya saja pada jika dipasang pada atap rumah tingkat kesulitan dipengaruhi oleh kemiringan dari atap rumah.

Mengurangi ketergantungan terhadap PLN

Dengan memasang panel surya di rumah, berarti telah memiliki sumber energi listrik di rumah. Walaupun belum dapat 100% mencukupi kebutuhan listrik di rumah, paling tidak telah mengurangi ketergantungan terhadap PLN.

Mengurangi biaya tagihan listrik

Dalam pemenuhan kebutuhan listrik di rumah, memadukan sumber energi listrik yang beasal dari panel surya dan PLN akan mengurangi beban biaya yang harus dibayarkan.

Kekurangan panel surya

Sumber energi tidak konsisten

Ada siang ada malam, ada musim kemarau ada juga musim hujan. Langit tidak selamanya cerah kadang juga mendung bahkan sering juga hujan sehingga sinar matahari tidak dapat memasok energinya pada panel surya selama 24 jam terus menerus.

Harga alat cukup mahal

Biaya pemasangan panel surya memang murah, namun harga alat/kelengkapan dari panel surya ini masih terbilang mahal terutama untuk masyarakat menengah ke bawah.

Perawatan secara mandiri

Perawatan panel surya di rumah menjadi tanggung jawab masing-masing penggunannya, apalagi jika ada kerusakan maka akan ada biaya yang harus ditanggung.

Jika melihat kelebihan dan kekurangannya, sepertinya memasang panel di rumah itu pilihan yang bijak dan menguntungkan karena sinar matahari tersedia secara melimpah.

Dengan demikian pasokan energi listrik dari panel surya akan selalu terpenuhi sehingga setiap hari dapat menghemat pemakaian listrik dari PLN. Bukankah hemat listrik dari PLN juga akan menghemat uang untuk pulsa/rekening listrik?

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.